KONSEPTUALISASI METAFORA DALAM ULASAN PARFUM PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK

Authors

  • Keni Pradianti Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sasindo.v11i2.39-45

Keywords:

metafora, kognitif, gaya bahasa, ulasan produk, parfum.

Abstract

Media sosial dapat dimanfaat sebagai alat untuk saling berbagi informasi terkait suatu produk.  Salah satu jenis produk yang dijadikan sebagai objek ulasan di media sosial adalah parfum. Hal yang menarik dari ulasan parfum adalah cara pengulas mendeskripsikan wewangian yang mereka jelaskan di dalam setiap ulasannya. Tentu bukan hal yang mudah untuk menjelaskan suatu aroma sehingga dapat langsung dipahami oleh pendengar. Salah satu strategi yang digunakan untu menggambarkan produk adalah melalui metafora. Lebih jauh, penggunaan metafora dapat merepresentasikan kognisi dari pengulas berdasarkan fitur-fitur linguistik yang ada. Berangkat dari latar belakang tersebut, maka penelitian ini dilakukan untuk menelaah metafora yang digunakan oleh pengulas dalam menjabarkan wewangian. Data dalam penelitian ini adalah video-video ulasan parfum yang diunggah oleh tiga pengulas parfum di tiktok. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metafora struktural adalah  jenis metafora dengan frekuensi temuan paling tinggi, sedangkan metafora orientasional memiliki frekuensi temuan yang paling rendah.

 

Author Biography

Keni Pradianti, Universitas Pamulang

Linguistician and graphologist

References

Croker, Robert A. 2009. Qualitative Research in Applied Linguistics: A Practical Introduction [dalam Juanita Heigham dan Robert A. Croker]. London: Palgrave Macmillan.

Budianta, Agus. 2020. “Kehidupan Baruâ€, Adaptasi Hadapi Pandemi. dalam https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13107/Kehidupan-Baru-Adaptasi-Hadapi-Pandemi.html . [daring]. diakses pada: 19 November 2023.

Fan, LiPing. 2018. Literature Review on the Cognitive Approach to Metaphor. Journal of Procedia Computer Science, 131. 925-928. https://doi.org/10.1016/j.procs.2018.04.224.

Haula, Baik., & Tajudin Nur. 2019. Konseptualisasi Metafora dalam Rubrik Opini Kompas: Kajian Semantik Kognitif. Retorika: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya 12(1). 25-35.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. [daring]. Tersedia di kbbi.kemdikbud.go.id/entri/berkelas. Diakses: 20 November 2023.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. [daring]. Tersedia di kbbi.kemdikbud.go.id/entri/seni. Diakses: 18 November 2023.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. [daring]. Tersedia di kbbi.kemdikbud.go.id/entri/sinting. Diakses: 20 November 2023.

Lakoff, George., & Mark Johnsen. 2003. Metaphor We Live By. London: The Chicago University Press.

Mahsun. 2017. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Depok: Rajawali Press.

Rahmawaty, Penny. 2014. Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sari Roti. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(2). 82-89.

Ray, Sukma Adelina. 2019. Analisis Jenis-Jenis Metafora dalam Surat Kabar: Kajian Semantik. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 3(2). 146-150.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Tashandra, Nabila., & Lusia Kus Anna. 2018. Seni Meresapi Kenikmatan Secangkir Kopi. Dalam https://lifestyle.kompas.com/read/2018/06/11/073500220/seni-meresapi-kenikmatan-secangkir-kopi-?page=all [daring]. Diakses pada 19 November 2023.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Pradianti, K. (2023). KONSEPTUALISASI METAFORA DALAM ULASAN PARFUM PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK. Jurnal Sasindo UNPAM, 11(2), 39–45. https://doi.org/10.32493/sasindo.v11i2.39-45