MALE GAZE DALAM FILM THE PUNISHMENT 2021 : OBJEKTIFIKASI TERHADAP TUBUH PEREMPUAN
DOI:
https://doi.org/10.32493/sns.v4i1.36676Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk objektifikasi terhadap tubuh perempuan dari pandangan male gaze dalam film The Punishment 2021. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori male gaze Lauray Mulvey (1973). Penyajian data dalam penelitian ini berupa uraian analisis dari dialog film The Punishment 2021 dengan teknik baca dan teknik metode simak. Teknik baca dengan membaca terjemahan film The Punishment 2021, dan teknik metode simak dengan menyimak lalu mencatat dialog yang menunjukkan bentuk objektifikasi terhadap perempuan. Objek penelitian ini adalah Film The Punishment 2021 sub Indonesia. Hasil dari penelitian ini ditemukan 6 data, dengan 4 data termasuk pada pandangan laki-laki mengenai bentuk objektifikasi terhadap tubuh perempuan dalam bentuk objek seskual, dan 2 data masuk dalam objektifikasi perempuan bentuk ekspresi. Peneliti menyimpulkan terdapat alasan dari adanya bentuk objektifikasi ini, diantaranya; (1) adanya pandangan laki-laki terhadap perempun, dan (2) pandangan perempuan terhadap perempuan.
Kata Kunci : Male Gaze, Kritik Sastra Feminisme
References
Ariawan, R. E. (2019). Opresi dan Objektifikasi terhadap Perempuan dalam Film Pendek Libertines Karya Arwin Wardhana; Sebuah Kajian Feminis Lbertarian. Humanika,
, 1–
http://ejournal.undip.ac.id/index.php/humanika
Fakih, M. (2008). Analisis Gender & Transformasi Sosial. Pustaka Belajar.
Hamid, F. T., Sunarto, & Rahmiaji, L. R. (2020). Representasi Objektifikasi Perempuan Dalam Film Selesai (Analisis Semiotika Roland Barthes).
Handayani, R. (2017). Male Gaze Dalam Fotografi Model: Objektifikasi Dan Komersialisasi Tubuh Perempuan. Jurnal Jurnalisa, 3(1), 91 105.
https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v3i1.3086
Intan, T. (2021). Objektifikasi Dan Resiliensi Perempuan Dalam Novel Perempuan Bayangan Karya Netty Virgiantini. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 17(2), 108– 121. https://doi.org/10.25134/fon.v17i2.4209
Jauhari, G. N. A. (2019). Objektifikasi Wanita dalam Film “Aladdin 2019â€: Pendekatan Strukturalisme Aktansial A.J. Greimass. Prosiding Seminar Nasional Linguistik Dan Sastra (Semantik), 1(0), 246–
https://jurnal.uns.ac.id/prosidingsemantiks/article/view/39022
Rismawati, E. (2020). Diskriminasi Citra Perempuan (Kritik Sastra Feminis) dalam Film Imperfect: Karir, Cinta, Dan Timbangan Tahun 2019 Karya Ernest Prakasa Dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Kaos GL Dergisi, 8(75), 147– 154.
https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.0 02%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.100 2
/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B97808570904 09500205%0Ahttp
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this proceedings agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the proceedings right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this proceedings.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.