Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Karya Tulis Ilmiah (Skripsi) Mahasiswa Kesehatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/sasindo.v13i1.87-93Keywords:
Tanda Baca, Karya Ilmiah, Kesalahan Penggunaan Tanda BacaAbstract
Penelitian berjudul “Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Karya Ilmiah (Skripsi) Mahasiswa Kesehatan” merupakan studi deskriptif kualitatif terhadap 30 skripsi mahasiswa kesehatan terbitan 2022–2024. Data dikumpulkan melalui teknik baca dan tulis. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi jenis, frekuensi, dan dampak kesalahan penggunaan tanda baca—khususnya tanda titik, koma, titik dua, seru, hubung, tanda pisah, —terhadap keterpahaman teks akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh skripsi mengandung kesalahan tanda baca. Kesalahan paling dominan terdapat pada penggunaan titik, koma, hubung, dan tanda pisah dengan berbagai kategorinya. Kesalahan paling krusial adalah ketidaktepatan membedakan fungsi tanda hubung dan tanda pisah. Temuan ini mengindikasikan bahwa mahasiswa non-bahasa belum sepenuhnya menguasai kaidah tanda baca, sehingga diperlukan intervensi pedagogis untuk meningkatkan akademiknya. Penelitian ini penting dianalisis karena mampu mengungkap pola kesalahan yang berkembang serta memperkaya pemahaman tanda baca dalam meningkatkan akurasi dan kredibilitas ilmiah. Selain itu, hasil penelitian ini dapat menjadi evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia agar lebih aplikatif dan kontekstual.
References
Dongoran, R. A., Sucahyo, E., Faizal, J., Aneti, F. (2024). Analisis Kesalahan Tanda Baca Pada Paragraf Deskriptif Siswa Kelas V Sd Negeri 20 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 4 (4), 434–442. https://doi.org/10.37081/jipdas.v4i4.1871
Fadli, F., Rohana, S. (2021). Analisis Penggunaan Tanda Baca dan Hurup Kapital dalam Karya Surat Siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education. 7 (2), 2656–5862.
Fitriani, A., Rahmawati, L. E. (2020). Analisis kesalahan penggunaan tanda baca dan huruf miring dalam teks berita online detiknews dan tribunnews. Jurnal Bahastra, 40 (1). https://doi.org/10.26555/bahastra.v40i1.14695
Harahap, N., Siallagan, L., Simanjutak, D. (2025). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Pada Tugas Makalah Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Universitas Negeri Medan (UNIMED). Jurnal Inovasi Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 2 (1), 86 –90.
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/index
Karomah, S., & Winata, N. T. (2022). Kesalahan Ejaan Huruf dan Tanda Baca pada Bahan Ajar Membaca Mahasiswa PBSI Universitas Wiralodra. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 9(2), 2527–8754 http://journal.unesa.ac.id/index.php/paramasastra
Murtafiah, S. N., & Maknun, L. (2024). Pengaruh Pemakaian Tanda Baca Terhadap Intonasi Dan Makna Kalimat Dalam Membaca Teks Bahasa Indonesia. Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(4), 1765–1771. https://doi.org/10.62567/micjo.v1i4.257
Novrila, Z & Ermawati. (2022). Analisis Penggunaan Tanda Baca pada proposal Penelitian Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau. Jurnal Sajak. 1 (1).
Qhadafi, R. (2018). Analisis Kesalahan Penulisan Ejaan yang Disempurnakan dalam Teks Negosiasi Siswa SMA Negeri 3 Palu. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3 (4).
Saragih, A., Br Sembiring, L., Marcella Mendrofa, S. (2024). Kajian Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Penulisan Akademik: Evaluasi Lima Makalah Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ipa Universitas Negeri Medan. Jurnal Kajian Ilmiah Interdisiplinier, 8 (10).
Sugiarto. (2023). Kitab EYD. Yogyakarta: Andi
Susanti, H. (2023). Penulisan Karya Ilmiah sebagai Salah Satu Tools Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Inovasi Edukasi, 06 (01).
Waridah. Ernawati. (2023). Pedoman Kata Baku dan Tidak Baku. Bandung: Ruang Kata.
Waruru, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tembusai, 7 (1).
Yulismayanti, & Harziko. (2021). Analisis Penggunaan Tanda Baca Pada Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Iqra Buru. Jurnal Uniqbu Journal of Social Sciences, 2 (3), 87–97
Yunita, A., Sugono, D. (2020). Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dan Kosakata dalam Penulisan Karangan Deskripsi. Jurnal Diskursus: Pendidikan Bahasa Indonesia. 3 (2), 121–129.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.














