Gangguan Berbahasa pada Anak Disleksia (Studi kasus di Sekolah Khusus Sayap Ibu Bintaro)
DOI:
https://doi.org/10.32493/sasindo.v11i1.48-57Keywords:
Disleksia, Gangguan, KebahasaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan temuan-temuan yang berkaitan dengan kemampuan berbahasa pada anak disleksia. Temuan tersebut nantinya dapat menjadi rekomendasi dalam menentukan bentuk penanganan yang tepat baik melalui metode pembelajaran di sekolah, maupun pola penangan asuh di lingkungan keluarga. Produksi Bahasa yang dihasilkan oleh subjek penelitian yang merupakan anak dengan penderita disleksia diperoleh dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sedangkan sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data linguistik yang berupa bentuk gangguan, pada penelitian ini subjek penelitian berjumlah satu anak. Dalam memperoleh data peneliti melakukan observasi langsung kepada subjek penelitian, kemudian subjek penelitian diberikan beberapa interverensi secara lansung untuk mendapatkan reseptif bahasa berupa kemampuan membaca. Hasil penelitian ini menemukan beberapa temuan yaitu 1) kemampuan membaca lantang/ mengeja anak disleksia tidak mengalami permasalahan. Hal ini terlihat dari kemampuan membaca lantang anak disleksia yang dapat dikatakan sama dengan siswa lainnya. 2) Terdapat ganguan pada kemampuan membaca pemahaman anak disleksia. Hal ini ditandai dari kurang mampunya anak disleksia dalam mendapatkan informasi yang terdapat pada sebuah teks atau wacana. 3) konsentrasi dalam proses pembelajaran membaca anak disleksia mengalami kesulitan. Anak lebih cepat bosan ketika membaca teks yang jumlah katanya relatif panjang dan diisi oleh kosa kata yang tidak umum. 4) Terdapatnya ketertarikan anak disleksia terhadap teks ketika teks dibentuk dalam pola permainan atau video pembelajaran.
References
Chair, Abdul. 2009. Psikolinguistik – Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.
Chair, Abdul. 2013. Bahasa Indonesia-Fonologi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. 2013. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Dardjowidjojo, Soenjono. 2014. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Efendi, Mohammad. 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Aksara.
Gleason, Jr., H.A. 1955. An Introduction to Descriptive Linguistics. New York- Chigago-San Fransisco-Toronto-London: Holt, Rinehart and Winston.
IDA Board of Directors, Nov.12, 2002 Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder – 5th Edition, The American Psychiatric Association, 2013.
Jakobson, Roman. 1968. Child Language Aphasia & Phonological Universal. The Hague: Mouton.
Kridalaksana, Harimurti. 1983. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.
Lenneberg, E.H. 1964. A Biological Perspective of Language. In E. H. Lennebe (Ed), New Directions in The Study of Language, 64-88. Chambridge, M.A: MIT Press.
Martinet, Andre. 1987. Ilmu Bahasa Pengantar. Yogyakarta: Kanisius.
Muslich, Masnur. 2017. Bahasa Indonesia-Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Piaget,J. 1962. Play, Dreams and Imitation in Chilhood. New York: Norton.
S, Sriwoelan. 2004. Promoting the Development of Yong Children With Cerebral Palsy.A Guide For Mid-Level Rehabilitation Workers. Bandung: Yayasan Suryakanti.
Stampe, D. 1973. A Disertation on Natural Phonology. Bloomington: IULC.
Susan C, Lowell, M.A, 2013. Definition of Dyslexia and Assessment of Dyslexia.
Sally E. Shaywitz. New England Journal of Medicine, Volume 338, Number 5. Dyslexia and Learning Disabilities.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.