Analisis Kesalahan Berbahasa Fonologi dalam Ujaran Anak Usia Dini TPA Pinang Masak Universitas Jambi
DOI:
https://doi.org/10.32493/sasindo.v13i1.68-72Keywords:
Analisis Kesalahan Berbahasa, Fonologi, Anak usia diniAbstract
Penelitin ini bertujuan untuk mengkaji aspek-aspek fonologis dalam tuturan anak-anak pada usia dini, sebagai upaya memahami bagaimana kemampuan berbahasa mereka berkembang sejak awal kehidupan. Penelitian ini berfokus pada pengamatan terhadap pola-pola fonologis yang lazim ditemukan, seperti penggantian bunyi, penghilangan fonem tertentu, serta asimilasi. Yang kemudian dianalisis berdasarkian tahapan perkembangan bahasa. Penelitian ini menggunakan pedekatan kualitatif dengan metode deskriptif, di mana data diperoleh melalui pengamatan secara langsung dan rekaman suara anak-anak berusia antara 4 hingga 5 tahun. Hasil penelitian menunjukkan adanya pola-pola kesalahan fonologis yang konsisten pada anak-anak, yang mencerminkan tahapan perkembangan yang umum terjadi. Temuan ini memberikan kontribusi dalam memahami pentingnya media pembelajaran dan intervensi dini untuk mendukung perkembangan fonologis anak usia dini. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya keteraturan dalam produksi fonologis anak-anak, yang mencerminkan proses perkembangan bahasa yang umum terjadi pada usia mereka. Disamping itu, riset ini juga mengidentifikasi sejumlah pola kesalahan fonologis, seperti hilangnya bunyi di akhir kata, penggantian satu bunyi dengan bunyi lain, serta penyederhanaan gugus konsonan yang semuanya merupakan bagian dari tahapan normal pemerolehan fonologi anak usia dini. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahea pemanfaatan media pembelajaran berbasis visual dan auditori seperti penggunaan gambar hewan yang disertai dengan pelafalan bunyi dapat secara efektif membantu anak dalam membedakan serta mengucapkan bunyi-bunyi bahasa dengan lebih akurat. Intervensi sejak usia dini, melalui kegiatan seperti permainan fonologis dan pendampingan langsung dari orang tua maupun pendidik, juga terbukti mampu menurunkan frekuensi kesalahan pelafalan,seperti hilangnya bunyi di akhir kata atau pergantian bunyi konsonan. Oleh karena itu, studi ini menekankan pentingnya pemilihan media yang sesuai serta keterlibatan aktif orang dewasa sejak awal untuk mendukung perkembangan fonologis anak secara maksimal.
References
Dariah, D., Sholihah, I. H., & Nugraha, V. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada anak usia 2-3 tahun dilihat dari tatanan fonologi. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(4), 455–474
Muslich, M. (2014). Fonologi bahasa indonesia: tinjauan deskriptif sistem bunyi bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta
Supriani, R., & Siregar, I. R. (2012). Penelitian analisis kesalahan berbahasa. Jakarta: Kencana
Yusuf, A.M (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Jakarta: kencana
Rahmawati, S.,& Bambang, S. E. M. (2024). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Menulis Teks Non Akademik pada mahasiswa BIPA di jambi. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 14(2). https://doi.org/10.22437/pena.v14i2.41594
Setyawati, Nanik. (2013). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka
Akhyaruddin, Harahap, E.P, Yusra, H. (2020). Bahan Ajar Fonologi. Jambi: Komunitas Gemulun Indonesia.
Markamah, A. S. (2010). Analisis kesalahan dan karaktristik bentuk pasif. Solo: Jagat Abjad.
Mustika, I. (2013). Mentradisikan kesantunan berbahasa: Upaya membentuk generasi bangsa yang berkarakter. Semantik, 2(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.














