Perubahan dan Pelesapan Fonem dalam Tuturan Anak Penderita Cadel

Authors

  • Dinda Khoirunnissa Universitas Pamulang
  • Ratna Juwitasari Emha Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sasindo.v12i1.62-72

Keywords:

Cadel, Perubahan Fonem, Pelesapan Fonem

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk mendeskripsikan perubahan dan pelesapan fonem yang ditunjukkan oleh tuturan anak penderita cadel dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik Simak Libat Cakap (SLC). Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu primer dan sekunder. Sumber data primer berasal dari tuturan subjek penelitian yaitu seorang anak penderita cadel berusia 6 tahun dan sumber data sekunder berasal dari nenek subjek penelitian. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori psikolinguistik dengan studi kasus gangguan berbahasa cadel.  Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fonologi dengan melihat perubahan fonem dan pelesapan fonem. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa dala tuturan subjek penelitian terdapat sebanyak 55% perubahan fonem yaitu pada fonem /r/ menjadi /l/, fonem /s/ menjadi /t/, fonem /z/ menjadi /j/, fonem /f/ menjadi /p/, fonem /s/ menjadi /c/, dan fonem /ŋ/ menjadi /n/ dengan distribusi kemunculan perubahan fonem yang beragam, baik di awal, tengah maupun akhir kata dalam tuturan. Selanjutnya terdapat sebanyak 38% pelesapan fonem di antaranya, fonem d/, /k/, /t/, /s/, /h/, /c/, /ə/, /l/, /b/ juga dengan kondisi yang bervariasi, baik lesap di awal, tengah maupun akhir kata dalam tuturan. Selain itu ada pula sebanyak 7% fenomena kombinasi perubahan dan pelesapan fonem dalam satu kata pada tuturan subjek penelitian.

References

Chaer, A. (2003). Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A. (2013). Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A. (2014). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Djarwowidjojo, S. (2018). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Garner, B. A. (2009). Language and Writing. Chicago: American Bar Association.

Harani, I. N. S., & Teguh, I. W. (2022). “Perubahan Bunyi Bahasa Indonesia dalam Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia 3-4 Tahun di Desa Jagaraga, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Lombok Barat: Kajian Psikolinguistik.” Stilistika Journal of Indonesian Language and Literature 01 (02): 99–116.

Indriyanti. (2017). “Pelesapan dan Perubahan Fonem dalam Menyanyikan Lagu Anak-Anak Usia 5 Tahun di TK Umnida Makassar.” Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Johan, Mhd., & Suri, S.R. (2019). Gangguan Wicara pada Anak di Bawah Tiga Tahun: Suatu Kajian Neurolinguistik. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 5 (1): 25-35.

Kridalaksana, H. (2007). Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mahsun. (2017). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Depok: Rajawali Press.

Mulyadi, N. F. (2018). “Pelesapan dan Perubahan Fonem pada Bahasa Anak-Anak Usia 2-5 Tahun di Kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali Mandar.” Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Nursalim, M. P., & Nurhuda, Z. (2018). “Phonology For Children Language Until The Age Of 24 Months.” KOLITA 16: Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Keenam Belas Tingkat Internasional, April, 322–24.

Samsuri. (1985). Tata Kalimat Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Sastra Hudaya.

Sarkim. (2020). “Distribusi, Pelesapan, dan Perubahan Fonem [R] Dalam Komunikasi Anak Usia 3 Tahun.” Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 13 (2): 234–42.

Sejati, S. F. N. T. (2012). “Pelesapan Dan Perubahan Fonem dalam Menyanyikan Lagu Anak-Anak Pada Anak Usia 5 Tahun di Taman Kanak-kanak Pertiwi Duyungan III Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen.” Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Simanjuntak, M. (1990). Psikolinguistik Perkembangan Teori-Teori Perolehan Fonologi. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Sundoro, B. T., Oktaria, D., & Dewi, R. (2020). Pola tutur penderita cadel dan penyebabnya: kajian Psikolinguistik. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra 3 (2): 338-349.

Triadi, R. B., & Emha, R. J. (2021). Fonologi Bahasa Indonesia. Tangerang Selatan: Unpam Press.

Downloads

Published

2024-06-30