PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DALAM SUREL LAYANAN PELANGGAN PT BERRYBENKA

Authors

  • M. Wildan Universitas Pamulang
  • Apriliana Miranti Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sasindo.v8i1.69-81

Keywords:

Prinsip Kerja Sama, Surel, Maksim Kuantitas, Maksim Kualitas, Maksim Relevansi, dan Maksim Cara

Abstract

Era 4.0 dintandai dengan kemajuan teknologi komunikasi. Kegiatan manusia berpindah dari luring ke daring. Bahkan inilah era yang menyintas jarak batas jauh menjadi dekat atau nirjarak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelanggaran prinsip kerja sama pada surel PT Berrybenka. PT Berrybenka salah satu perusahaan retail yang memanfaatkan era kemajuan teknologi komunikasi guna melancarkan aktivitas bisnis daring. PT Berrybenka memanfaatkan surel untuk memberikan layanan kepada para konsumen. Melalui fakta bahasa ditemukan pelanggaran prinsip kerja sama. Untuk membedahnya, tulisan ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa surel PT Berrybenka dalam melayani para konsumen ditemukan pelanggaran prinsip kerja sama. Keempat prinsip kerja sama ini termanipestasikan ke dalam maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi, dan maksim cara.

References

Fauziah, Mulya Tiara, and Ninuk Lustyantie. 2018. “Pelanggaran Prinsip Kerja Sama Dalam Tuturan Diskusi Kelas Bahasa Indonesia Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia†3 (September): 51–57.

Kushartanti. 2005. “Pragmatik†dalam Pesona Bahasa Langkah Awal Memahami Linguistik. Kushartanti, Untung Yowono, Multamia RMT Lauder (Peny.). Jakarta: Gramedia.

Nadar, FX. 2013. Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Raco, J.R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif, Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo

Rerung, Rintho Rante. 2018. E-Commerce Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Sofia, Hanni dan Budhi Prianto. 2010. Panduan Mahir Akses Internet. Jakarta: Kriya Pustaka.

Wijana, I Dewa Putu dan Muhammad Rohmadi. 2011. Analisis Wacana Pragmatik Kajian Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.

Yusuf, Muri. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Downloads

Published

2020-06-01

How to Cite

Wildan, M., & Miranti, A. (2020). PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DALAM SUREL LAYANAN PELANGGAN PT BERRYBENKA. Jurnal Sasindo UNPAM, 8(1), 69–81. https://doi.org/10.32493/sasindo.v8i1.69-81