PENERJEMAHAN MESIN PADA BAHASA IKLAN DI APLIKASI INSTAGRAM PADA AKUN BISNIS MAKE OVER COSMETICS

Authors

  • Dewi Yanti Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sasindo.v7i1.1-22

Abstract

Abstrak

Pada era industri 4.0 saat ini, penggunaan media sosial seolah menjadi “teman hidup†bagi masyarakat penggunanya, khususnya di Indonesia. Data hasil penelitian dari UNESCO yang dilansir pada laman KOMINFO menyimpulkan bahwa 4 dari 10 orang Indonesia aktif di media sosial, salah satunya adalah instagram.  Menurut hasil Survei WeAreSocial.net dan Hootsuite menunjukan bahwa Indonesia berada pada urutan nomor 3 pengguna istagram terbesar di dunia setelah Amerika Serikat dan Brazir dengan dengan total pengguna aktif lebih dari 50 juta. Hal ini menunjukkan bahwa istagram sebagai salah satu media yang digunakan untuk membagi berbagai cerita, aktifitas-aktifitas menarik, info-info terkini, berselancar pada pofil-profil artis favorit dan kini mewabah menjadi sarana pengiklanan berbagai produk dengan bahasa yang mempersuasif. Fitur-fitur canggih yang disajikan pada aplikasi instagram menjadikan media sosial ini semakin digemari. Salah satu fitur di dalamnya, yakni mesin penerjemahan yang secara otomatis dapat menerjemahkan berbagai bahasa berbeda dari bahasa pengguna. Salah satu produk kosmetik ternama Indonesia yang diiklankan pada akun istagram dengan kemasan mendunia adalah Make Over. Pemilihan bahasa iklan pada akun ini menggunakan bahasa Inggris. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini berusaha mendeskripsikan hasil penerjemahan mesin pada bahasa iklan di aplikasi istagram pada akun Make Over Cosmetic. Metodologi Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan prespektif penerjemahan bahasa mesin aplikasi istagram dengan penerjemahan orang sesuai konten bahasa iklan yang persuasif. Berdasarkan hasil pengumpulan data dan analisis data didapat sebanyak 10 data iklan dapa akun istagram Make Over Cosmetic  yang diterjemahkan menunjukkan bahwa penerjemahan mesin masih terfokus pada faktor intertekstual, seperti leksikal dan gramatikal. Sementara faktor ekstratekstual (misalnya konteks teks, buday dari pembaca) belum masuk dalam pertimbangan proses penerjemahan mesin/komputer.

 

Kata Kunci : Penerjemahan mesin, bahasa iklan, aplikasi istagram, akun  Make Over Cosmetic      

Downloads

Published

2019-07-17

How to Cite

Yanti, D. (2019). PENERJEMAHAN MESIN PADA BAHASA IKLAN DI APLIKASI INSTAGRAM PADA AKUN BISNIS MAKE OVER COSMETICS. Jurnal Sasindo UNPAM, 7(1), 1–22. https://doi.org/10.32493/sasindo.v7i1.1-22