REALISASI KESANTUNAN KALIMAT IMPERATIF ORANG TUA TERHADAP ANAKNYA
DOI:
https://doi.org/10.32493/sasindo.v9i2.%25pKeywords:
Kesantunan, Kalimat Imperatif, Orang Tua, AnakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesantunan kalimat imperatif orang tua terhadap anaknya. Data penelitian berupa tuturan orang tua terhadap anaknya yang mengandung kalimat imperatif sedangkan sumbernya dari tuturan orang tua (ayah dan ibu) pada suatu keluraga di Solo. Teknik pengumpulan data dan sumber data menggunakan teknik rekam yakni peneliti merekam tuturan, teknik catat, teknik simak bebas lipat cakap, dan teknik pustaka. Teknik validasi data menggunakan triangulasi teori. Teknik analisis data menggunakan metode padan referensial, pragmatis, translasional dan metode agih digunakan adalah bagi unsur langsung. Hasil penelitian ini menujukan bahwa kesantunan tuturan imperatif yang digunakan orang tua terhadap anaknya adalah tuturan yang tidak santun. Ada sembilan tipe tuturan yang ditemuakan yaitu: (a) tuturan imperatif dengan rumusan saran, (b) isyarat, (c) isyarat halus, (d) pernyataan, (e) permintaan berpagar, (f) pernyataan permintaan, (g) keinginan, (h) keharusan, (i) imperatif. Jadi realisasi kesantunan tuturan imperatif orang tua terhaap anaknya menunjukkan kesesuaian dengan budaya masyarakat Jawa yakni tuturan yang tidak terlalu santun.References
Astutik, Dewi. 2015. “Deskrispi Kalimat Imperatif dalam Bahasa Lisan Ustadz Maulana dengan Tema (Bersedekah pada Orang Tua) dan di Balik Sebuah Musibah) di Youtubeâ€. Naskah Publikasi. 1-11.
Budiwati, Tri Rina. 2017. “Kesantunan Berbahasa Mahasiswa dalam Berinteraksi dengan Dosen di Universitas Ahmad Dahlanâ€. Urecol Proceeding. 557571.
Cahyani,Desy Nur, Fathur Rohkman. 2017. “Kesantunan
Berbahasa Mahasiswa dalam Berinteraksi di Lingkungan Universitas Tidar : Kajian Sosiopragmatikâ€. Seloka : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 06(01):44-52.
Cahyaningrum, Fitria, Andayani dan Budhi Setiawan. 2018. “Kesantunan Berbahasa Siswa dalam Berdiskusiâ€. Madah. 09(01) : 45-54.
Damanik, Afsidah. 2018. “Analisis Kalimat Imperatif Bahasa Orang Tua Terhadap Anaknya di Dusun IV Batuturunan, Serbelawan: Kajian
Pragmatik Skripsiâ€. Skripsi. Medan : Universitas Muhhamadiyah
Sumantra Utara.
Dari, Ayu Wulan, Dian Eko Chandra W, dan Marina Siti Sugiyanti. 2017.
“Analisis Kesantunan Berbahasa pada Kegiatan Pembelajaran Kelas VIII
E SMPN 2 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2016/2017â€. Jurnal Korpus.
(01):10-21.
Doko, Yunitha Devrudyan, I WayanBudiarta, dan Mirsa Umiyati. 2017.
“Kesantunan Berbahasa dalam Kumpulan Cerita Rakyat Nusa Tenggara
Timurâ€. RETORIKA : Jurnal Ilmu Bahasa. 03(01) : 159-169.
Fahmi, Nurul, Saifuddin Mahmud, dan Azwardi. 2018. “Analisis Kalimat Imperatif yang Digunakan Guru dalam Pembelajaraan Bahasa Indonesia di SMA Inshafuddin Banda Acehâ€. JIM PBSI. 3(3):219-230.
Febriasari, Diani, Wenny Wijayanti. 2018. “Kesantunan Berbahasa dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasarâ€. Jurnal Kredo. 02(1):01-21.
