REALISASI APPRAISAL DALAM ASPEK ATTITUDE PADA MEDIA ONLINE INSTAGRAM

Authors

  • Adam Muhammad Nur
  • Armando Satriani Hadi

DOI:

https://doi.org/10.32493/sasindo.v3i2.15-24

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifkasikan serta memaparkan bentuk-bentuk Attitude sebagai salah satu aspek dari teori Appraisal. Landasan teoritis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi (1) Analisis Wacana, (2) Appraisal Theory dan (3) Attitude. Penelitian ini juga menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Objek penelitian yang digunakan oleh penulis adalah teks berbasis elektronik pada media sosial Instagram. Data penelitian berupa ujaran/ungkapan atau komentar yang dituliskan oleh para pengguna Instagram pada akun produk lipstik @kailijumei yang didalamnya terdapat bentuk-bentuk Attitude berdasarkan karakteristiknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komentar-komentar yang disampaikan tersebut memiliki bentuk-bentuk Attitude, seperti Affect, Judgement dan Appreciation. Komentar-komentar yang disampaikan memiliki kecenderungan menggunakan bentuk Affect sebagai Attitude terhadap produk lipstik Kailijumei.

 

Kata Kunci: Appraisal, Attitude, Instagram, Kailijumei

Downloads

Published

2017-10-27

How to Cite

Nur, A. M., & Hadi, A. S. (2017). REALISASI APPRAISAL DALAM ASPEK ATTITUDE PADA MEDIA ONLINE INSTAGRAM. Jurnal Sasindo UNPAM, 3(2), 15–24. https://doi.org/10.32493/sasindo.v3i2.15-24