DISRUPSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENUJU MERDEKA BELAJAR DI ERA KENORMALAN BARU

Authors

  • Intan Sari Ramdhani Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sasindo.v8i2.17-28

Keywords:

Bahasa Indonesia, Kenormalan Baru, Merdeka Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membedah disrupsi kebijakan merdeka belajar dalam menghadapi era kenormalan baru pada pembelajaran Bahasa  Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan pustaka atau literature research. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa merdeka Belajar adalah kebijakan yang diterapkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia guna mendorong siswa untuk mampu berpikir literasi, numerasi dan berkarakter. Namun Pelaksanaan merdeka belajar di masa kenormalan baru  masih terdapat kendala sehingga kebijakan merdeka belajar harus dievaluasi untuk disempurnakan. Penerapan merdeka belajar merupakan kebijakan yang tepat dalam mempersiapkan dan membentuk sumber daya manusia yang berkualitas dan berkarakter yang siap menghadapi pembelajaran yang tidak biasanya.

References

Abel, T., & McQueen, D. (2020). The COVID-19 pandemic calls for spatial distancing and social closeness: not for social distancing! In International journal of public health.

Adit, A. (2019). Gebrakan Merdeka Belajar, Berikut 4 Penjelasan Mendikbud Nadiem.

Almanthari, A., Maulina, S., & Bruce, S. (2020). Secondary School Mathematics Teachers’ Views on E-learning Implementation Barriers during the COVID-19 Pandemic: The Case of Indonesia. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7), em1860.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan

Endang Mujiati (2019). Pendidikan Era Disrupsi.

Fadhillah, Hamdah (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Rendah. Yogyakarta : Samudra Biru

Kemendikbud. (2020). Mendikbud Luncurkan Empat Kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Slamet Rosyadi, Revplusi industry 4.0: Peluang dan Tantangan bagi Alumni Universitas Terbuka.

Sudaryanto, S., Hermanto, H., & Gustiani, E. I., 2019b, Media Sosial sebagai Sarana Pembinaan Bahasa Indonesia di Era Digital. Kode: Jurnal Bahasa, vol. 8, no. 4, hlm. 61-74.

WHO. (2020). Novel Coronavirus (COVID-19) Situation. Who.

Yamin, M. & Syahrir, S., 2020, Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, vol. 6, no. 1, hlm. 126-136.

Downloads

Published

2020-12-16

How to Cite

Ramdhani, I. S. (2020). DISRUPSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENUJU MERDEKA BELAJAR DI ERA KENORMALAN BARU. Jurnal Sasindo UNPAM, 8(2), 17–28. https://doi.org/10.32493/sasindo.v8i2.17-28