PERUBAHAN PELAFALAN BUNYI [s] DAN [r] OLEH PEMELAJAR BIPA KOREA TINGKAT DASAR (KAJIAN FONETIK)

Authors

  • Afina Naufalia Universitas Padjadjaran
  • Lia Maulia Indrayani Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.32493/sasindo.v10i2.74-85

Keywords:

BIPA, fonologi korea, kajian fonetik, perubahan pelafalan.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan pelafalan berbagai bunyi bahasa Indonesia oleh pemelajar BIPA asal Korea, salah satunya adalah fonem [s] dan [r]. Perbedaan tersebut disebabkan oleh perbedaan aturan fonologi antara bahasa dengan bahasa Korea. Dalam bahasa Indonesia, huruf s dilafalkan dengan [s] sedangkan di dalam bahasa Korea, bisa dilafalkan dengan [s] dan [Å¡]. Begitu pun pada fonem /r/ yang dalam bahasa Korea bisa dilafalkan dengan [r] atau [l]. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan pelafalan fonem oleh pemelajar BIPA Korea ketika melafalkan kosakata bahasa Indonesia dan mendeskripsikan perbedaan sistem fonologi antara bahasa Korea dengan bahasa Indonesia sebagai penyebab perubahan pelafalan fonem tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan subjek penelitiannya adalah pemelajar asal BIPA Korea tingkat dasar sebanyak 18 pemelajar dari Balai Bahasa UPI. Penelitian dilakukan dengan teknik wawancara. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan hasil bahwa sebanyak 40 bunyi [s] dilafalkan berbeda oleh pemelajar BIPA, yaitu menjadi bunyi [Å¡]. Selanjutnya, perubahan pelafalan bunyi [r] terjadi sebanyak 27 jenis masalah yang dilafalkan menjadi [l]. Perbedaan pelafalan tersebut disebabkan oleh adanya interferensi bahasa ibu pemelajar BIPA ketika melafalkan bunyi bahasa Indonesia. Hasil temuan dalam ini, yakni berupa data perbedaan pelafalan fonem oleh pemelajar BIPA Korea dan data berupa perbedaan sistem fonologi bahasa Indonesia dan bahasa Korea bisa dimanfaatkan oleh pengajar BIPA sebagai bahan pembelajaran agar pemelajar bisa beradaptasi melafalkan bunyi bahasa Indonesia. Hal ini karena pelafalan adalah aspek penting dalam pembelajaran bahasa kedua. Peneliti berharap penelitian ini bisa memperkaya penelitian dalam bidang BIPA dan Fonologi.

References

Aminoedin, A., dkk. (1984). Fonologi Bahasa Indonesia Sebuah Studi Deskriptif. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Annisa, I. R. (2018). Pengembangan Materi Pelafalan Berbasis E-Learning dengan Metode Audiolingual untuk Pemelajar BIPA Tingkat Dasar. (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Aswan, A. (2021). Pembelajaran Berbicara Berbantuan Komik Strip untuk Pembelajar BIPA Korea Selatan. Lite: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 17(1), 19-33.

Budiawan, R. Y. S., & Rukayati, R. (2018). Kesalahan Bahasa dalam Praktik Berbicara Pemelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Universitas PGRI Semarang Tahun 2018. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(1), 88-97.

Chaer, A. (2013). Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Cho, Y. M. Y. (2016). Korean phonetics and phonology. In Oxford research encyclopedia of linguistics.

Febrina, R., et al. (2016). Fonologi Bahasa Korea. Jurnal Arbitrer, 3(1), 62-70.

Fitri, A. (2020). Kajian Tuturan Bahasa Indonesia Pemelajar BIPA Asal Jepang dan Implikasinya bagi Pembelajaran Pelafalan Berbasis Android, (SKRIPSI), Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Hermawan, N. F., Kuswoyo, Nafi'i, W. (2021). Fonetik: Artikulatoris, Akustis dan Auditoris serta Pengajarannya. El Wahdah, 2(1), 1-13.

Jun, J. (2018). Morpho-phonological processes in Korean. In Oxford Research Encyclopedia of Linguistics.

Katz, W.F. (2013). Phonetics for Dummies. Canada: John Wiley & Sons, Inc.

Kusmiatun, A. (2016). Mengenal BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Penerbit K-Media.

Lathifah, N. R., Anggita, F. D., & Rosianingsih, S. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Tataran Fonologi pada Kanal YouTube “Mas Bas-Bule Prancisâ€. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 91-98.

Muslich, M. (2015). Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Naufalia, A. (2021). Analisis Kesalahan Fonetik Artikulatoris pada Pelafalan Pemelajar BIPA Korea dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar BIPA Dasar, (SKRIPSI), Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Nurramdhani, H. F. (2021). Perbandingan Ungkapan Perkenalan Diri dalam Bahasa Korea dengan Bahasa Indonesia serta Implikasinya sebagai Buku Pengayaan Pemelajar Bipa Korea (Skripsi), Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Pratiwi, J. D., & Dianita Indrawati, S. S. Interferensi Fonologi Dan Morfologi Bahasa Jawa Dalam Bahasa Indonesia Pada Youtube Korea Reomit, SAPALA, 9(1), 143—153.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sukmadinata, N.S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Suyitno, I. (2017). Deskripsi Empiris dan Model Perangkat Pembelajaran BIPA. Bandung: PT Refika Aditama.

Tarigan, H. G. dan Djago T. (2011). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Penerbit ANGKASA.

Triadi, R. B., & Emha, R. J. (2021). Fonologi Bahasa Indonesia. Pamulang: UNPAM Press.

Wahyuni, A. K. T. (2020). Strategi Fonologis terhadap Realisasi Bunyi Bahasa Tril /r/ dan Lateral /l/ pada Kata-Kata Bahasa Indonesia oleh Penutur Berbahasa Korea (Studi Kasus Pada Pemelajar BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing)). PARAFRASE: Jurnal Kajian Kebahasaan & Kesastraan, 20(2).

Wijayanto, A. P. R. (2020). Karakteristik Pelafalan Bahasa Indonesia Penutur Korea dan Implikasinya bagi Pembelajaran BIPA, (SKRIPSI), Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Yuniar, R. S. (2013). Korean Phonological Interference in Indonesian Language as Second Language. LANTERN (Journal on English Language, Culture and Literature), 2(4), 12-26.

Downloads

Published

2022-12-17

How to Cite

Naufalia, A., & Indrayani, L. M. (2022). PERUBAHAN PELAFALAN BUNYI [s] DAN [r] OLEH PEMELAJAR BIPA KOREA TINGKAT DASAR (KAJIAN FONETIK). Jurnal Sasindo UNPAM, 10(2), 74–85. https://doi.org/10.32493/sasindo.v10i2.74-85