Gunawan, Fahmi. 2013. “Wujud Kesantunan Berbahasa Mahasiswa Terhadap
Dosen di STAIN Kediriâ€. Journal Arbitrer. 01(01):8-18.
Halimah. 2018. “Comparison of Human Translation With Google Translation of Imperative Sentences In Procedures Textâ€. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra (BAHTERA). 17(1):12-29.
Hanafi, Muhammad, Lukman, Tadjuddin Maknun, dan Hj. Ery Iswary. 2014. “The Representation of Imperative Politeness in Academic Discourse at STKIP Muhammadiyah Sidenreng Rappang (sociopragmatik Study)â€. International Journal of Enhanced Research in Science Technology & Engineering.3(6):87-90.
Hardika, Septian Dwi. 2014. “An Analysis of Imperative Sentences of Iron MAN 3 Movie and Their Subtitlingâ€. Naskah Publikasi. 1-20.
Isaraj, Merita. 2015. “Reserch Article The Value of Social Context in the Use of Imperative Sentences in English and Albanian Languageâ€. International Journal of Recent Scientific Research. 6(9):6004-6008.
Kusno, Ali. 2014. “Kesantunan Linguistik Kalimat Imperatif oleh Guru dan Pengasuh Kepada Anak Didik di Taman Penitipan Anak(TPA) Sanggar
Rubinhaâ€. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya. 4(02):149-163.
Mansor, Mahaliza, Hamidah Yusuf, Norlia Mat Norwani, dan Norasibah Abd
Jalil. 2017. “Models for Professional Learning: An Imperative for
Enhancing Teacher Leadershipâ€. International Journal of Academic
Research in Business and Social Science. 7(9):145-162.
Maulidi, Ahmad. 2015. “Kesantunan Berbahasa pada Media Jejaring Sosial
Facebookâ€. e-Jurnal Bahasantodea. 03(04):42-49.
Muslihah, Nur Nisai, Riko Febrianto. 2017. “Pematuhaan dan Penyimpangan
Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Wacana Buku teks Bahasa
Indonesiaâ€. Jurnal KIBASP. 01(01):99-117.
Nurdaniah, Mia. 2014. “Prinsip Kesantunan Berbahasa menurut Leech pada
Novel Pertemuan Dua Hati Karya NH. Dini dan Implikasinya terhadap
Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMAâ€. Skripsi. Jakarta : Universitas
Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.
Nurhayati, Putri. 2018. “ Imperatives in English and Acehneseâ€. English Education Journal. 9(2):261-274.
Passandaran, Yosi M. 2016. “The Imperative Sentence in Doloksanggul Toba Batak Languageâ€. Jurnal Pujangga. 02(02):41-53.
Rahardi, Kunjana. 2005. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga.
Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta : Duta Wacana University Press.
Susilaningtyas, Retno Diah, Bambang Wibisono, dan Budi Suyanto. 2017. “Kesantunan Imperatif pada Masyarakat Madura di Pasar Ikan Desa Kota Kulon, Kabupaten Bondowosoâ€. Jurnal Semiotika. 18(2):53-64.
Wardani, Novi Nur Endah. 2019. “Kesantunan Berbahasa dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Naskas Sandiwara Radio Duroko Sunandi Karya Wijoseno serta Relevansinya Terhadap Materi Ajar Menelaah Naskah Sandiwara Kelas IX SMPâ€. Skripsi. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.
Yayuk, Rissari. 2015. “Imperatif Desakan dalam Bahasa Banjar di Pasar Tradisononal Hulu Sungai. Jurnal Multilingual. 24(2):207-215.
Yayuk, Rissari. 2018. “Pragmatic Imperative Forms of Banjar Language in Floating Market in Banjarmasinâ€. Jurnal IJoM-NS. 01(02):1-11.
Yuniarsi, Novi, Supriadin, dan Rahmawati. 2019. “An Analysis of Imperative Sentences in Sumbawaneseâ€. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidika. 10(2):88-93.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.