Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 SDS Nur Mubarok

Authors

  • Najwan Dennisa Yasmin Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Dilla Fadhillah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Najib Hasan Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sasindo.v12i1.73-82

Keywords:

Membaca Permulaan, Kesulitan Membaca, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan membaca permulaan siswa kelas satu SDS Nur Mubarok, serta mengetahui faktor yang menjadi penghambat siswa dalam kesulitan membaca, serta mengetahui solusi apa yang guru gunakan untuk mengatasi siswa kesulitan membaca permulaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif serta mengumpulkan data perlengkapan melalui observasi, wawancara, tes membaca, dan dokumentasi hanya sebagai pelengkap. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDS Nur Mubarok. Data tersebut dikategorikan berdasarkan kesulitan yang alami oleh siswa kelas 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 6 siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan kelas 1 di SDS Nur Mubarok hal ini berupa siswa belum lancar dalam membaca huruf vokal dan kalimat sederhana tanpa pengulangan kata, selanjutnya kesalahan pelafalan kata/simbol bunyi berupa melafalkan huruf konsonan, huruf gabungan konsonan seperti huruf “ny”, “kh”, dan “sy”. Selain kesulitan melafalkan kata/simbol bunyi siswa tesebut sulit membedakan huruf yang betuknya hampir sama seperti huruf “b” dan “d”, “p” dan “q”. kesulitan lainnya yaitu siswa mengalami kesulitan dalam membaca kalimat sederhana dan suku kata dengan pemenggalan kata yang tepat dan tidak dapat memperhatikan tanda baca. Adapun faktor penghambat siswa yaitu faktor fisiologis, faktor intelektual, faktor lingkungan dan faktor psikologis. Maka hal ini guru memiliki solusinya yaitu dalam mengatasi kesulitan membaca ini dengan cara guru akan memberikan jam tambahan, menciptakan suasana belajar yang menarik seperti huruf dijadika nyanyian.

References

Aprilia, U. I., Fathurohman, & Purbasari. (2021). Analisis Kewsulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 227–233.

Arwita Putri, Riris Nurkholidah Rambe, Intan Nuraini, Lilis Lilis, Pinta Rojulani Lubis, & Rahmi Wirdayani. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Di Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(2), 51–62.

Cindrakasih, F., & Paujiah, E. (2021). Analisis Kesulitan Anak Kelas Tiga Sekolah Dasar dalam Membaca Permulaan. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(80), 10–16.

Fauziah, N. (2022). Analisis Hubungan keterampilan membaca Permulaan dengan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, Vol 6 No 2, 1541–1550.

Gusnayetti, G. (2021). Dampak Penggunaan Bahasa Gaul Di Kalangan Remaja Terhadap Bahasa Indonesia. Ensiklopedia Sosial Review, 3(3), 275–281.

Jasmari. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Metode Inkuiri siswa kelas IV A Sekolah Dasar Negeri Inpres Ardipura II Jayapura. Cakrawala Ilmu : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 53–68.

Lestari, N. D. D., Ibrahim, M., Amin, S. M., & Kasiyun, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2611–2616.

Masroah, E., Wahyudi, & Rokhmaniyah. (2022). Analisis Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I (Studi Kasus Di SDN Argopeni Tahun Ajaran 2019/2020). Kalam Cendekia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(3).

Muammar. (2020). Membaca Pernulaan di Sekolah Dasar (Hilmiati (ed.); 1st ed.). Sanabil.

Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 462–1470.

Rahma, M., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 397–410.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (S. Y. Suryandari (ed.); 3rd ed.). CV.Albeta.

Udhiyanasari, K. Y. (2019). UPAYA PENANGANAN KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK BERKESULITAN MEMBACA KELAS II DI SDN MANAHAN SURAKARTA. Garuda, vol.3 No.

Wardani, I. K., Lestari, S., & Budiarti, M. (2020). Analisis kesulitan membaca permulaan siswa kelas rendah. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 286–289.

Downloads

Published

2024-06-30