OBJEKTIVIKASI PEREMPUAN PADA LIRIK LAGU DANGDUT: PERSPEKTIF SARA MILLS

Authors

  • Ummi Nurjamil Baiti Lapiana Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto
  • Arum Rindu Sekar Kasih Sekolah Tinggi Agama Islam Sufyan Tsauri, Majenang, Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.32493/sasindo.v10i1.93-105

Abstract

Di  Indonesia,  dangdut  adalah  salah  satu  jenis  musik  yang  digemari oleh masyarakat.  Dangdut dianggap menjadi musik  yang “merakyat†karena  banyak  lagu  dangdut  yang  musiknya  enak  didengar  serta liriknya mudah dicerna sehingga masyarakat mudah menerima musik dangdut.  Pada  sekitar  tahun  2000,  musik  dangdut  semakin berkembang  dengan  munculnya  berbagai  variasi,  seperti  dangdut koplo.  Dangdut  koplo  banyak  berkembang  di  wilayah  pantura, khususnya  wilayah  Jawa  Timur.  Musiknya  yang  enerjik  dan  meriah membuat masyarakat menyukai jenis musik ini. Ditambah pula, lirik pada  lagu-lagu  dangdut  koplo  banyak  yang  bersinggungan  dengan kehidupan  sehari-hari.  Salah  satu  ciri  khas  dari  lirik  lagu  dangdut koplo  adalah  penggunaan  kosakata  “saru† yang  di  dalamnya sebenarnya menempatkan perempuan sebagai objek. Selain itu, lagulagu  dangdut  koplo  dibawakan  oleh  perempuan  dengan  gaya panggung  yang  cukup  erotis.  Penelitian  ini  menggali  persoalan  lirik lagu  dangdut  koplo  yang  tampak  mengobjetivikasi  perempuan. Dengan  menggunakan  pendekatan  Sara  Mills,  penelitian  ini mengambil  sudut  pandang  feminis  dengan  melihat  sosok  perempuan pada sebuah teks lagu.

Kata  Kunci/Keywords:  objektivikasi,  lirik  lagu,  dangdut  koplo, feminis

References

Eryanto, 2001. Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: ELKIS

Mills, Sara.1998. Feminist stylistic.London and New York: Routledge

Sunarto. (2009). Televisi, Kekerasan dan Perempuan. Jakarta: Kompas

Syarifah. (2006). Kebertubuhan Perempuan dalam Pornografi. Jakarta: Yayasan Kota Kita.

Poloma, Margaret M. 2004. Sosiologi Kontemporer (Trans: Tim Yasogama). Jakarta: Rajawali Pers.

Weintraub, Andreuw. 2010. “Dangdut: Musik, Identitas, dan Budaya Indonesiaâ€. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Lirik Lagu “Jablai†diakses pada tanggal 3 Desember 2021 melalui laman http://lirik.kapanlagi.com/artis/titi_kamal/jablay,

Lirik Lagu “Belah Duren†diakses pada tanggal 3 Desember 2021 melalui laman http://musiklib.org/Julia_Perez-Belah_Duren-Lirik_Lagu.htm,

Lirik Lagu “Buka Sithik Jossâ€diakses pada tanggal 5 Desember 2021 melalui laman

http://lirik.wikia.com/wiki/Juwita_BaharBuka_Dikit_Joss,

Tulisan berjudul “Knowing Your Place: a Marxist Feminist Stylistic Analysis†karya Sara Mills diakses pada tanggal 3 Desember 2021 pada laman http://www.neiu.edu/~circill/F668O.pdf.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Lapiana, U. N. B., & Kasih, A. R. S. (2022). OBJEKTIVIKASI PEREMPUAN PADA LIRIK LAGU DANGDUT: PERSPEKTIF SARA MILLS. Jurnal Sasindo UNPAM, 10(1), 93–105. https://doi.org/10.32493/sasindo.v10i1.93-105