PENGARUH KETERKAITAN KONTEN DENGAN GAMBAR YANG SESUAI DENGAN MAKNA YANG TERUNGKAP PADA PEMBELAJARAN BIPA
DOI:
https://doi.org/10.32493/sasindo.v6i1.67-75Abstract
ABSTRAK
Penulisan karya tulis ilmiah ini bertujuan untuk memaparkan pengaruh dari keterkaitan antara konten dengan gambar yang dipilih dan dirancang sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA) terhadap keberhasilan pembelajaran. Hal ini berkaitan dengan semakin tingginya minat pembelajaran Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA) baiki bagi calon pengajar maupun peserta didik dari Indonesia maupun turis asing. bahasa Indonesia saat ini semakin tersudutkan oleh bahasa asing di negaranya sendiri. Bahasa Indonesia semakin hari semakin dilupakan. Banyak istilah-istilah asing yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari pada setiap aspek kehidupan. Dengan perancangan media pembelajaran BIPA dalam bentuk deretan gambar yang memiliki keterkaitan satu sama lain. Kesesuaian pemilihan gambar dengan nyanyian, juga membantu peserta didik dalam pemahaman pengenalan kata, jenis, dan fungsinya.
Terbukti dengan tingkat semangat dan motivasi peserta didik yang tinggi serta kaktifan dlaam kegiatan pembelajaran, memicu hasil yang baik atas pemahaman serta pengaplikasian belajar Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA). Dapat dibuktikan dengan semakin banyaknya penguasaan kosakata Bahasa Indonesia peserta didik serta bahasa baku dalam tindak tutur peserta didik, serta dapat dilihat dari banyaknya hasil belajar berupa karya-karya dari setiap materi pembelajaran.
Kata kunci: Teknik, Media, Belajar, BIPA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.