PEMEROLEHAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI USIA 3 DAN 4 TAHUN DI BIMBA AIUEO PERMATA PAMULANG
DOI:
https://doi.org/10.32493/sasindo.v8i2.70-78Keywords:
Akuisisi, Fonologi, SintaksisAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan pemerolehan bahasa pada anak usia dini yang diakibatkan banyak faktor, antara lain seperti stimulus respon, kognitif dan lingkungan anak tersebut berkembang. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pemerolehan bahasa pada anak usia dini di BIMBA AIUEO Permata Pamulang pada tataran fonologi yang meliputi pemerolehan fonem vokoid, fonem kontoid, diftong dan kluster dari tutur kata yang dilafalkan oleh subjek penelitian ; (2) mendeskripsikan pemerolehan bahasa pada anak usia dini di BIMBA AIUEO Permata Pamulang pada tuturan sintaksis yang meliputi perhitungan pemerolehan kalimat melalui MLU. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah tuturan yang dihasilkan dari anak usia 52 bulan dan 46 bulan di sekolah BIMBA AIUEO Permata Pamulang, Tangerang Selatan. Data yang diperoleh dari penelitian berdasarkan tataran fonologi dan sintaksis adalah 95 kata dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan catat lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian 1 telah menguasai fonem /a/, /i/, /u/, /U/, /e/, /É›/, /o/ dan /É™/ yang letaknya terdapat pada awal, tengah, dan akhir kata. Subjek penelitian 2 telah menguasai fonem /a/, /i/, /u/, /U/, /e/, /É›/, /o/ dan /É™/ yang letaknya terdapat pada awal, tengah, dan akhir. Bunyi konsonan yang telah dikuasai yaitu /b/, /c/, /d/, /h/, /j/, /k/, /m/, /n/, /p/, /q/, /t/, /w/, /y/, subjek 1 telah mampu menguasai konsonan tersebut yang letaknya berada di awal, tengah dan akhir kata. Subjek 2 menguasai bunyi pada konsonan /b/, /c/, /d/, /g/, /h/, /j/, /k/, /l/, /m/, /n/, /p/, /s/, /t/, /w/, /y/, yang letaknya pada awal, tengah, dan akhir kata. Sementara itu, diftong yang mampu dilafalkan oleh subjek 1 yaitu /ay/ dan subjek 2 mampu melafalkan diftong /ay/. Pada subjek 1 telah mampu melafalkan /tr/ dan subjek 2 mampu melafalkan /pr/. Sementara itu pada tataran sintaksis dihasilkan perhitungan MLU pada subjek 1 yaitu 3,7 sehingga pada tataran sintaksis subjek penelitian yang berusia 46 bulan dapat dinyatakan baik. Subjek 2 dengan hasil perhitungan mendapatkan rata-rata panjang tuturan 5,2 tataran sintaksis subjek penelitian yang berusia 46 bulan dapat dinyatakan baik.
References
Alwasilah, Chaedar. 1993. Pengantar Sosiologi Bahasa. Bandung: Angkasa.
Alwi, Hasan & Moeliono. 2003 . Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta : Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Anwar, Rosihan. 2002. Bunga Rampai Pemikiran Bahasa Linguistik pendidikan.
Unimed Press.
Badudu, J. S. 1985. Cakrawala Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia.
Chaer, Abdul. 2004. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka cipta.
Holmes, Janet. 2001. An Introduction To Sociolinguistik. London : Pearson.
Kaswati, Bambang. 2003. Pertemuan Linguistik Pusat Kajian Bahasa dan Budaya
Atma Jaya Keenambelas. 1-42. Jakarta: Universitas Atma jaya.
Kridalaksana, Harimurti. 1978. Fungsi Bahasa dan Sikap Bahasa. Flores: Nusa Indah.
Mahsun. 2007. Pengantar Sosiolinguistik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sumarsono & Paina Partana. 2002. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Triadi, Rai bagus & Pujiati. 2017. Kesulitan menyimak dalam pembelajaran bahasa
Indonesia, Studi kasus Siswa Kelas 3 di Sekolah Dasar Inklusi Bandung. Literasi Vol 7, No 1.
Triadi, Rai Bagus. 2018. Studi Kasus Akuisisi Bahasa Pada Anak Usia 4 Tahun, Kajian Psikolinguistik. Sasindo Vol 4, No 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.