Implemtentasi Metode Cerita Talking Stick dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas 3 SDN Pinang 6

Authors

  • Diah Kurniawati Fadilah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Dilla Fadhillah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Ahmad Amarullah Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sasindo.v12i1.83-90

Keywords:

Metode Cerita, Metode Talking Stick, Metode Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran metode cerita talking stick dan mendeskripsikan faktor pendukung, faktor penghambat serta upaya guru dalam mengatasi faktor penghambat dalam mengimplementasikan metode cerita talking stick dalan pembelajaran bahasa indonesia pada siswa kelas 3 SDN Pinang 6. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perkembangan siswa dalam menerapkan pembelajaran menggunakan metode cerita talking stic dari 31 siswa terdapat 24 siswa yang sudah sangat mampu percaya diri dalam menjawab atau berbicara sesuai dengan materi dan waktu yang diberikan, terdapat 23 siswa yang sudah sangat aktif dalam mengikuti proses pembelajaran serta dengan percaya diri serta sangat aktif dalam merespons pertanyaan yang diberikan dengan pengucapan yang jelas dan kalimat panjang, terdapat 22 siswa bahwa siswa sudah sangat tertib dalam mengikuti proses pembelajaran dan dalam menjawab tidak saling mendahulukan dengan menunggu giliran, terdapat 23 siswa bahwa siswa sudah sangat memiliki sikap empati terhadap teman dengan mendengarkan teman yang sedang berbicara dan menghargai ketika terjadi perbedaan pendapat teman teman,  terdapat 12 siswa bahwa siswa sudah dapat melakukan kerjasama bersama teman dengan berdiskusi menemukan jawaban dan bertukar ide untuk lebih menguasai materi.

References

Anisa. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Aktivitas Bertanya Siswa Kelas VIII SMPN 2 Donggo Tahun Pelajaran 2021/2022. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 11.

Fathurrohman. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pkn. Jurnal Basicedu, 5(4), 1849. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1059

Hilma, H., Asikin, I., & Rachmah, H. (2023). Implementasi Metode Cerita Islami dalam Menanamkan Moral Keagamaan Siswa. Bandung Conference Series: Islamic Education, 3(1), 123–131. https://doi.org/10.29313/bcsied.v3i1.6239

Kurniasih, I., & Sani, B. (2017). KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TALKING STICK.pdf (A. Jay (ed.); Kelima). Kata Pena.

Lenhart, D. (2020). Sudi Pelaksanaan Metode Bercerita Pada Anak Kelompok A. Jurnal Kumara Cendekia, 10(1), 34.

Majid. (2005). Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Melalui Metode Bercerita. … : Jurnal Pendidikan Islam …, 54–55. http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/403

Murtiningsih, M. (2017). Penerapan model pembelajaran talking stick pada mata pelajaran IPS di sekolah dasar. Universitas Negeri Malang, 101–102. http://pgsd.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/01/12.pdf

Purwanti. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Iv Sd. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 58. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20805

Rofi’ah, N., & Makruf Ahmad. (2020). IMPLEMENTASI METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Mu’allim, 2(1), 39. https://doi.org/10.35891/muallim.v2i1.2271

Saing, A. S., Printina, B. I., & Sumini, T. (2021). Pembelajaran Sejarah Indonesia Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick. Historia Vitae, 01(01), 80–87.

Sugiyono. (2020). METODE PENELITIAN KUALITATIF (1).pdf (S. S. Yustiyani (ed.); 3rd ed.). ALFABETA CV.

Sutikno, M. S. (2019). BUKU METODE & model-Model Pembelajaran.pdf (P. Hadisaputra (ed.)). Holistica Lombok.

Zulfahmi, & Sari, A. (2018). PENERAPAN METODE CERITA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 12 LUBUK ALUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN. VIII(01), 76–87.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Fadilah, D. K., Fadhillah, D., & Amarullah, A. (2024). Implemtentasi Metode Cerita Talking Stick dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas 3 SDN Pinang 6. Jurnal Sasindo UNPAM, 12(1), 83–90. https://doi.org/10.32493/sasindo.v12i1.83-90