PENGGUNAAN BENTUK SAPAAN BERDASARKAN PERSPEKTIF GENDER PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS PAMULANG: KAJIAN SOSIOPRAGMATIK

Authors

  • Tri Pujiati Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sasindo.v5i2.%25p

Abstract

Abstrak
Penelitian ini mengkaji tentang penggunaan sapaan berdasarkan perspektif gender yang digunakan oleh mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia Universitas Pamulang. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) untuk mendeskripsikan bentuk sapaan mahasiswa; (2) untuk mendeskripsikan bentuk sapaan mahasiswi; (3) untuk mendeskripsikan tujuan penggunaan sapaan; dan (4) untuk mendeskripsikan konteks budaya yang melatarbelakangi penggunaan kata sapaan yang digunakan oleh mahasiswa dan mahasiswi Program Studi Sastra Indonesia Universitas Pamulang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa (1) bentuk sapaan mahasiswa untuk menyapa mahasiswa seusianya adalah dengan “bro†atau “bangâ€, untuk sapaan terhadap dosen adalah “Pak†atau “ibuâ€, untuk menyapa satpam dengan kata “Pakâ€, untuk menyapa OB dengan sapaan “Pak†atau “Masâ€; (2) bentuk sapaan yang digunakan oleh mahasiswi ketika menyapa seusianya dengan sapaan “kaka†atau “namaâ€; untuk memanggil dosen dengan sapaan “Pak†dan “ibuâ€, untuk memanggil satpam, dengan sapaan “Pakâ€; untuk memanggil OB dengan sapaan “Pak†atau“Masâ€; (3) tujuan penggunaan sapan untuk menunjukkan rasa hormat dan menunjukkan keakraban. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan tentang bentuk sapaan berdasarkan perspektif gender yang terdapat pada percakapan mahasiswa dan mahasiswi Program Studi Sastra Indonesia Universitas Pamulang.

Kata kunci: bentuk sapaan, perspektif gender, dan sosiopragmatik.

Downloads

Published

2018-01-06

How to Cite

Pujiati, T. (2018). PENGGUNAAN BENTUK SAPAAN BERDASARKAN PERSPEKTIF GENDER PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS PAMULANG: KAJIAN SOSIOPRAGMATIK. Jurnal Sasindo UNPAM, 5(2). https://doi.org/10.32493/sasindo.v5i2.%p