Implemtentasi Metode Cerita Talking Stick dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas 3 SDN Pinang 6
DOI:
https://doi.org/10.32493/sasindo.v12i1.83-90Keywords:
Metode Cerita, Metode Talking Stick, Metode PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran metode cerita talking stick dan mendeskripsikan faktor pendukung, faktor penghambat serta upaya guru dalam mengatasi faktor penghambat dalam mengimplementasikan metode cerita talking stick dalan pembelajaran bahasa indonesia pada siswa kelas 3 SDN Pinang 6. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perkembangan siswa dalam menerapkan pembelajaran menggunakan metode cerita talking stic dari 31 siswa terdapat 24 siswa yang sudah sangat mampu percaya diri dalam menjawab atau berbicara sesuai dengan materi dan waktu yang diberikan, terdapat 23 siswa yang sudah sangat aktif dalam mengikuti proses pembelajaran serta dengan percaya diri serta sangat aktif dalam merespons pertanyaan yang diberikan dengan pengucapan yang jelas dan kalimat panjang, terdapat 22 siswa bahwa siswa sudah sangat tertib dalam mengikuti proses pembelajaran dan dalam menjawab tidak saling mendahulukan dengan menunggu giliran, terdapat 23 siswa bahwa siswa sudah sangat memiliki sikap empati terhadap teman dengan mendengarkan teman yang sedang berbicara dan menghargai ketika terjadi perbedaan pendapat teman teman, terdapat 12 siswa bahwa siswa sudah dapat melakukan kerjasama bersama teman dengan berdiskusi menemukan jawaban dan bertukar ide untuk lebih menguasai materi.
References
Anisa. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Aktivitas Bertanya Siswa Kelas VIII SMPN 2 Donggo Tahun Pelajaran 2021/2022. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 11.
Fathurrohman. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pkn. Jurnal Basicedu, 5(4), 1849. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1059
Hilma, H., Asikin, I., & Rachmah, H. (2023). Implementasi Metode Cerita Islami dalam Menanamkan Moral Keagamaan Siswa. Bandung Conference Series: Islamic Education, 3(1), 123–131. https://doi.org/10.29313/bcsied.v3i1.6239
Kurniasih, I., & Sani, B. (2017). KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TALKING STICK.pdf (A. Jay (ed.); Kelima). Kata Pena.
Lenhart, D. (2020). Sudi Pelaksanaan Metode Bercerita Pada Anak Kelompok A. Jurnal Kumara Cendekia, 10(1), 34.
Majid. (2005). Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Melalui Metode Bercerita. … : Jurnal Pendidikan Islam …, 54–55. http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/403
Murtiningsih, M. (2017). Penerapan model pembelajaran talking stick pada mata pelajaran IPS di sekolah dasar. Universitas Negeri Malang, 101–102. http://pgsd.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/01/12.pdf
Purwanti. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Iv Sd. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 58. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20805
Rofi’ah, N., & Makruf Ahmad. (2020). IMPLEMENTASI METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Mu’allim, 2(1), 39. https://doi.org/10.35891/muallim.v2i1.2271
Saing, A. S., Printina, B. I., & Sumini, T. (2021). Pembelajaran Sejarah Indonesia Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick. Historia Vitae, 01(01), 80–87.
Sugiyono. (2020). METODE PENELITIAN KUALITATIF (1).pdf (S. S. Yustiyani (ed.); 3rd ed.). ALFABETA CV.
Sutikno, M. S. (2019). BUKU METODE & model-Model Pembelajaran.pdf (P. Hadisaputra (ed.)). Holistica Lombok.
Zulfahmi, & Sari, A. (2018). PENERAPAN METODE CERITA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 12 LUBUK ALUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN. VIII(01), 76–87.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.