ANALISIS PROSES PENCATATAN DAN PERENCANAAN DALAM PENGOLAHAN BAHAN BAKU (Studi Pada PT Wibowo Arta Kurnia)

Authors

  • Amanda Tassya Megadwiyanti Universitas Pamulang
  • Dani Rahman Hakim Universitas Pamulang

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Menganalisis proses pencatatan pengolahan bahan baku jenis greige pada PT.Wibowo Arta Kurnia Jakarta, dan 2) Menganalisis proses perencanaan persediaan bahan baku jenis greige pada PT.Wibowo Arta Kurnia. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa sistem mengenai pencatatan dan perencanaan persediaan bahan baku yang diterapkan pada PT.Wibowo Arta Kurnia sudah sesuai dengan PSAK 14 yaitu tentang pengelolaan persediaan. Pencatatan yang digunakan yaitu dengan cara perpetual, sedangkan dalam penggunaan bahan baku untuk di proses produksi PT.Wibowo Arta Kurnia pun menerapkan sistem FIFO (first in, first out). Dalam melakukan proses perencanaan pembelian bahan baku jenis greige, PT.Wibowo Arta Kurnia menerapkan pengendalian internal dengan selalu meng-control dan meng- update jumlah stock persediaan bahan baku setiap minggunya. Sistem yang digunakan yaitu sistem buffer stock. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi over stock di gudang serta menghindari lose order permintaan konsumen pada konstruksi – konstruksi bahan tertentu. Adapun saran yang dapat diberikan kepada PT.Wibowo Arta Kurnia yaitu : 1) Dalam penggunaan metode pencatatan secara perpetual, perlu dipertahankan dan lebih ditingkatkan kembali dari segi pengawasan pencatatannya agar selalu up to date dan tidak terjadi selisih atau kesalahan dalam proses perencanaan pembelian bahan baku. 2) Dalam penggunaan sistem FIFO (first in,first out) yang sudah diterapkan oleh perusahaan pada proses pengolahan bahan bakunya harus lebih dipertahankan, agar kualitas bahan baku yang diolah tetap terjaga dengan cara memproses produksi bahan baku yang lebih awal datang terlebih dahulu. 

 

Kata kunci :Pengakuntansian, Perencanaan, Bahan Baku

References

DAFTAR PUSTAKA

Marshal, B. Romney dan Steinbart, Paul John. (2003). Sistem Informasi Akuntansi.

Edisi 9. Jakarta : Salemba Empat.

Mulyadi. (2001). Sistem Akuntansi. Edisi 3. Jakarta : Salemba Empat.

Suwardjono. (2003). Akuntansi Pengantar. Bagian 1. Yogyakarta : BPFE.

Ruzanna Amanina. (2011). Evaluasi terhadap Sistem Pengendalian Intern pada Proses Pembelian Kredit Mikro pada PT.Bank Mandiri (Persero). Semarang: Fakultas Ekonomi UNDIP.

Agnia Hidayani. (2009). Evaluasi Pengendalian Internal atas Kegiatan Pengelolaan Persediaan pada PT. X. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonusa Esa Unggul.

Aryani, I. R. (2013). Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Atas Pembelian Bahan Baku. Ranny Collection, Universitas Negeri Yogyakarta.

Asih, W. M. (2010). Evaluasi Sistem Akuntansi Pembelian Bahan Baku Pada. PT.Kusuma Mulia Textile Karanganyar, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Subangkit, A. C. (2013). Tinjauan Atas Pengendalian Persediaan. PT.Trimitra Garmedindo Interbuana, Widyatama Bandung.

Downloads

Published

2020-02-01