ANALISIS SEMIOTIKA STRUKTURAL PADA IKLAN TOP COFFEE

Authors

  • Tri Puji ati Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sasindo.v1i1.%25p

Keywords:

Semiotika, Iklan, Ikon, Indeks, dan Simbol.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis semiotika struktural pada iklan Top Coffee dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis isi dengan pisau analisis semiotika dari Charles Sanders Pierce dan Ferdinand de Saussure. Data diperoleh dari iklan Top Coffee. Berdasarkan teori semiotika dari Pierce, hasil penelitian menunjukkan bahwa ikon dari iklan ini adalah Iwan Fals sebagai salah seorang legendaris musik di Indonesia, indeks dari iklan ini adalah 3 bungkus Top Coffee, tanda tangan Iwan Fals, dan tanda seru (!), simbol yang terdapat pada iklan adalah Wingsfood and MUI. Berdasarkan teori dari Saussure dapat dilihat bahwa tampilan visual dari iklan ini sangat elegan dan sesuai dengan budaya orang Indonesia dalam minum kopi.

 

References

Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta : Rineka Cipta.

Danesi, Marcel. 2010. Pesan, Tanda, dan Makna: Buku Teks Dasar Mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra.

Eco, Umberto. 1973. A theory of Semiotic. Bloomingtoon and Indianapolis :Indiana University press.

Halliday, M.A.K. & Hasan, Ruqaiya. 1992. Bahasa, Konteks, dan Teks: Aspek-aspek bahasa dalam pandangan semiotik sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hoed, Beny H. 2011. Semiotika dan Dinamika Sosial Budaya. Jakarta : Komunitas Bambu

Husen, Ida Sundari & Hidayat, Rahayu (ed.). 2001. Meretas Ranah: Bahasa, semiotika dan budaya. Jogjakarta: Yayasan Bentang Budaya.

Istanto, Freddy H. 2005. Rajutan Semiotika Untuk Sebuah Iklan Studi Kasus Iklan Long Beach.Jurnal. Fakultas Seni dan Desain. Universitas Kristen Petra

Istanto, Freddy H. Rajutan Semiotika Untuk Sebuah Iklan Studi Kasus Iklan. 2005.

Kris Budiman, 2004. Semiotika Visual, Yogyakarta: Penerbit Buku Baik.

Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi Edisi 3. Jakarta: Erlangga.

Kurniawan. 2001. Semiologi Rolland Barthes. Magelang : Indonesia Tera.

Littlejohn, Stephen W. & Foss, Karen A. 2011. Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Messaris, Paul.1997. Visual Persuasion: The Role of Images in Advertising. London: Sage Publications.

Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munaf, Yarni, dkk. 2001. Kajian Semiotik dan Mitologis Terhadap TatoMasyarakat Tradisional Kepulauan Mentawai. Jakarta : Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Pari, Fariz. 1994. Epistemologi Semiotik Pierce (Kajian dan Terapan TeoriSemiotik). Tesis. Fakultas Pasca Sarjana. Prodi Ilmu Filsafat. UI

Patton, M.Q. 1990. Qualitative Education and Research Methods. (2nd ed). Newbury Park, CA: Sage.

Piliang, Yasraf Amir. Cetakan ke-10 : 2010. Hiper Semiotika : Tafsir CulturalStudies Atas Matinya Makna.Yogyakarta :Jalasutra

Saussure, Ferdinand de. 1993. Pengantar Linguistik Umum, terjemahan dari buku“Cours de Linguistic Generaleâ€. Yogyakarta :Gajahmada UniversityPress

Sobur, Alex. 2004. Semiotika Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjiman, Panuti dan Aart van Zoest. 1992. Serba-serbi Semiotika. Jakarta :PT Gramedia Pustaka Utama

Sudjiman, Panuti dan Aart van Zoest. Serba-Serbi Semiotika. Jakarta :PT Gramedia Pustaka Utama. 1992.

Sumbo Tinarbuko, 2008. Semiotika Komunikasi Visual, Yogyakarta: Jalasutra.

Sunardi, Sutan. 2002. Semiotika negativa. Yogyakarta : Kanal

Triandjojo, Indriani. 2008. Semiotika Iklan Mobil di Media Cetak Indonesia. Tesis. Program Pascasarjana. Magister Linguistik. Semarang: Universitas Diponegoro

Downloads

Published

2017-03-21

How to Cite

ati, T. P. (2017). ANALISIS SEMIOTIKA STRUKTURAL PADA IKLAN TOP COFFEE. Jurnal Sasindo UNPAM, 1(1). https://doi.org/10.32493/sasindo.v1i1.%p