Perubahan Makna Kata pada Judul Berita sebagai Upaya Kreatif Media Berita Digital

Authors

  • Adam Muhammad Nur Universitas Pamulang
  • Siti Sofiah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sasindo.v12i1.10-18

Keywords:

Semantik, Berita, Perubahan Makna

Abstract

Perkembangan transformasi digital yang kian menunjukkan perubahan signifikan memberikan dampak dalam aspek kehidupan manusia, salah satunya berimplikasi pada media massa. Menurut Jenkins (dalam Gushevinalti et al., 2020) faktor utama transformasi digital disebabkan oleh hadirnya internet yang membuat media massa dapat diakses secara digital. Media massa sebagai sarana untuk berbagi informasi tentunya terus melakukan inovasi agar mampu bersaing di era dimana perkembangan teknologi ini sudah sangat maju, satu dari beberapa inovasi yang dilakukan media massa adalah dengan menggunakan bahasa yang mampu memikat dan membuat pembacanya penasaran terutama dari judul yang dituliskan pada berita tersebut. Disebutkan oleh (Chaer, 2014) bahwa salah satu hakikat bahasa yakni bahasa itu dinamis karena manusia dengan bahasa akan selalu memiliki hubungan satu sama lain. Dalam kehidupan bermasyarakat, aktivitas yang dilakukan manusia akan selalu menunjukkan perubahan, hingga hal tersebut membuat bahasa juga tidak bersistem tetap dan tidak statis. Dari penjelasan tersebut penelitian ini dilakukan bertujuan untuk melihat makna kata yang berubah muncul dalam judul berita media daring yang dalam hal ini data utamanya adalah Sindonews. Dengan menggunakan teori perubahan bahasa secara semantik kita bisa melihat bagaimana kata dalam berita itu muncul dan bagaimana pemaknaannya. Dalam melakukan penelitian, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan bentuk penjelasan yang deskriptif. Teknik yang digunakan untuk melengkapi metode tersebut menggunakan metode padan referensial. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa pada setiap judul berita yang muncul yang diwakili oleh beberapa bentuk perubahan kata seperti munculnya generalisasi, disfemia, eufimisme dan juga perubahan total.

References

Avitaningrum, L., & Savitri, A. D. (2022). Perubahan Makna Dalam Pemberitaan Covid-19 Surat Kabar Jawa Pos Edisi Februari 2021. Bapala, 9(5), 102–116.

Chaer, A. (2014). Linguistik Umum. Rineka Cipta.

Chaer, A. (2019). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Rineka Cipta. Djajasudarma,.

Ernawati, Y. (2021). Perubahan Makna Kata Bahasa Indonesia di Media Sosial. Silistik, 1(1), 29–39.

Gushevinalti, G., Suminar, P., & Sunaryanto, H. (2020). Transformasi Karakteristik Komunikasi Di Era Konvergensi Media. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(01), 083.

Hadi, A., Asrori, & Rusman. (2021). Penelitian Kualitatif (Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi). CV Pena Persada.

Masruroh, M. O., Angelita, T., & Ginanjar, B. (2023). Pergeseran Makna Kata Cabut dan Ambyar dalam Bahasa Indonesia. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 24(1), 27–39.

Maulida, U. (2022). Pergeseran Makna Kata pada Komunikasi Generasi Alpha sebagai Kontestasi Identitas. Kode : Jurnal Bahasa, 11(1), 38–49.

Pebrianto, M., Daniarsa, H. L., Hielyand, L. L. T., & Larassati, A. (2019). Perubahan Makna Kata Cebong Menjelang Pemilu 2019. LITE: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 15(2), 249–264.

Raco, J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Sanata Dharma University Press.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta Bandung.

Suhardi. (2013). Pengantar Linguistik Umum. Ar-Ruzz Media.

Ullman, S. (2014). Pengantar Semantik (Sumarsono (trans.)). Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2024-06-30