TINDAK TUTUR ILOKUSI ANTARA ADMINISTRATOR E-COMMERCE DENGAN CUSTOMER KARENINA STORE (KAJIAN PRAGMATIK)
DOI:
https://doi.org/10.32493/sns.v1i1.7874Abstract
Penelitian ini mengkaji tindak tutur ilokusi pada percakapan antara Administrator ecommerce dengan Customer. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis tidak tutur ilokusi yang digunakan oleh administrator e-commerce dengan customer dan mendeskripsikan fungsi dari tindak tutur ilokusi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah percakapan yang terjadi antara administrator dengan customer di Karenina Store. Data-data tersebut ditelaah menggunakan pendekatan tindak tutur ilokusi yang digagas oleh Yule (2006) dan teori yang digagas oleh Leech (1993). Hasil dari penelitian ini adalah tindak tutur ilokusi yang digunakan oleh administrator lebih didominasi oleh tindak tutur ilokusi representative kategori bertanya. Hal ini dikarenakan administrator lebih sering menanyakan kepada customer mengenai barang pesanannya. Sementara untuk fungsi tindak tutur ilokusi didominasi oleh fungsi kompetitif, konvival, kolaoratif hal ini dikarenakan fungsi ketiganya sama-sama mendominasi dibandingkan fungsi konfliktif.
References
Anis. 2018. Analisis Tindak Tutur Ilokusi Dalam Dialog Filem Animasi Meraih Mimpi. Anis Nurulita Rahma, 16.
Arrohman, T. 2013. Tindak Tutur Deklarasi Dalam Tuturan Tokoh Filem 3Hati 2Cinta 1Dunia. Pragmatik, 2.
Cummings, L. 2007. Pragmatik. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Dianari, Rr. Getha Fety. 2018. “Pengaruh E-commerce Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia.†Bina Ekonomi 22 (1): 43-62.
Febriantoro, Wicaksono. 2018. “Kajian dan Strategi Pendukung Perkembangan Ecommerce Bagi UMKM di Indonesia.†Manajerial 3 (5): 184-207.
Fithry, Laili Diana, Andy Prasetyo Utomo, dan Fajar Nugraha. 2017. “Pemanfaatan Ecommerce Populer Untuk Optimalisasi Pemasaran Produk Pada KUB Bordir Kurnia Kudus.†SIMETRIS 8 (2): 819-824.
Kasmi, dan Adi Nurdian Candra. 2017. “Penerapan Ecommerce Berbasis Business to Consumers Untuk MEningkatkan Penjualan Produk Makanan Ringan Khas Pringsewu.†Jurnal Aktual STIE Trisna Negara 15 (2): 109-116.
Kosasi, Sandy. 2015. “Perancangan Sistem E-Commerce Untuk Memperluas Pasar Produk Oleh-Oleh Khas Pontianak.†SNASTIA 110-119.
Leech, G. (1993). Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia.
Lubis, N. K. (2019). Tindak Tutur Dalam Novel Sepasang Bola Mata. Nella Khoiriah Lubis, 20.
Marhamah, Sarip Hidayatuloh, dan Ari Irawan. 2016. “Sistem Ecommerce B2C Pada PT Harapan Sentosa Nusantara Jakarta Pusat.†Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi 9 (2): 159-167.
Maulana, Shabur Miftah, Heru Susilo, dan Riyadi. 2015. “Implementasi Ecommerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus pada Toko Pastbrik Kota Malang).†Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 29 (1): 1-9.
Mentang, L. 2014. Fungsi Tindak Ujar Konfliktif Dalam Filem The Chronicles Of Narnia The Lion. Analisis Pragmatik.
Muhadjir, P. 2014. Semantik dan Pragmatik. Tangerang: Pustaka Mandiri.
Nurmalia. 2019. Tindak Tutur Bahasa Indonesia Dalam Unggahan Media Sosial Instagram. Artikel Cendekiawan .
Sugiyono, P. 2019. Metode Penelitian Kualitatif, Kuatitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susandi, Diki, dan Sukisno. 2017. “Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode Objek Oriented pada Distro Dlapak Street Wear.†Jurnal Sistem Informasi 4: 5-8.
Titasari, E. R. 2017. Tindak Tutur Ilokusi Deklaratif Para Guru Dalam Interaksi Belajar Mengajar Pada Siswa Kelas X SMK Yos Sudarso Rembang. Kajian Pragmatik, 21-22.
Wibowo, Radetya Agung. 2015. “Kesuksesan E-commerce (OnlineShopping) Melalui Trust dan Customer Loyalty.†Jurnal Ekonomi Bisnis 20 (1): 1-52.
Wijana, I. D. 2018. Analisis Wacana Pragmatik . Surakarta: Yusuma Pustaka.
Yule, G. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Puataka Pelajar.
Yulistia. 2017. “Analisis Pengaruh Efektivitas Dan Manfaat E-Commerce Terhadap Sikap Dan Perilaku Pengguna Dengan Menggunakan Metode TAM (Studi Kasus: UKM Kota Palembang).†Jatisi 4 (1): 93-100.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this proceedings agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the proceedings right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this proceedings.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.