Strukturisasi Sumber Domain dan Target Domain pada Diagram Diadik Sebagai Tanda Metafora
DOI:
https://doi.org/10.32493/sasindo.v11i1.79-95Keywords:
Sumber Domain, Target Domain, Diagram Diadik, Tanda, MetaforaAbstract
Metafora dalam penggunaannya selalu memberikan ketertarikan tersendiri untuk dipelajari. Selain penelitian semantik, semiotika dapat menjadi topik menarik untuk dibahas. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap entitas yang dirujuk dalam pemetaan konsep antara sumber domain dan target domain dan strukturisasi sumber domain dan target domain ke dalam diagram diadik tanda sebagai elemen tanda metafora selain interpretasi maknanya. Metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini. 210 data metafora diambil dari novel Anak-Anak Langit melalui teknik dokumentasi. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa entitas yang terdapat pada sumber domain adalah manusia, anggota tubuh manusia, alat, alam, hewan, tumbuhan, cahaya, makanan, bangunan, dan kekuatan. Dalam strukturisasi pada diagram diadik tanda, entitas dalam target domain diperlakukan sebagai penanda, sedangkan entitas dalam sumber domain diperlakukan sebagai petanda dimana tanda metafora terbentuk. Penafsiran makna metafora merujuk pada makna leksikal dengan dukungan konteks yang ada di sekitar metafora yang menghasilkan makna yang lebih kompleks. Disimpulkan bahwa metafora dapat diidentifikasi melalui pemetaan konsep sumber domain ke target domain. Sementara itu, gabungan target domain sebagai penanda dan sumber domain sebagai petanda menghasilkan tanda metafora.References
Al-Ali, A., El-Sharif, A., dan Alzyoud, M.S. (2016). The Functions and Linguistic Analysis of Metaphor in the Hoy Qur’an. European Scientific Journal. 12, (14), 164-174.
Amalia, D.R., Sari, N.D.P., Saputra, A.A., dan Alfaruq, U. (2019). Linguistik Perspektif Ferdinand De Saussure dan Ibn Jinni. Al-Fathin. 2, (2), 163-182.
Andriani, R dan Nuraini, W. (2019). Analisis Nilai Moral dalam Novel Bara Karya Febrialdi Rusdi sebagai Salah Satu Alternatif Bahan Ajar Apresiasi Sastra di Sekolah Menengah Atas. Metamorfosis: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya. 12, (1), 52-60.
Asmarani, N.N.O. (2018). Hidup di antar Batas: Relasi Hewan dan Manusia. Balairung: Jurnal Multidisipliner Mahasiswa Indonesia. 1, (2), 167-174.
Creswell, J.W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, Fourth edition. New York: Pearson.
Cruse, D. A. (2000). Meaning in Language: An Introduction to Semantics and Pragmatics. New York: Oxford University Press.
Dagnev, I dan Chervenkova, Z. (2021). Tracing Metaphor Transformation in Translation of Fiction by Type and Density. Open Journal for Studies in Linguistics. 4, (1), 1-14.
Danesi, M. (2004). Messages, signs and Meanings: A Basic Textbook in Semiotics and Communication. Toronto: Canadian Scholars’ Press Inc.
Deignan, A. (2006). “The Grammar of Linguistics Metaphorsâ€, dalam Corpus-Based Approach to Metaphor and Metonymy. Berlin: Mouton de Gruyter.
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Diana, A. (2016). Kajian Semiotika pada Kumpulan Cerpen Sekuntum Mawar di Depan Pintu Karya M. Arman A.Z. Jurnal Pesona. 2, (1), 117-124.
Djawad, A.A. (2016). Pesan, Tanda dan Makna dalam Studi Komunikasi. Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya. 1, (1), 95-101.
Hoang, H. (2014). Metaphor and Second Language Learning: The State of the Field. The Electronic Journal for English as a Second Language. 18, (2), 1-27.
Imani, A. (2022). Critical Metaphor Analysis: A Systematic Step-by-Step Guideline. LSP International Journal. 9 (1), 1-15
Innis, R.E. (1985). Semiotics: An introductory Anthology. Bloomington: Indiana University Press.
Kövecses, Z. (2010). Metaphor: A Practical Introduction. Oxford: Oxford University Press.
Lakoff, G. (1992). The Contemporary Theory of Metaphor. Cambridge: Cambridge University Press.
_________ dan Johnson, M. (2003). Metaphor We Live By. London: The University of Chicago Press.
Lubis, F.W. (2020). Analisis Androgini pada Novel Amelia Karya Tere-Liye. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia. 1, (17), 1-6.
Mahsun. (2017). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode dan Tekniknya. Depok: Rajawali Pers.
Malik, N.A., Shak, M.S.Y., Mohamad, F. (2022). Recognising Metaphor through the Lens of Corpus-Based Approach. International Journal of Academic Research in Business and Social Science. 12, (11), 1741-1755.
Muzaffarovna, B.V., Usmonovna, M.M., Bakoyevna, I.M. (2022). Types and Language Functions of Metaphor. Journal of Positive School Psychology. 6, (4), 9684-9690.
Noermanzah. (2019). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi, Citra pikiran dan Kepribadian. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 306-319.
Osiejewicz, J. (2021). Metaphor in Legal Communication. Journal of International Legal Communication. 2, 97-108
Pribadi, B.S. dan Firmansyah, D. (2019). Analisis Semiotika pada Puisi Barangkali Karena Bulan Karya W.S Rendra. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 2, (2), 269-276.
Samhudi, O, Effendy, C, dan Syam, C. (2017). Jenis dan Fungsi Gaya Bahasa dalam Pemaknaaan Kumpulan Cerpen Kembalinya Tarian Sang Waktu: Stilistika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 6, (12), 1-9.
Saussure, F. (2011). Course in General Linguistics. Diterjemahkan oleh Wade Baskin. New York. Columbia University Press.
Wekke, I.S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Gawe Buku.
Zaim, M. (2014). Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Padang: Sukabina Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.