ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI IKLAN KECAP ABC PADA MEDIA YOUTUBE

Authors

  • Annisa Mavi Hajar Universitas Pamulang
  • Eris Risnawati Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sasindo.v9i2.%25p

Keywords:

Tindak Tutur Ilokusi, Iklan Kecap ABC, Linguistik.

Abstract

Iklan sebuah produk dibuat dengan maksud menyampaikan pesan kepada penonton untuk tertarik pada produk tersebut. Penelitian ini mengaji tindak tutur ilokusi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dan maksud yang terdapat dalam dialog iklan kecap ABC yang meliputi asertif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklaratif. Metode penelitian yang dipakai peneliti yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan teori Searle. Hasil penelitian ini terdapat 15 jenis data yang terdapat dalam tindak tutur ilokusi terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya yaitu pertama asertif ditemukan (5 data), kedua direktif ditemukan (4 data), ketiga komisif ditemukan (1 data), keempat ekspresif terdapat (3 data) dan kelima deklaratif terdapat (2 data). Selanjutnya terdapat 12 maksud tindak tutur ilokusi yakni, tindak asertif bermaksud memberitahukan terdapat (1 data), bermaksud menuntut terdapat (2 data), bermaksud mengakui terdapat (1 data) dan bermaksud menyatakan terdapat (1 data). Tindak direktif bermaksud meminta terdapat (3 data) dan bermaksud mengajak (1 data). Tindak komisif bermaksud menyatakan kesanggupan terdapat (1 data). Tindak ekspresif bermaksud memuji terdapat (1 data), bermaksud mengucapkan terima kasih terdapat (1 data) dan bermaksud mengucapkan selamat terdapat (1 data). Dan yang terakhir tindak deklaratif bermaksud memaafkan terdapat (1 data) dan bermaksud melarang terdapat (1 data).

References

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. (n.d.).

Leech, G. (1993). Prinsip - Prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia .

R, P. H. (2019, Juli 16). Skripsi. Analisis Tindak Tutur Perlokusi Pada Iklan

Minuman Bersoda Ditelevisi, 1 - 9.

Sudaryanto. (1990). Menguak Fungsi Hakiki Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana

University Press.

Sudaryanto. (1992). Metode Linguistik kearah Memahami Metode Linguistik .

Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta:

Sanata Dharma University Press.

Tarigan, H. G. (1984). Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Wijana, I. D. (1996). Dasar Dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi.

Wijana, I. D. (2018). Analisis Wacana Pragmatik Kajian Teori Dan Analisis.

Kodipiro Surakarta: Yuma Pustaka .

YouTube. (n.d.). Retrieved from https://id.m.wikipedia.org/wiki/YouTube

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Hajar, A. M., & Risnawati, E. (2021). ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI IKLAN KECAP ABC PADA MEDIA YOUTUBE. Jurnal Sasindo UNPAM, 9(2), 126–142. https://doi.org/10.32493/sasindo.v9i2.%p