KESALAHAN BERBAHASA PADA SURAT EDARAN PT. WM

Authors

  • Yasir Mubarok Universitas Pamulang
  • Agus Nur Mahdi Universitas Pamulang
  • Galuh Matovani Universitas Pamulang
  • Dewi Yanti Sastra Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/sasindo.v11i2.19-28

Keywords:

Kesalahan Bahasa, Tanda Baca, Surat Edaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa-tanda baca pada surat edaran PT. WM. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah dari surat edaran PT. WM dari tahun 2020-2021. Data tersebut diklasifikasikan berdasarkan jenis kesalahan tanda baca, dengan merujuk pada Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan terdapat tujuh jenis kesalahan berbahasa tanda baca antara lain tanda titik 12 data (24%), tanda koma 11 data (22%), tanda titik dua 15 data (30%), tanda hubung 1 data (2%), tanda petik tunggal 1 data (2%), tanda kurung 3 data (6%) dan tanda garis mirirng 7 data (14%) dari 50 data kesalahan tanda baca. Berdasarkan hasil penelitian, kesalahan tersebut dikarenakan kompetensi dalam menerapkan aturan (PUEBI) bahasa Indonesia. Selain itu, adanya potensi kurangnya pengetahuan tentang bahasa itu sendiri. Selanjutnya, kesalahan dimungkinkan lelah, kurang teliti dan sejenisnya.

Author Biographies

Yasir Mubarok, Universitas Pamulang

Sastra Indonesia

Agus Nur Mahdi, Universitas Pamulang

Sastra Indonesia

Galuh Matovani, Universitas Pamulang

Sastra Indonesia

Dewi Yanti, Sastra Indonesia

Sastra Indonesia

References

Abidin, Y. (2019). Konsep Dasar Bahasa Indonesia. Bumi Aksara.

Andiyanti, O. P., Asyhar, M., & Sirulhaq, A. (2022). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Berita Daring Radar Mandalika. Jurnal Lisdaya, 18(1), 49–61.

Elvanitha, N. (2022). Analisis Pembelajaran Menulis Surat Dinas Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kuala Mandor B. Doctoral Dissertation, IKIP PGRI PONTIANAK, 9–26.

Hamrin, H. (2022). Analisis Kesalahan Berbahasa Bentuk Baku Pada Masyarakat Poleang Barat. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(11), 1014–1022.

Hasrianti, A. (2021). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Karangan Peserta Didik. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 213–222. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.618

Jauharoti, & Alfin. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa. LKiS.

Juwita, S. R., Nugroho, O. F., Nisa, P. C., & Bachtiar, Y. C. (2022). Kesalahan Berbahasa dalam Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(2), 40–47.

Kusumawatie, N. (2022). Analisis Layanan Perpustakaan Keliling dalam Mengembangkan Budaya Literasi Masyarakat Kota Palembang Studi pada Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Palembang. IQRA: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 16(1), 58–69.

Mertosono, S. R., & Erniwati, E. (2023). Error Analysis: Types and Causes of EFL Learners’ Errors in Writing Analytical Exposition Text. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 7(1), 64. https://doi.org/10.26858/eralingua.v7i1.37875

Muzaki, H., & Darmawan, A. (2022). Analisis Kesalahan Berbahasa Lisan Pada Kanal Youtube Fouly. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, , 7(1), 55–62.

Nurhamidah, D. (2018). Analisis Kesalahan Ejaan pada Karangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pena Literasi, 1(2), 92–107.

Nurwicaksono, B. D., & Amelia, D. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Teks Ilmiah Mahasiswa. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 138–153. https://doi.org/10.21009/AKSIS.020201

Prasetya, A. D. A. (2019). Analisis kesalahan ejaan dan pilihan kata pada surat dinas di STKIP Al Hikmah Surabaya. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 120–127.

Pratiwi, B. A. (2019). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 9(4), 379–384.

Purwandari, H. S. (2014). Analisis kesalahan berbahasa indonesia pada surat dinas kantor kepala desa Jladri. BASASTRA, 1(3).

Puspitasari, R. C., & Anggraini, P. (2022). Kesalahan Berbahasa pada Berita Daring di Website Malang Posco Media Edisi Februari 2022. Pena Literasi, 5(2), 188–200.

Sa’diyah, I. (2022). Kesalahan berbahasa Indonesia tulis pada aspek ejaan, morfologi, dan sintaksis oleh peserta pelatihan menulis Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(2), 255–271.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In CV. Alfabeta, Bandung. Penerbit Alfabeta.

Tamara, B., Naufal, D., Ismail, B., & Pradani, R. A. (2020). Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan dan Tanda Baca pada Media Sosial Resmi Universitas Ahmad Dahlan. Parafrasa: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 2(1).

Turistiani, T. D. (2014). Fitur kesalahan penggunaan ejaan yang disempurnakan dalam makalah mahasiswa. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 1(1).

Verlinda, D., Salamah, S., & Hakim, L. N. (2019). Perubahan Ejaan Bahasa Indonesia Di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional STKIP PGRI Bandar Lampung, 1(1), 119–130.

Wahyuni, U., & Sari, M. M. (2020). Kesalahan Penggunaan Ejaan dalam Karangan Eksposisi Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 3 Kota Jambi. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 125–135.

Yunita, D. A., Sugono, D., & Suendarti, M. (2021). Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dan Kosakata dalam Penulisan Karangan Deskripsi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(02), 121. https://doi.org/10.30998/diskursus.v3i02.7494

Downloads

Published

2023-12-20