Pengembangan Media Buku Elektronik dalam Pembelajaran Teks Berita Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.32493/sasindo.v12i2.32-38Keywords:
Teks Berita, Bahasa Indonesia, FlipbookAbstract
Penelitian ini didasari oleh permasalahan dalam menuliskan informasi yang bersifat umum. Tujuan penelitian ini agar siswa mampu menyusun informasi secara terstruktur. Langkah penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan implementasi model pengembangan ADDIE yang terdiri atas: 1) Analisis, 2) Desain, 3) Perkembangan, 4) Implementasi, dan 5) Evaluasi. Data pada penelitian ini didapat melalui pendekatan observasi, wawancara, angket ahli materi, ahli media, dan angket respons kepada siswa. Hasil kelayakan media pengembangan dapat diamati melalui penilaian angket ahli media dengan persentase kelayakan sebesar 99,2% dan penilaian angket ahli materi dengan persentase kelayakan sebesar 91,2%. Sedangkan penilaian angket respons siswa uji coba kelas kecil memperoleh persentase kelayakan sebesar 83% dan penilaian uji coba kelas besar memperoleh persentase kelayakan sebesar 84%. Berdasarkan hal tersebut, media buku elektronik dalam pembelajaran teks berita berbasis Flip PDF Professional telah dinyatakan sangat layak untuk digunakan pada pembelajaran kelas XI Bahasa Indonesia.
References
Cahyadi, Rahmat Arofah Hari, (2019) “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model”, HALAQA: ISLAMIC EDUCATION JOURNAL.
Elvera, dkk, (2021) “Metodologi Penelitian”, Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.
Magdalena, Ina, dkk, (2020) “Analisis Pengembangan Bahan Ajar”, Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, Vol. 2, No. 2, Juli 2020; 170-187.
Marizal, Yulia, dan Asri, Yasnur, (2022) “Pengembangan Modul Elektronik Berbantuan Aplikasi Flipping Book PDF Professional Pembelajaran Menulis Teks Berita”.
Rabiah, Sitti, (2015) “Penggunaan Metode Research and Development dalam penelitian Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi”, Makalah: Seminar Nasional Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) yang diselenggarakan oleh Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia.
Sugiyono dan Sulaiman, Eka Okta Putri, (2024) “Penerimaan Teknologi Pendidikan Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Studi Kasus Pada Aplikasi Ruang Guru”, Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), Vol. 7, No. 1, Tahun 2024 e-ISSN: 2614-1574 p-ISSN: 2621-3249.
Sugiyono, (2017) “Metode Penelitian (Kuantatif, Kualitatif, dan R&D)”, Bandung: ALFABETA.
Sumardi, Aida, dkk, (2020) “Pengaruh Media Buku Saku untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Kelas X MAN 4 Jakarta”, Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, E-ISSN: 2745-6080.
Zahra, Sopa, (2020) “Pengembangan E-Modul Berbasis Android Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Hasil Perkebunan di SMK PPN Lembang”, Universitas Pendidikan Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.