FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA PUSAT OLEH-OLEH JAVENIR

Authors

  • Arista Ratna Dewi Universitas Islam Batik Surakarta
  • Endang Masitoh Universitas Islam Batik Surakarta
  • Riana Rachmawati Dewi Universitas Islam Batik Surakarta

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keterlibatan pemakai, program pelatihan dan pendidikan pemakai, dukungan manajemen puncak, kemampuan teknik personal terhadap kinerja sistem informasi akuntansi pada Pusat Oleh-Oleh Javenir. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan yang menggunakan sistem informasi akuntansi di Pusat Oleh-Oleh Javenir. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive  sampling dengan kriteria karyawan yang masa kerjanya minimal satu tahun. Variabel independen pada penelitian ini adalah keterlibatan pemakai, program pelatihan dan pendidikan pemakai, dukungan manajemen puncak, kemampuan teknik personal untuk variabel dependen pada penelitian ini adalah kinerja sistem informasi akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda untuk menguji pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara langsung. Hasil penelitian ini adalah keterlibatan pemakai, program pelatihan dan pendidikan pemakai, dukungan manajemen puncak berpengaruh positif terhadap kinerja sistem informasi akuntansi. Sedangkan kemampuan teknik personal tidak berpengaruh terhadap kinerja sistem informasi akuntansi.

Kata Kunci : Keterlibatan pemakai, dukungan manajemen puncak

References

Aryani. (2014). Pengaruh Dukungan Top Management, Kemampuan Pengguna serta Adanya Pelatihan dan Pendidikan Pengguna Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi (Studi Kasus Pada BPJS Ketenagakerjaan Semarang dan D.I.Yogyakarta). Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta.

Chomasatu. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Performance Of Accounting Information Systems. Jurnal Paradigma Vol. 12 No. 01.

Gustiyan, Hary. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi Pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Tanjungpinang. Jursenal Akuntansi. Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.

Perbarini, J. d. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi pada LPD di Kecamatan Denpasar Utara. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Prabowo, Mahmud, dan Murtini. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi (Studi kasus pada lingkungan Pemerintahan Kabupaten Temanggung.

Soegiharto. (2001). Influence Factors Affecting th Performance of Accounting Information System. Gajah Mada International Journal of Business.

Susanto. (2008). Sistem Informasi Akuntansi. Lingga Jaya.

Downloads

Published

2020-02-01