WACANA KRITIS PADA IKLAN PROVIDER TAHUN 2018
DOI:
https://doi.org/10.32493/sasindo.v7i1.60-70Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur mikro dalam analisis wacana kritis pada iklan provider pada tahun 2018 melalui model analisis wacana kritis Teun A. van Dijk pada aspek semantik dan sintaksis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis isi yang diterapkan terhadap sebuah wacana iklan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data dengan cara simak dan catat. Peneliti menyimak rekaman video iklan provider dan mencatat tuturan yang disampaikan di dalam iklan provider. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Tahap reduksi data peneliti menganalisis pada struktur mikro pada iklan provider tahun 2018.Hasil penelitian menunjukkan temuan elemen semantik diantaranya pada elemen latar terdapat 3 temuan, detil sebanyak 1 temuan, maksud terdapat 2 temuan, dan praanggapan sebanyak 2 temuan., pengingkaran 2 temuan, dan kata ganti sebanyak 2 temuan.
Kata kunci: wacana kritis, iklan provider
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.