NILAI RELIGIUS TOKOH UTAMA DALAM FILM BUYA HAMKA VOL. 1 KARYA ALIM SUDIO: PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA

Authors

  • Egi Apriyanti Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sns.v4i1.36678

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai religius yang terkandung dalam film Buya Hamka Vol. 1 karya Alim Sudio dengan pendekatan sosiologi sastra. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni dengan teknik dokumentasi dan studi pustaka. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian diperoleh dari dialog tokoh Buya Hamka yang dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teori nilai religius menurut Jauhari. Dari hasil penelitian, ditemukan nilai-nilai religius yang terkandung dalam film Buya Hamka Vol. 1 di antaranya, (1) aspek keimanan atau tauhid sebanyak 4 data kutipan, (2) aspek norma kehidupan atau fikih sebanyak 2 data kutipan, (3) aspek sikap perilaku atau akhlak sebanyak 8 data kutipan. Dari penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa tokoh Buya Hamka menjadikan agama sebagai pedoman hidup dan berupaya mensyiarkan ajaran agama kepada masyarakat di sekitar melalui perilakunya.

Kata kunci: Nilai Religius, Buya Hamka, Film

References

Ardiansyah, Novrizal, dkk. 2018. Analisis Nilai Religius Dalam Film Negeri 5 Menara Yang Diadaptasi Dari Novel Ahmad Fuadi. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.(1)5. 839-846.

Gifelem, Agustinus G. 2023. Analisis Nilai Religius Dalam Film 3 Hati Dua Dunia Satu Cinta Karya Benni Setiawan Menggunakan Pendekatan Sosiologi Sastra. Jurnal j-MACE. (3)1.

Jauhari, H. 2010. Cara Memahami Nilai Religius Dalam Karya Sastra dengan Pendekatan Reader’s Response. Bandung: CV Arvino Jaya.

Maemunah, Siti & Siti Badriyah. 2020. Konflik Pada Cerpen Gincu Ini Merah, Sayang Karya Eka Kurniawan: Kajian Sosiologi Sastra. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan dan Kesusastraan Indonesia. (5)2, 478-486.

Ratna, N. K. (2020). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Pustaka Pelajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sanjaya, W. (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Downloads

Published

2023-12-14