Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Karya Tulis Ilmiah (Skripsi) Mahasiswa Kesehatan

Authors

  • Inggri Dwi Rahesi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang Selatan
  • Anggraini Kartidiawati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang Selatan
  • Dony Mahendra Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang Selatan
  • Yulia Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang Selatan

DOI:

https://doi.org/10.32493/sasindo.v13i1.87-93

Keywords:

Tanda Baca, Karya Ilmiah, Kesalahan Penggunaan Tanda Baca

Abstract

Penelitian berjudul “Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Karya Ilmiah (Skripsi) Mahasiswa Kesehatan” merupakan studi deskriptif kualitatif terhadap 30 skripsi mahasiswa kesehatan terbitan 2022–2024. Data dikumpulkan melalui teknik baca dan tulis. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi jenis, frekuensi, dan dampak kesalahan penggunaan tanda baca—khususnya tanda titik, koma, titik dua, seru, hubung, tanda pisah, —terhadap keterpahaman teks akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh skripsi mengandung kesalahan tanda baca. Kesalahan paling dominan terdapat pada penggunaan titik, koma, hubung, dan tanda pisah dengan berbagai kategorinya. Kesalahan paling krusial adalah ketidaktepatan membedakan fungsi tanda hubung dan tanda pisah. Temuan ini mengindikasikan bahwa mahasiswa non-bahasa belum sepenuhnya menguasai kaidah tanda baca, sehingga diperlukan intervensi pedagogis untuk meningkatkan akademiknya. Penelitian ini penting dianalisis karena mampu mengungkap pola kesalahan yang berkembang serta memperkaya pemahaman tanda baca dalam meningkatkan akurasi dan kredibilitas ilmiah. Selain itu, hasil penelitian ini dapat menjadi evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia agar lebih aplikatif dan kontekstual.

References

Dongoran, R. A., Sucahyo, E., Faizal, J., Aneti, F. (2024). Analisis Kesalahan Tanda Baca Pada Paragraf Deskriptif Siswa Kelas V Sd Negeri 20 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 4 (4), 434–442. https://doi.org/10.37081/jipdas.v4i4.1871

Fadli, F., Rohana, S. (2021). Analisis Penggunaan Tanda Baca dan Hurup Kapital dalam Karya Surat Siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education. 7 (2), 2656–5862.

Fitriani, A., Rahmawati, L. E. (2020). Analisis kesalahan penggunaan tanda baca dan huruf miring dalam teks berita online detiknews dan tribunnews. Jurnal Bahastra, 40 (1). https://doi.org/10.26555/bahastra.v40i1.14695

Harahap, N., Siallagan, L., Simanjutak, D. (2025). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Pada Tugas Makalah Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Universitas Negeri Medan (UNIMED). Jurnal Inovasi Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 2 (1), 86 –90.

http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/index

Karomah, S., & Winata, N. T. (2022). Kesalahan Ejaan Huruf dan Tanda Baca pada Bahan Ajar Membaca Mahasiswa PBSI Universitas Wiralodra. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 9(2), 2527–8754 http://journal.unesa.ac.id/index.php/paramasastra

Murtafiah, S. N., & Maknun, L. (2024). Pengaruh Pemakaian Tanda Baca Terhadap Intonasi Dan Makna Kalimat Dalam Membaca Teks Bahasa Indonesia. Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(4), 1765–1771. https://doi.org/10.62567/micjo.v1i4.257

Novrila, Z & Ermawati. (2022). Analisis Penggunaan Tanda Baca pada proposal Penelitian Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau. Jurnal Sajak. 1 (1).

Qhadafi, R. (2018). Analisis Kesalahan Penulisan Ejaan yang Disempurnakan dalam Teks Negosiasi Siswa SMA Negeri 3 Palu. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3 (4).

Saragih, A., Br Sembiring, L., Marcella Mendrofa, S. (2024). Kajian Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Penulisan Akademik: Evaluasi Lima Makalah Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ipa Universitas Negeri Medan. Jurnal Kajian Ilmiah Interdisiplinier, 8 (10).

Sugiarto. (2023). Kitab EYD. Yogyakarta: Andi

Susanti, H. (2023). Penulisan Karya Ilmiah sebagai Salah Satu Tools Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Inovasi Edukasi, 06 (01).

Waridah. Ernawati. (2023). Pedoman Kata Baku dan Tidak Baku. Bandung: Ruang Kata.

Waruru, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tembusai, 7 (1).

Yulismayanti, & Harziko. (2021). Analisis Penggunaan Tanda Baca Pada Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Iqra Buru. Jurnal Uniqbu Journal of Social Sciences, 2 (3), 87–97

Yunita, A., Sugono, D. (2020). Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dan Kosakata dalam Penulisan Karangan Deskripsi. Jurnal Diskursus: Pendidikan Bahasa Indonesia. 3 (2), 121–129.

Downloads

Published

13-07-2025

How to Cite

Rahesi, I. D., Kartidiawati, A., Mahendra, D., & Yulia, Y. (2025). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Karya Tulis Ilmiah (Skripsi) Mahasiswa Kesehatan. Jurnal Sasindo UNPAM, 13(1), 87–93. https://doi.org/10.32493/sasindo.v13i1.87-93