STOP PERUNDUNGAN: PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI FILM FIKSI BERBAHASA INGGRIS

Authors

  • Christy Tisnawijaya
  • Geni Kurniati

DOI:

https://doi.org/10.32493/skr.v10i2.31491

Abstract

ABSTRAK

 

Kasus perundungan di Indonesia, sebagaimana di negara lainnya, muncul dalam konteks yang berbeda. Pelaku perundungan seringkali melakukan aksi perundungan secara berhadapan dengan korban tapi juga dapat melakukannya dalam bentuk perundungan siber – yang kasusnya terus meningkat seiring perkembangan teknologi dan maraknya penggunaan media sosial di kalangan siswa. Fenomena ini menyoroti beberapa poin signifikan bahwa kasus perundungan meliputi perundungan fisik maupun verbal serta dapat terjadi secara langsung atau melalui media sosial. Oleh karena itu, upaya mendasar untuk mencegah aksi perundungan dapat dilakukan dengan memberikan penguatan pendidikan karakter terhadap siswa. Dalam menyampaikan pendidikan karakter untuk menumbuhkan kesadaran terhadap pentingnya mencegah aksi perundungan, film fiksi dapat dipilih sebagai sarana efektif. Program studi Sastra Inggris Universitas Pamulang mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk penyuluhan anti perundungan yang diberikan kepada remaja Nurul Ashri, Depok, dengan rangkaian kegiatan pemutaran film fiksi, diskusi interaktif, dan pembuatan poster digital. Seluruh aktifitas tersebut diharapkan dapat mencapai tujuan jangka panjang dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini.

 

Kata Kunci: film fiksi, perundungan, pendidikan karakter, remaja Nurul Ashri

 

ABSTRACT

 

As in other nations, bullying incidents occur in various settings in Indonesia. Bullies frequently engage in direct confrontational bullying with their victims. Nonetheless, they can also engage in cyberbullying, which is rising due to technology advancements and students’ widespread use of social media. This phenomenon illustrates several crucial issues, including that bullying can occur physically or via social media and often involves physical and verbal abuse. Therefore, empowering character-building for students can be essential to stopping bullying. A fictional film can be a powerful tool for communicating the significance of education in preventing bullying and raising awareness of this issue. To provide anti-bullying counseling to the youths of Nurul Ashri, Depok, the English Literature Department of Universitas Pamulang organized a community service – a series of events, including the screening of a fictional movie, interactive talks, and the creation of digital posters. These activities are considered community service’s ultimate and long-term objectives.

 

Keywords: bullying, character-building, fictional film, the youths of Nurul Ashri

Downloads

Published

2023-07-01

How to Cite

Tisnawijaya, C., & Kurniati, G. (2023). STOP PERUNDUNGAN: PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI FILM FIKSI BERBAHASA INGGRIS. Jurnal Sekretari Universitas Pamulang, 10(2), 174–185. https://doi.org/10.32493/skr.v10i2.31491

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.