Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri Batuceper 1 Kota Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.32493/sasindo.v12i1.19-27Keywords:
Kesulitan Membaca, Membaca Permulaan, Siswa Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kesulitan membaca permulaan pada siswa, faktor eksternal penyebab kesulitan membaca permulaan dan cara guru untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas I di Sekolah Dasar Negeri Batuceper 1 Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan pengumpulan datanya dilakukan dengan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada 10 siswa yang masih kesulitan dalam membaca permulaan diantaranya masih kesulitan dalam melafalkan huruf-huruf konsonan, belum lancar baca kata dan kalimat sederhana yang terdapat huruf kh, ng, ny, dan sy, menghilangkan huruf saat membaca, tidak menggunakan intonasi yang benar dan tidak diperhatikan tanda bacanya saat membaca. Faktor eksternal penyebab siswa kesulitan dalam membaca permulaan dikarenakan faktor lingkungan sekolah, lingkungan rumah, motivasi dari guru kelas dan orang tua. Cara guru mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa itu menggunakan buku khusus membaca permulaan, menggunakan metode abjad dan metode menulis di udara.
References
DAFTAR PUSTAKA
Anggraeni, S. W, & Alpian, Y. 2020. Membaca Permulaan Teams Games Tournament (TGT). Jawa Timur: Qiara Media.
Elvera & Astarina, Y. 2021. Metodologi Penelitian. diedit oleh E. S. Mulyanta. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Fadhillah, D, Hamsanah, H. S & Latifah, N. 2019. Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Tinggi. diedit oleh A. C. Yogyakarta: Samudra Biru.
Fatmasari, R. K, & Fitriyah, H. 2018. Keterampilan Membaca. diedit oleh Sakrim. Bangkalan: STKIP PGRI Bangkalan.
Salim & Haidir. 2019. Penelitian Pendidikan Metode, Pendekatan dan Jenis. diedit oleh I. S. Azhar. Jakarta: Kencana Divisi Prenadamedia Group.
Hanifah, U. 2023. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Kartu Kata. diedit oleh M. Khujer. Yogyakarta: Pustaka Egaliter.
Herawati, N. I. 2022. Solusi Kesulitan Membaca. Cetakan 1. diedit oleh M. Aas. Bandung: Widina Media Utama.
Hoo, T. V, Wau, M. P & Noge, M. D. 2023. “Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar di SDK Rowa Kecamatan Boawae Kabupaten Nagekeo.” Jurnal Citra Pendidikan 3:715–22.
Marlina. 2019. Asesmen Kesulitan Belajar. Cetakan 1. Jakarta Timur: Prenadamedia Group.
Muammar. 2020. Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Cetakan 1. diedit oleh Hilmiati. Mataram: Sanabil.
Oktaviani, S. 2023. “Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Membaca Permulaan di Kelas II Sekolah Dasar.” Universitas Jambi.
Pertiwi, M. W, Sutama, & Markhamah. 2023. “Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 08(September):414–28.
Prastowo, A. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. diedit oleh M. Sandra. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Rukajat, A. 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.
Sujarweni, V. Wiratna. 2023. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sukma, H. H & Puspita, L. A. 2023. Keterampilan Membaca dan Menulis (Teori dan Praktik). Edisi 1. Yogyakarta: K-Media.
Winarni, E. W. 2018. Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. diedit oleh retno A. Kusumaningtyas. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.