REGISTER FOTOGRAFI KAMERA ANALOG DI PURWOKERTO

Authors

  • Ahmad Fajar Tri H Universitas Jenderal Soedirman
  • Ashari Hidayat Universitas Jenderal Soedirman
  • Octaria Putri Nurharyani Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.32493/sasindo.v11i2.29-38

Keywords:

Register, Komunitas, Fotografi, Kamera Analog

Abstract

Penelitian ini mengkaji penggunaan istilah-istilah dalam aktivitas fotografi kamera analog. Penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah penggunaan bahasa di komunitas fotografi analog di Analogkerto dan di media sosial Instagram. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode padan. Penelitian ini berdasarkan pada teori sosiolinguistik yang berfokus pada penggunaan bahasa pada sebuah komunitas. Hasil penelitian ini adalah deskripsi istilah-istilah fotografi kamera analog. Istilah-istilah tersebut berbentuk satuan lingual berupa kata, gabungan kata, bentuk singkat berupa kombinasi angka dan singkatan, dan istilah berbentuk hibrida. Istilah-istilah fotografi kamera analog memiliki ranah fungsi beragam karena konteks aktivitasnya. Istilah-istilah dalam fotografi kamera analog memiliki makna untuk menyatakan aktivitas, benda, proses dan sifat. Istilah-istilah tersebut dominan terbentuk menggunakan Bahasa Inggris dunia fotografi kamera analog terhubung dalam jaring komunitas internasional.

References

Antara. (2017). Kangen Proses Fotografi Jadul Kamera Analog Kembali Jadi Tren. Retrieved from tempo.co: https://gaya.tempo.co/read/1024607/kangen-proses-fotografi-jadul-kamera-analog-kembali-jadi-tren.

Atmahardianto, C. (2012). Register dalam Situs Dunia Maya Kaskus. Surakarta: Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret.

Chaer, A. (2003). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A. (2009). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A. (2015). Morfologi Bahasa Indonesia: Pendekatan Proses. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A., & Agustina, L. (2014). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmawan, Y. S. (2018, Oktober). Trend Kamera Analog Instan di Kalangan Remaja. Vol.14 No.2.

Ekawati, M., & Baihaqi, I. (2020). Peran Bahasa di Masa Pandemi Covid-19 sebagai Media Terapi Kognitif. Yogyakarta: Anom Pustaka.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Sumarsono. (2017). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2023-12-20