ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI IKLAN KECAP ABC PADA MEDIA YOUTUBE
DOI:
https://doi.org/10.32493/sasindo.v9i2.%25pKeywords:
Tindak Tutur Ilokusi, Iklan Kecap ABC, Linguistik.Abstract
Iklan sebuah produk dibuat dengan maksud menyampaikan pesan kepada penonton untuk tertarik pada produk tersebut. Penelitian ini mengaji tindak tutur ilokusi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dan maksud yang terdapat dalam dialog iklan kecap ABC yang meliputi asertif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklaratif. Metode penelitian yang dipakai peneliti yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan teori Searle. Hasil penelitian ini terdapat 15 jenis data yang terdapat dalam tindak tutur ilokusi terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya yaitu pertama asertif ditemukan (5 data), kedua direktif ditemukan (4 data), ketiga komisif ditemukan (1 data), keempat ekspresif terdapat (3 data) dan kelima deklaratif terdapat (2 data). Selanjutnya terdapat 12 maksud tindak tutur ilokusi yakni, tindak asertif bermaksud memberitahukan terdapat (1 data), bermaksud menuntut terdapat (2 data), bermaksud mengakui terdapat (1 data) dan bermaksud menyatakan terdapat (1 data). Tindak direktif bermaksud meminta terdapat (3 data) dan bermaksud mengajak (1 data). Tindak komisif bermaksud menyatakan kesanggupan terdapat (1 data). Tindak ekspresif bermaksud memuji terdapat (1 data), bermaksud mengucapkan terima kasih terdapat (1 data) dan bermaksud mengucapkan selamat terdapat (1 data). Dan yang terakhir tindak deklaratif bermaksud memaafkan terdapat (1 data) dan bermaksud melarang terdapat (1 data).References
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. (n.d.).
Leech, G. (1993). Prinsip - Prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia .
R, P. H. (2019, Juli 16). Skripsi. Analisis Tindak Tutur Perlokusi Pada Iklan
Minuman Bersoda Ditelevisi, 1 - 9.
Sudaryanto. (1990). Menguak Fungsi Hakiki Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana
University Press.
Sudaryanto. (1992). Metode Linguistik kearah Memahami Metode Linguistik .
Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta:
Sanata Dharma University Press.
Tarigan, H. G. (1984). Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.
Wijana, I. D. (1996). Dasar Dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi.
Wijana, I. D. (2018). Analisis Wacana Pragmatik Kajian Teori Dan Analisis.
Kodipiro Surakarta: Yuma Pustaka .
YouTube. (n.d.). Retrieved from https://id.m.wikipedia.org/wiki/YouTube
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.