ANALISIS SEMIOTIKA STRUKTURAL PADA IKLAN TOP COFFEE
DOI:
https://doi.org/10.32493/sasindo.v1i1.%25pKeywords:
Semiotika, Iklan, Ikon, Indeks, dan Simbol.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis semiotika struktural pada iklan Top Coffee dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis isi dengan pisau analisis semiotika dari Charles Sanders Pierce dan Ferdinand de Saussure. Data diperoleh dari iklan Top Coffee. Berdasarkan teori semiotika dari Pierce, hasil penelitian menunjukkan bahwa ikon dari iklan ini adalah Iwan Fals sebagai salah seorang legendaris musik di Indonesia, indeks dari iklan ini adalah 3 bungkus Top Coffee, tanda tangan Iwan Fals, dan tanda seru (!), simbol yang terdapat pada iklan adalah Wingsfood and MUI. Berdasarkan teori dari Saussure dapat dilihat bahwa tampilan visual dari iklan ini sangat elegan dan sesuai dengan budaya orang Indonesia dalam minum kopi.
References
Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta : Rineka Cipta.
Danesi, Marcel. 2010. Pesan, Tanda, dan Makna: Buku Teks Dasar Mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra.
Eco, Umberto. 1973. A theory of Semiotic. Bloomingtoon and Indianapolis :Indiana University press.
Halliday, M.A.K. & Hasan, Ruqaiya. 1992. Bahasa, Konteks, dan Teks: Aspek-aspek bahasa dalam pandangan semiotik sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Hoed, Beny H. 2011. Semiotika dan Dinamika Sosial Budaya. Jakarta : Komunitas Bambu
Husen, Ida Sundari & Hidayat, Rahayu (ed.). 2001. Meretas Ranah: Bahasa, semiotika dan budaya. Jogjakarta: Yayasan Bentang Budaya.
Istanto, Freddy H. 2005. Rajutan Semiotika Untuk Sebuah Iklan Studi Kasus Iklan Long Beach.Jurnal. Fakultas Seni dan Desain. Universitas Kristen Petra
Istanto, Freddy H. Rajutan Semiotika Untuk Sebuah Iklan Studi Kasus Iklan. 2005.
Kris Budiman, 2004. Semiotika Visual, Yogyakarta: Penerbit Buku Baik.
Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi Edisi 3. Jakarta: Erlangga.
Kurniawan. 2001. Semiologi Rolland Barthes. Magelang : Indonesia Tera.
Littlejohn, Stephen W. & Foss, Karen A. 2011. Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.
Messaris, Paul.1997. Visual Persuasion: The Role of Images in Advertising. London: Sage Publications.
Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Munaf, Yarni, dkk. 2001. Kajian Semiotik dan Mitologis Terhadap TatoMasyarakat Tradisional Kepulauan Mentawai. Jakarta : Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Pari, Fariz. 1994. Epistemologi Semiotik Pierce (Kajian dan Terapan TeoriSemiotik). Tesis. Fakultas Pasca Sarjana. Prodi Ilmu Filsafat. UI
Patton, M.Q. 1990. Qualitative Education and Research Methods. (2nd ed). Newbury Park, CA: Sage.
Piliang, Yasraf Amir. Cetakan ke-10 : 2010. Hiper Semiotika : Tafsir CulturalStudies Atas Matinya Makna.Yogyakarta :Jalasutra
Saussure, Ferdinand de. 1993. Pengantar Linguistik Umum, terjemahan dari buku“Cours de Linguistic Generaleâ€. Yogyakarta :Gajahmada UniversityPress
Sobur, Alex. 2004. Semiotika Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sudjiman, Panuti dan Aart van Zoest. 1992. Serba-serbi Semiotika. Jakarta :PT Gramedia Pustaka Utama
Sudjiman, Panuti dan Aart van Zoest. Serba-Serbi Semiotika. Jakarta :PT Gramedia Pustaka Utama. 1992.
Sumbo Tinarbuko, 2008. Semiotika Komunikasi Visual, Yogyakarta: Jalasutra.
Sunardi, Sutan. 2002. Semiotika negativa. Yogyakarta : Kanal
Triandjojo, Indriani. 2008. Semiotika Iklan Mobil di Media Cetak Indonesia. Tesis. Program Pascasarjana. Magister Linguistik. Semarang: Universitas Diponegoro
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.