Implikatur dalam Novel Yang Sulit Dimengerti Adalah Perempuan Karya Fitrawan Umar

Authors

  • M. Wildan Universitas Pamulang
  • Muhayat Muhayat Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sasindo.v11i1.10-17

Keywords:

pragmatik, implikatur, konteks, novel

Abstract

Tulisan ini bertujuan: (1) mendeskripsikan jenis implikatur yang terdapat dalam novel Yang Sulit Dimengerti Adalah Perempuan karya Fitrawan Umar, dan (2) menjelaskan fungsi implikatur yang terdapat dalam novel Yang Sulit Dimengerti Adalah Perempuan karya Fitrawan Umar. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan alasan menggunakan pendekatan ini yaitu karena penyampaian data yang disampaikan berbentuk uraian kalimat dari sebuah teks, untuk menganalisisi tuturan, monolog dan dialog yang mengandung implikatur dan menggunakan pendekatan deskritif yaitu dengan cara mengumpulkan data-data, menganalisis dan mengklarifikasi data atau dalam bentuk lainnya dengan cara membaca novel, mencermati dan menyimpulkan penelitian sehingga mengasilkan data berupa kata tertulis. Secara deskriptif, penulis memberikan ciri-ciri, sifat-sifat serta gambaran data melalui pemilihan data yang dilakukan pada pemilihan data seteloah data terkumpul dan penelitian ini metode diterapkan dalam menganalisis tuturan, monolog dan dialog yang mengandung implikatur. Tulisan ini menggunakan teori Geroge Yule untuk mengetahui jenis implikatur yang terdapat dalam novel dengan menganalisis menggunakan implikatur konvensional dan implikatur percakapan.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 49 data implikatur yang terdiri dari 19 data implikatur konvensional, 6 data implikatur percakapan umum, 1 data implikatur percakapan berskala dan 23 data percakapan khusus.

Author Biographies

M. Wildan, Universitas Pamulang

Fakultas Sastra, Prodi Sastra Indonesia

Muhayat Muhayat, Universitas Pamulang

Fakultas Sastra, Prodi Sastra Indonesia

References

Hernita, R. (2014). Implikatur Percakapan Pada Novel 99 Cahaya Di Langit Eropa Karya Hanum Salsabiela Rais Dan Rangga Almahendra.

Leech, G. (2011). Prinsip-Prinsip Pragmatik. Universitas Indoneisa (UI-Press).

Nadar. (2013). Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Graha Ilmu.

Pratiwi, D. E. (2017). Implikatur Tuturan Para Tokoh Dalam Novel Popule Indonesia Tahun 2016 Sampai 2017 (Kajian Pragmatik).

Sari N. A, S. R. (2020). Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Kanvas Karya Bintang Purwanda (Kajian Psikologi Sastra). Jurnal Bahasa Sastra, Seni dan Budaya.

Sudaryanto. (2016). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Duta.

Wartiningsih A, S. (2019). Kepribadian Tokoh Dalam Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa.

Yule, G. (2018). Pragmatik. Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2023-06-27

How to Cite

Wildan, M., & Muhayat, M. (2023). Implikatur dalam Novel Yang Sulit Dimengerti Adalah Perempuan Karya Fitrawan Umar. Jurnal Sasindo UNPAM, 11(1), 10–17. https://doi.org/10.32493/sasindo.v11i1.10-17