VIRILITAS TOKOH UTAMA DALAM BUKU PRIE GS “HIDUP BUKAN HANYA URUSAN PERUT”

Authors

  • Ibrahim Fashadanya Endo Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sns.v4i1.36677

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk virilitas seksual dan virilitas sosial yang terdapat dalam buku Prie Gs yang berjudul “hidup bukan hanya urusan perutâ€. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dimana penelitian ini meneliti fenomena yang terdapat dalam buku tersebut dan mendeskripsikan data penelitian yang ditemukan, secara jelas. Pengumpulan data dilakukan secara metode simak, dimana peneliti menempatkan dirinya sebagai penyimak data dengan cermat untuk memperoleh data yang sesuai. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik bagi unsur langsung yaitu, peneliti membagi data untuk mengindentifikasi dan menseleksi bentuk data yang di dapatkan. Penyajian data dilakukan secara informal. Pendekatan pada penelitian ini, menggunakan pendekatan kajian gender. Berdasarkan teori dominasi maskulinitas Pierre Bourdieu. Pemilihan objek yang diteliti, tidak dipilih secara acak. Tetapi, dipilih karena buku ini berisikan kumpulan kolom mingguan Prie Gs yang memuat opini singkat dan menekankan sisi pengamatan dan pemaknaan terhadap suatu persoalan atau keadaan. Kumpulan kolom ini, sudah pernah terbit di internet antara lain, keluarga tabloid cempaka, suara merdeka cyber news, dan blog andriewongso. Hasil penelitian ini, menemukan virilitas yang terdapat pada penelitian ini, dua macam yaitu virilitas seksual berdasarkan simbol kenjantanan dalam dominasi maskulinitas dan virilitas sosial berdasarkan simbol kekuasaan laki-laki dalam dominasi maskulinitas.

Kata kunci: Dominasi Maskulinitas, Kajian Gender, Virilitas

References

Alam, B. M., Tjahjono, T., & Darni. (2021). Virilitas Dalam Novel Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas Dan O Karya Eka Kurniawan: Teori Dominasi Maskulin – Pierre Bourdieu. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(3).

Arifah, R. A., Wardhani, E. N., & Suryanto, E. (2023). Maskulinitas Tokoh Utama Pada Cerita Rakyat Kamandaka. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 19(2).

Bourdieu, P. (2010). Dominasi Maskulinitas. Jalasutra.

Busthomy, F. H., & Khotimah, K. (2023). Dominasi Maskulin Dalam Novel Dear Allah karya Diana Febiantria: Perspektif Pierre Bourdieu. Pena Literasi: Jurnal Pendidikan dan Sastra Indonesia, 6(2).

Gs, P. (2008). Hidup Bukan Hanya Urusan Perut: Kolom-Kolom Edan Prie Gs. TransMedia Pustaka.

Mahsun. (2012). Metode Penelitian Bahasa. PT RajaGrafindo Persada.

Meivitasari, Y., & Widyatwati, K. (2023). Bentuk ketidakadilan gender dan perlawanan tokoh Kinanti dalam novel Layangan Putus (kajian feminisme eksistensialisme Simone de Behaviour). Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(4).

Melati, K. N. (2022). Membicarakan Feminisme. Buku Mojok Grup.

Safira, R., & Sunarto. (2022). Captain Marvel: Dominasi Maskulin Dalam Kesetaraan Gender Perempuan. Interaksi Online, 10(3).

Sudaryanto. (2015). Metode Dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Sanata Dharma University Press.

REFERENSI WEBSITE

https://peraturan.bpk.go.id/Details/46978/uu-no-7-tahun-1984 (diakses 17 , November 2023).

Downloads

Published

2023-12-14