LEKSIKON FAUNA BAHASA JAWA KUNO DALAM TEKS PŪRWA BHŪMI KAMŪLAN

Authors

  • Pande Putu Abdi Jaya Prawira Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.32493/sasindo.v11i2.51-59

Keywords:

Bali, Fauna, Leksikon, Lontar.

Abstract

Gambaran terhadap keanekaragaman fauna terdokumentasi dalam teks-teks tradisional yang menggunakan bahasa daerah, salah satunya teks Purwa Bhumi Kamulan. Tulisan ini membahas leksikon fauna dan maknanya yang terdapat dalam teks Pūrwa Bhūmi Kamūlan yang berbahasa Jawa Kuno. Teks ini merupakan salah satu teks penting dalam tradisi Bali yang mewacanakan mengenai asal usul dunia secara mitologis. Kajian ini merupakan kajian pustaka dengan sumber data teks Purwa Bhumi Kamulan dari naskah lontar koleksi Unit Lontar Universitas Udayana. Metode pengumpulan data menggunakan metode studi kepustakaan, metode analisis data menggunakan metode deskriptif analitis, serta penyajian hasil analisis data dengan metode formal dan informal. Hasilnya, di dalam teks Purwa Bhumi Kamulan, ditemukan sejumlah leksikon fauna dari kelompok yang berbeda-beda. Leksikon-leksikon fauna ini terdiri atas mamalia, reptil dan ikan. Masing-masing hewan dalam kelompok fauna itu juga memiliki asosiasi yang berhubungan dengan nilai budaya dan religi masyarakat Bali saat ini.

Author Biography

Pande Putu Abdi Jaya Prawira, Universitas Udayana

Fakultas Ilmu Budaya

References

Dhanawaty, N. M., Satyawati, M. S., & Widarsini, N. P. N. (2017). Pengantar Linguistik Umum. Denpasar : Pustaka Larasan.

Hooykaas, C. (1974). Cosmogony and Creation in Balinese Tradition. The Hague: Martinus Nijhoff.

Partami, N. L., Sudiana, I. M., Karyawan, I. K., Sukayana, I. N., Purwiati, I. A. M., Sunihati, A. A. D., Aridawati, I. A. P., Budiasa, I. N., Candrawati, N. L. K., Indra, I. B. K. M., Sudiati, N. W., & Sumalia, I. M. (2016). Kamus Bali - Indonesia (N. L. Partami, Ed.; 3 ed.). Denpasar : Badan Bahasa Bali.

Prawira, P. P. A. J. (2020). Mantra dalam Pūrwa Bhūmi Kamūlan : Sebuah Kajian Stilistika [Skripsi]. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana.

Ratna, N. K. (2011). Antropologi Sastra, Peranan Unsur-Unsur Kebudayaan dalam Proses Kreatif . Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Titib, I. M. (2003). Teologi & Simbol-simbol dalam Agama Hindu. Surabaya : Paramita.

Utami, N. M. V., Jayantini, I. G. A. S. R., Ariyaningsih, N. N. D., & Hikmaharyanti, P. D. A. (2023). Leksikon Fauna Upakara dalam Ritual Hindu di Bali: Kajian Ekolinguistik. Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra Tahun 2023, 108–118.

Zoetmulder, P. J. (1994). Kalangwan : Sastra Jawa Kuno Selayang Pandang (3 ed.). Djambatan.

Zoetmulder, P. J., & Robson, S. O. (1995). Kamus Jawa Kuna - Indonesia. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2023-12-20