Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 SDS Nur Mubarok
DOI:
https://doi.org/10.32493/sasindo.v12i1.73-82Keywords:
Membaca Permulaan, Kesulitan Membaca, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan membaca permulaan siswa kelas satu SDS Nur Mubarok, serta mengetahui faktor yang menjadi penghambat siswa dalam kesulitan membaca, serta mengetahui solusi apa yang guru gunakan untuk mengatasi siswa kesulitan membaca permulaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif serta mengumpulkan data perlengkapan melalui observasi, wawancara, tes membaca, dan dokumentasi hanya sebagai pelengkap. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDS Nur Mubarok. Data tersebut dikategorikan berdasarkan kesulitan yang alami oleh siswa kelas 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 6 siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan kelas 1 di SDS Nur Mubarok hal ini berupa siswa belum lancar dalam membaca huruf vokal dan kalimat sederhana tanpa pengulangan kata, selanjutnya kesalahan pelafalan kata/simbol bunyi berupa melafalkan huruf konsonan, huruf gabungan konsonan seperti huruf “ny”, “kh”, dan “sy”. Selain kesulitan melafalkan kata/simbol bunyi siswa tesebut sulit membedakan huruf yang betuknya hampir sama seperti huruf “b” dan “d”, “p” dan “q”. kesulitan lainnya yaitu siswa mengalami kesulitan dalam membaca kalimat sederhana dan suku kata dengan pemenggalan kata yang tepat dan tidak dapat memperhatikan tanda baca. Adapun faktor penghambat siswa yaitu faktor fisiologis, faktor intelektual, faktor lingkungan dan faktor psikologis. Maka hal ini guru memiliki solusinya yaitu dalam mengatasi kesulitan membaca ini dengan cara guru akan memberikan jam tambahan, menciptakan suasana belajar yang menarik seperti huruf dijadika nyanyian.
References
Aprilia, U. I., Fathurohman, & Purbasari. (2021). Analisis Kewsulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 227–233.
Arwita Putri, Riris Nurkholidah Rambe, Intan Nuraini, Lilis Lilis, Pinta Rojulani Lubis, & Rahmi Wirdayani. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Di Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(2), 51–62.
Cindrakasih, F., & Paujiah, E. (2021). Analisis Kesulitan Anak Kelas Tiga Sekolah Dasar dalam Membaca Permulaan. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(80), 10–16.
Fauziah, N. (2022). Analisis Hubungan keterampilan membaca Permulaan dengan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, Vol 6 No 2, 1541–1550.
Gusnayetti, G. (2021). Dampak Penggunaan Bahasa Gaul Di Kalangan Remaja Terhadap Bahasa Indonesia. Ensiklopedia Sosial Review, 3(3), 275–281.
Jasmari. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Metode Inkuiri siswa kelas IV A Sekolah Dasar Negeri Inpres Ardipura II Jayapura. Cakrawala Ilmu : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 53–68.
Lestari, N. D. D., Ibrahim, M., Amin, S. M., & Kasiyun, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2611–2616.
Masroah, E., Wahyudi, & Rokhmaniyah. (2022). Analisis Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I (Studi Kasus Di SDN Argopeni Tahun Ajaran 2019/2020). Kalam Cendekia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(3).
Muammar. (2020). Membaca Pernulaan di Sekolah Dasar (Hilmiati (ed.); 1st ed.). Sanabil.
Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 462–1470.
Rahma, M., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 397–410.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (S. Y. Suryandari (ed.); 3rd ed.). CV.Albeta.
Udhiyanasari, K. Y. (2019). UPAYA PENANGANAN KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK BERKESULITAN MEMBACA KELAS II DI SDN MANAHAN SURAKARTA. Garuda, vol.3 No.
Wardani, I. K., Lestari, S., & Budiarti, M. (2020). Analisis kesulitan membaca permulaan siswa kelas rendah. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 286–289.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.