Model Pembelajaran Multiliterasi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.32493/sasindo.v12i2.39-46Keywords:
Model Pembelajaran Multiliterasi, Motivasi Belajar, Model multiliterasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran multiliterasi dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa. Model multiliterasi dirancang agar siswa dapat mengakses informasi dari berbagai jenis teks dan media yang berbeda. Dalam penelitian ini, buku RPUL digunakan sebagai sumber utama yang dipadukan dengan presentasi menggunakan PowerPoint dan diikuti oleh sesi diskusi. Metode ini memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menarik bagi siswa, yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar mereka. Melalui kombinasi bahan bacaan, media presentasi, dan diskusi, siswa diajak untuk memahami materi Bahasa Indonesia secara lebih mendalam, kritis, dan komunikatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data terkait motivasi dan partisipasi siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran multiliterasi dapat meningkatkan minat dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Selain itu, penggunaan berbagai media dalam proses pembelajaran juga mendukung kemampuan siswa dalam menginterpretasikan dan menyampaikan informasi dengan lebih baik. Berdasarkan temuan ini, model multiliterasi dapat menjadi alternatif efektif dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa.
References
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.
Darmiyanti, A., & Taufik, M. (2021). Multitext learning: Efforts to improve literacy students in Indonesia. Indonesian Journal of Librarianship, 31–40.
Emzir, E. (2013). Metodologi penelitian pendidikan: kuantitatif dan kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers, 28.
Friantary, H., & Eliya, I. (2023). Multiliteracy Learning Model Through Synergy Between The Needs Of The Workplace And Learning Language Skills Courses. Retorika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 16(2).
Hamalik, O. (2003). Proses belajar mengajar.
Irhamna, I., & Astuti, N. (2021). Pembelajaran Multiliterasi Sebagai Wahana Peningkatan Karakter Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Aliterasi (Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra), 2(1), 8–14.
Ningrum, M. S., Irianto, A., & Satianingsih, R. (2020). Model Pembelajaran Multiliterasi terhadap Keterampilan Berbicara: Studi Eksperimen di Sekolah Dasar. Journal of Edukasi Borneo, 1(1), 35–40.
Qoyyimah, A. L. N., Rahmawati, L. E., & Markhamah, M. (2022). Implementation of the Multiliteracy Learning Model in Advertisement Text for MTs Students. International Conference of Learning on Advance Education (ICOLAE 2021), 1116–1121.
Rosidah, C. T. (2018). Pengaruh pembelajaran berbasis multiliterasi terhadap kemampuan berpikir kritis. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 38–43.
Santika, D., Ramli, N. A., Adrias, A., & Alwi, N. A. (2024). Implementasi Model PAIKEM terhadap Fokus Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(4), 242–250.
Saputro, A. N. (2023). Multiliterasi: Pilihan Terbaik dalam Pembelajaran Cerita Pendek. Journal on Education, 5(2), 4122–4129.
Sugiyono. (2013). Pengertian Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif. In METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D (19th ed., p. 9). Alfabeta.
Tita, A. D., & Septiana, H. (n.d.). EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN MULTILITERASI PADA KETERAMPILAN MENULIS CERITA FANTASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 40 SURABAYA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.