Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri Batuceper 1 Kota Tangerang

Authors

  • Dela Okatavia Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Sumiyani Sumiyani Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Dilla Fadhillah Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sasindo.v12i1.19-27

Keywords:

Kesulitan Membaca, Membaca Permulaan, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kesulitan membaca permulaan pada siswa, faktor eksternal penyebab kesulitan membaca permulaan dan cara guru untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas I di Sekolah Dasar Negeri Batuceper 1 Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan pengumpulan datanya dilakukan dengan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada 10 siswa yang masih kesulitan dalam membaca permulaan diantaranya masih kesulitan dalam melafalkan huruf-huruf konsonan, belum lancar baca kata dan kalimat sederhana yang terdapat huruf kh, ng, ny, dan sy, menghilangkan huruf saat membaca, tidak menggunakan intonasi yang benar dan tidak diperhatikan tanda bacanya saat membaca. Faktor eksternal penyebab siswa kesulitan dalam membaca permulaan dikarenakan faktor lingkungan sekolah, lingkungan rumah, motivasi dari guru kelas dan orang tua. Cara guru mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa itu menggunakan buku khusus membaca permulaan, menggunakan metode abjad dan metode menulis di udara.

References

DAFTAR PUSTAKA

Anggraeni, S. W, & Alpian, Y. 2020. Membaca Permulaan Teams Games Tournament (TGT). Jawa Timur: Qiara Media.

Elvera & Astarina, Y. 2021. Metodologi Penelitian. diedit oleh E. S. Mulyanta. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Fadhillah, D, Hamsanah, H. S & Latifah, N. 2019. Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Tinggi. diedit oleh A. C. Yogyakarta: Samudra Biru.

Fatmasari, R. K, & Fitriyah, H. 2018. Keterampilan Membaca. diedit oleh Sakrim. Bangkalan: STKIP PGRI Bangkalan.

Salim & Haidir. 2019. Penelitian Pendidikan Metode, Pendekatan dan Jenis. diedit oleh I. S. Azhar. Jakarta: Kencana Divisi Prenadamedia Group.

Hanifah, U. 2023. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Kartu Kata. diedit oleh M. Khujer. Yogyakarta: Pustaka Egaliter.

Herawati, N. I. 2022. Solusi Kesulitan Membaca. Cetakan 1. diedit oleh M. Aas. Bandung: Widina Media Utama.

Hoo, T. V, Wau, M. P & Noge, M. D. 2023. “Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar di SDK Rowa Kecamatan Boawae Kabupaten Nagekeo.” Jurnal Citra Pendidikan 3:715–22.

Marlina. 2019. Asesmen Kesulitan Belajar. Cetakan 1. Jakarta Timur: Prenadamedia Group.

Muammar. 2020. Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Cetakan 1. diedit oleh Hilmiati. Mataram: Sanabil.

Oktaviani, S. 2023. “Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Membaca Permulaan di Kelas II Sekolah Dasar.” Universitas Jambi.

Pertiwi, M. W, Sutama, & Markhamah. 2023. “Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 08(September):414–28.

Prastowo, A. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. diedit oleh M. Sandra. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Rukajat, A. 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Sujarweni, V. Wiratna. 2023. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sukma, H. H & Puspita, L. A. 2023. Keterampilan Membaca dan Menulis (Teori dan Praktik). Edisi 1. Yogyakarta: K-Media.

Winarni, E. W. 2018. Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. diedit oleh retno A. Kusumaningtyas. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-06-30