ANALISIS KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA PADA FILM CINTA SUBUH KARYA ALI FARIGHI (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA)

Authors

  • Washadi Washadi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sasindo.v11i2.68-76

Keywords:

Kepribadian Tokoh Utama, Film, Kajian Psikologi Sastra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepribadian tokoh utama pada film Cinta Subuh karya Ali Farighi menggunakan kajian psikologi sastra Gerard Heymans. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Untuk mengumpulkan data, metode simak catat digunakan. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa tangkapan layar adegan dengan dialog pada film "Cinta Subuh" karya Ali Farighi. Analisis data mencakup mengorganisasikan data, membaginya menjadi bagian kecil, melakukan sintesis, menyusunnya ke dalam pola, menentukan mana yang penting dan yang harus dipelajari, dan membuat kesimpulan yang dapat dikomunikasikan. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa kepribadian Angga memiliki pola pikir yang cenderung otentik, yaitu berusaha menghadapi masalah dengan jujur dan terus berusaha untuk mengejar mimpi dan keinginan hidupnya. Angga juga memiliki pola perilaku yang cenderung realistis, yaitu bertindak sesuai dengan kemampuan dan keterbatasan, peka emosi dan sosial, serta toleran terhadap perbedaan pendapat dan pandangan orang lain. Menurut penelitian ini, karakter utama Angga dalam film Cinta Subuh memiliki sifat atau ciri-ciri berikut: ambisius, keras kepala, bersungguh-sungguh, riang gembira, bertanggung jawab, humoris, mudah bergaul, kecewa, marah, berontak, bersalah, dan tenang. Peneliti menggunakan tipologi Gerard Heymans, yang membagi ciri kepribadian dalam tipe-tipe tertentu, seperti emosionalitas, proses pengiring, dan aktivitas. Metode ini digunakan untuk menganalisis karakter dan perwatakan tokoh utama dalam film Cinta Subuh.

References

Amin, S. (2014). Pengantar Psikologi Umum. Banda Aceh: PENA.

Daulay. (2020). Analisis Kepribadian Tokoh Utama Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari ini. Fakultas Keguruan Sumetara Utara: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Endraswara, S. (2008). Metode Penelitian Psikologi Sastra. Yogyakarta: Media Pressindo.

Film Cinta Subuh (2022). Cinta Subuh. Falcon Pictures: Jakarta.

Herianti. (2019). Citra Perempuan Novel Suti Karya Sapardi Djoko Damono (Kajian Kritik Sastra Feminisme). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Muhammadiyah Makkasar.

Mar’atusholikha. (2020). Citra Wanita Tokoh Utama Pada Novel Rahasia Salinem Karya Brilliant Yotenega Dan Wisnu Suryaning Adji. Fakultas Sastra: Universitas Pamulang.

Minderop, A. (2016). Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Pristita. (2008). Memahami Film. Yogyakarta: Homerian Pustaka.

Tuloli, Nani. (1999). Teori Fiksi. Gorontalo: BTM Nurul Jannah.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Washadi, W. (2023). ANALISIS KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA PADA FILM CINTA SUBUH KARYA ALI FARIGHI (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA). Jurnal Sasindo UNPAM, 11(2), 68–76. https://doi.org/10.32493/sasindo.v11i2.68-76