PENGGUNAAN JARGON DI LINGKUNGAN PENGEMUDI GOJEK TAMAN ALFA INDAH JOGLO (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK)

Authors

  • Zamzam Nurhuda Universitas Pamulang
  • Ahmad Mada Dhoni A

DOI:

https://doi.org/10.32493/sasindo.v8i1.97-119

Keywords:

sosiolinguistik, bentuk dan fungsi jargon, Pengemudi Gojek Taman Alfa Indah Joglo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan makna khusus jargon yang digunakan di Lingkungan Pengemudi Gojek Taman Alfa Indah Joglo dan fungsi bahasa yang merepresentasikan penggunaan jargon di Lingkungan Pengemudi Gojek Taman Alfa Indah Joglo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah Lingkungan Pengemudi Gojek Taman Alfa Indah Joglo. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik simak/sadap sebagai teknik dasarnya dan lanjutannya menggunakan teknik simak libat cakap dan teknik simak bebas libat cakap dengan metode cakap bertemu muka. Penyimakan terhadap dialog antarpengemudi dijaring melalui teknik rekam dengan menggunakan perekam berupa handphone. Pengumpulan data jargon ditranskip dalam bentuk teks dialog. Hasil penelitian menemukan data jargon sebanyak 34 jargon dari masing-masing bentuk, di antaranya: 5 jargon bentuk kata benda (nomina) di antaranya pantat, pancingan, nitik, skema, kardus. 8 jargon bentuk kata kerja (verba) di antaranya sesar, nge-bid, kacar, pantekin, nge-flash, ngalong, tembakin, gas. 10 bentuk kata sifat (adjektiva) di antaranya budek, bleged, begelap, gacor, ceki, paud, anyep, polos, penggaris, under. 1 jargon bentuk kata ganti pronomina (ganti sebutan) yaitu ther. 3 jargon bentuk frasa verba di antaranya putar balik, balik kanan, nangis darah. 1 jargon bentuk frasa adjektiva yaitu satu-satu acan. 6 jargon bentuk akronim di antaranya tupo, pf, pa, opik, pm, dan wd.

References

Chaer, Abdul dan Leoni Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal (Edisi Revisi). Indonesia: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik Kajian Teoirik. Indonesia: Rineka Cipta.

Djajasudarma, Fatima. 2010. Metode Linguistik. Bandung: PT Refika Aditama.

Keraf, Gorys. 1984. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia.

Kesuma, Tri Mastoyo. 2007. Pengantar (Metode) Penelitian Bahasa. Yogyakarta: Carasvatibooks.

Lapasau, Merry dan E. Zaenal Arifin. 2016. Sosiolinguistik. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Luriawati, Debby. 2010. “Bentuk dan Faktor Penyebab Penggunaan Jargon Masyarakat Nelayan Rembangâ€. Lingua Volume 6, Nomor 1 2010.

Safyahya, Leni dan Aslinda. 2007. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: Refika Aditama.

Downloads

Published

2020-06-01

How to Cite

Nurhuda, Z., & Dhoni A, A. M. (2020). PENGGUNAAN JARGON DI LINGKUNGAN PENGEMUDI GOJEK TAMAN ALFA INDAH JOGLO (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK). Jurnal Sasindo UNPAM, 8(1), 97–119. https://doi.org/10.32493/sasindo.v8i1.97-119