WACANA KRITIS PADA IKLAN PROVIDER TAHUN 2018

Authors

  • Harninda Rizka Insani Universitas Muhammadiyah Tangereng
  • Nori Anggraini Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Ira Anisa Purawinangun Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sasindo.v7i1.60-70

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur mikro dalam analisis wacana kritis pada iklan provider pada tahun 2018 melalui model analisis wacana kritis Teun A. van Dijk pada aspek semantik dan sintaksis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis isi yang diterapkan terhadap sebuah wacana iklan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data dengan cara simak dan catat. Peneliti menyimak rekaman video iklan provider dan mencatat tuturan yang disampaikan di dalam iklan provider. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Tahap reduksi data peneliti menganalisis pada struktur mikro pada iklan provider tahun 2018.Hasil penelitian menunjukkan temuan elemen semantik diantaranya pada elemen latar terdapat 3 temuan, detil sebanyak 1 temuan, maksud terdapat 2 temuan, dan praanggapan sebanyak 2 temuan., pengingkaran 2 temuan, dan kata ganti sebanyak 2 temuan.

 

Kata kunci: wacana kritis, iklan provider

Downloads

Published

2019-07-17

How to Cite

Insani, H. R., Anggraini, N., & Purawinangun, I. A. (2019). WACANA KRITIS PADA IKLAN PROVIDER TAHUN 2018. Jurnal Sasindo UNPAM, 7(1), 60–70. https://doi.org/10.32493/sasindo.v7i1.60-70