DISKRIMINASI TERHADAP PEREMPUAN CINA DALAM NOVEL PUTRI CINA KARYA SINDHUNATA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SMA
DOI:
https://doi.org/10.32493/sasindo.v10i2.86-94Keywords:
Bentuk Diskriminasi, Putri Cina, Subordinasi, Streotip, dan KekerasanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan bentuk-bentuk diskriminasi dalam novel Putri Cina; 2) mendeskripsikan implikasi pada novel Putri Cina mengenai diskriminasi yang dialami perempuan Cina terhadap pembelajaran bahasa dan sastra di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik penelitian ini menggunakan analisis isi novel Putri Cina dan studi pustaka untuk mencari data yang berkaitan dengan objek penelitian. Penelitian ini mengacu pada bentuk-bentuk diskriminasi berdasarkan teori Mansour Fakih mengenai marginalisasi, subordinasi, streotip, dan kekerasan namun peneliti hanya membahas subordinasi, streotip, dan kekerasan. Hasil analisis menemukan bahwa pada novel tersebut terdapat bentuk diskriminasi subordinasi pada perempuan yaitu adanya anggapan bahwa perempuan itu irrasional atau emosional sehingga perempuan tidak bisa tampil memimpin, berakibat munculnya sikap yang menempatkan perempuan pada posisi yang tidak penting dalam memimpin atau mengambil keputusan. Pada streotip terdapat pelabelan atqau penandaan terhadap perempuan dalam keluarga maupun lingkungannya yang menyebabkan kerugian bagi perempuan. Kekerasan yang dialami perempuan Cina dapat dirasakan berupa penyiksaan, penindasan, pembunuhan, dan integritas mental psikologisnya. Dalam konteks pembelajaran di SMA, novel Putri Cina dapat dijadikan bahan ajar materi cerita sejarah/ novel.
References
Fakih Mansour. (2001). Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gaarder, Jostein. (2021). Dunia Sophie Sebuah Novel Filsafat cet XV. Bandung: PT Mizan Pustaka,.
Hembing Wijayakusuma, H. M. (2005). Pembantaian Massal 1740 Tragedi Berdarah Angke. Jakarta: Pustaka Populer Obor.
Margono, S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineke Cipta.
Rachmat Djoko Pradopo, Siti Chamamah Soeratno, Sminto A. Sayuti, dkk. (2002). Metodologi Penelitian Sastra. Jogjakarta: PT. Hanindita Graha Widya.
Sindhunata. (2007). Putri Cina. Jakarta: PT Gramedia.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D cetakan ke 23. Alfabeta: Bandung.
Sukmadinata,Nana Syaodih. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.