DISKRIMINASI TERHADAP PEREMPUAN CINA DALAM NOVEL PUTRI CINA KARYA SINDHUNATA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SMA

Authors

  • Indah Sundari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Rosida Erowati UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32493/sasindo.v10i2.86-94

Keywords:

Bentuk Diskriminasi, Putri Cina, Subordinasi, Streotip, dan Kekerasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan bentuk-bentuk diskriminasi dalam novel Putri Cina; 2) mendeskripsikan implikasi pada novel Putri Cina  mengenai diskriminasi yang dialami perempuan Cina terhadap pembelajaran bahasa dan sastra di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik penelitian ini menggunakan analisis isi novel Putri Cina dan studi pustaka untuk mencari data yang berkaitan dengan objek penelitian. Penelitian ini mengacu pada bentuk-bentuk diskriminasi berdasarkan teori Mansour Fakih mengenai marginalisasi, subordinasi, streotip, dan kekerasan namun peneliti hanya membahas subordinasi, streotip, dan kekerasan. Hasil analisis menemukan bahwa pada novel tersebut terdapat bentuk diskriminasi subordinasi pada perempuan yaitu adanya anggapan bahwa perempuan itu irrasional atau emosional sehingga perempuan tidak bisa tampil memimpin, berakibat munculnya sikap yang menempatkan perempuan pada posisi yang tidak penting dalam memimpin atau mengambil keputusan. Pada streotip terdapat pelabelan atqau penandaan terhadap perempuan dalam keluarga maupun lingkungannya yang menyebabkan kerugian bagi perempuan. Kekerasan  yang dialami perempuan Cina dapat dirasakan berupa penyiksaan, penindasan, pembunuhan, dan integritas mental psikologisnya. Dalam konteks pembelajaran di SMA, novel Putri Cina dapat dijadikan bahan ajar materi cerita sejarah/ novel.

References

Fakih Mansour. (2001). Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gaarder, Jostein. (2021). Dunia Sophie Sebuah Novel Filsafat cet XV. Bandung: PT Mizan Pustaka,.

Hembing Wijayakusuma, H. M. (2005). Pembantaian Massal 1740 Tragedi Berdarah Angke. Jakarta: Pustaka Populer Obor.

Margono, S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineke Cipta.

Rachmat Djoko Pradopo, Siti Chamamah Soeratno, Sminto A. Sayuti, dkk. (2002). Metodologi Penelitian Sastra. Jogjakarta: PT. Hanindita Graha Widya.

Sindhunata. (2007). Putri Cina. Jakarta: PT Gramedia.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D cetakan ke 23. Alfabeta: Bandung.

Sukmadinata,Nana Syaodih. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-12-17