ANALISIS KONTRASTIF PENGGUNAAN AFIKSASI DALAM NOVEL DALINGDING ANGIN JANARI KARYA USEP ROMLI H.M.

Authors

  • Elsa Widia Kartika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Odien Rosidin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.32493/sasindo.v11i2.60-67

Keywords:

Analisis Kontrastif, Afiksasi, Novel, Bahasa Sunda, Bahasa Indonesia.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi analisis kontrastif bahasa Indonesia dan bahasa Sunda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persamaan dan perbedaan bahasa Indonesia sebagai B-1 dan bahasa Sunda sebagai B-2 bagi pembelajar bahasa berdasarkan proses afiksasi. Penelitian ini meliputi analisis kalimat-kalimat pada novel “Dalingding Angin Janari†karya Usep Romli HM. Dengan adanya penelitian bertujuan dan bermanfaat untuk mempelajari bahasa daerah agar terus dilestarikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data, menganalisis data, membaca dan mencatat data yang terdapat dalam novel “Dalingding Angin Janariâ€. Hasil dari penelitian ini terdapat lima belas afiksasi yang digunakan untuk analisis kontrastif terkait persamaan dan perbedaan antara bahasa Indonesia dengan bahasa Sunda. Prefiks yang memiliki kesamaan yaitu afiksasi prefiks di-, sufiks -an dan lebih banyak ditemukan afiksasi verba pada prefiks atau awalan ng-. Selain itu terdapat perbedaan pada afiksasi konfiks paN-an, dan di-keun, sufiks -keun.  

References

Chaer, Abdul. (2015). Morfologi Bahasa Indonesia: Pendekatan Proses. Jakarta: Rineka Cipta.

Kamsir, RZ (2020). Analisis Kontrastif Dalam Pembelajaran Bahasa (Kajian antara Konsonan-Vokal pada Huruf Hijaiyah dan Alfabet Indonesia). Jurnal Sakinah , 2 (1), 24-30.

Markamah, Sabardila, A. (2014). Analisis Kesalahan dan Karakteristik Bentuk Pasif. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Misdawati, M. (2019). Analisis Kontrastif Dalam Pembelajaran Bahasa. A Jamiy: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 8(1), 53-66.

Moleong, L. J. (2014). Metode penelitian kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putrayasa, Ida Bagus. 2010. Kajian Morfologi: Bentuk Derivasional dan Infleksional. Bandung: Refika Aditama.

Ramlan, M. (2005). Ilmu Bahasa Indonesia Sintaksis. Yogyakarta: CV. Karyono.

Romli, Usep. (2019). Dalingding Angin Janari. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.

Romli, M., & Wildan, M. (2015). Afiksasi Dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda (Studi Kontrastif). Sasindo Unpam, 2(2), 1-8.

Rosidin, Odien. (2015). Percikan Linguistik: Pengantar Memahami Ilmu Bahasa. Serang: Untirta Press.

Downloads

Published

2023-12-20