Model Pembelajaran Multiliterasi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Authors

  • Syahrul Ramadhan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
  • Siti Hajrul Jamilah Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
  • Nani Solihati Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.32493/sasindo.v12i2.39-46

Keywords:

Model Pembelajaran Multiliterasi, Motivasi Belajar, Model multiliterasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran multiliterasi dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa. Model multiliterasi dirancang agar siswa dapat mengakses informasi dari berbagai jenis teks dan media yang berbeda. Dalam penelitian ini, buku RPUL digunakan sebagai sumber utama yang dipadukan dengan presentasi menggunakan PowerPoint dan diikuti oleh sesi diskusi. Metode ini memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menarik bagi siswa, yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar mereka. Melalui kombinasi bahan bacaan, media presentasi, dan diskusi, siswa diajak untuk memahami materi Bahasa Indonesia secara lebih mendalam, kritis, dan komunikatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data terkait motivasi dan partisipasi siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran multiliterasi dapat meningkatkan minat dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Selain itu, penggunaan berbagai media dalam proses pembelajaran juga mendukung kemampuan siswa dalam menginterpretasikan dan menyampaikan informasi dengan lebih baik. Berdasarkan temuan ini, model multiliterasi dapat menjadi alternatif efektif dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa.

Author Biography

Syahrul Ramadhan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka

saya merupakan mahasiswa aktif Sastra Indonesia di Universitas Pamulang.

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.

Darmiyanti, A., & Taufik, M. (2021). Multitext learning: Efforts to improve literacy students in Indonesia. Indonesian Journal of Librarianship, 31–40.

Emzir, E. (2013). Metodologi penelitian pendidikan: kuantitatif dan kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers, 28.

Friantary, H., & Eliya, I. (2023). Multiliteracy Learning Model Through Synergy Between The Needs Of The Workplace And Learning Language Skills Courses. Retorika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 16(2).

Hamalik, O. (2003). Proses belajar mengajar.

Irhamna, I., & Astuti, N. (2021). Pembelajaran Multiliterasi Sebagai Wahana Peningkatan Karakter Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Aliterasi (Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra), 2(1), 8–14.

Ningrum, M. S., Irianto, A., & Satianingsih, R. (2020). Model Pembelajaran Multiliterasi terhadap Keterampilan Berbicara: Studi Eksperimen di Sekolah Dasar. Journal of Edukasi Borneo, 1(1), 35–40.

Qoyyimah, A. L. N., Rahmawati, L. E., & Markhamah, M. (2022). Implementation of the Multiliteracy Learning Model in Advertisement Text for MTs Students. International Conference of Learning on Advance Education (ICOLAE 2021), 1116–1121.

Rosidah, C. T. (2018). Pengaruh pembelajaran berbasis multiliterasi terhadap kemampuan berpikir kritis. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 38–43.

Santika, D., Ramli, N. A., Adrias, A., & Alwi, N. A. (2024). Implementasi Model PAIKEM terhadap Fokus Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(4), 242–250.

Saputro, A. N. (2023). Multiliterasi: Pilihan Terbaik dalam Pembelajaran Cerita Pendek. Journal on Education, 5(2), 4122–4129.

Sugiyono. (2013). Pengertian Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif. In METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D (19th ed., p. 9). Alfabeta.

Tita, A. D., & Septiana, H. (n.d.). EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN MULTILITERASI PADA KETERAMPILAN MENULIS CERITA FANTASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 40 SURABAYA.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Ramadhan, S., Jamilah, S. H., & Solihati, N. (2024). Model Pembelajaran Multiliterasi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Sasindo UNPAM, 12(2), 39–46. https://doi.org/10.32493/sasindo.v12i2.39-46