BAURAN PEMASARAN AYAM BROILER DI PT BERKAH UTAMA SATWA KOTA BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.32493/skr.v11i1.38215Abstract
ABSTRAK
Bauran pemasaran adalah kumpulan strategi pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran tertentu. Penerapan bauran pemasaran dan saluran pemasaran yang terarah atau baik akan memudahkan perusahaan mencapai tujuan pemasarannya agar dapat bersaing dan menjangkau pasar yang lebih luas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis bauran pemasaran ayam broiler pada PT Berkah Utama Satwa Kota Bekasi. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian analisis bauran pemasaran ayam broiler PT Berkah Utama Satwa Kota Bekasi dapat dilihat dari bauran pemasaran ayam broiler dengan menggunakan 7P yaitu product, place, price, promotion, process, people, dan physical evidence. Kendala yang terjadi adalah pada saat mendistribusikan atau mengirimkan ayam, jarak antara perusahaan dan kandang cukup terlalu jauh yaitu dari Ciamis ke Bekasi sehingga pada saat pengiriman di perjalanan ada saja ayam yang sudah mati. Solusinya adalah perusahaan melakukan pengurangan dalam mengisi box pengiriman, yang awalnya berisi sekitar 20 ekor ayam menjadi 15 ekor ayam, supaya ayam yang didalam box selama perjalanan jauh tetap bisa bergerak sedikit bebas dan tidak mengalami kepanasan dan terakhir menyemprotkan air ke box ayam supaya mengurangi kepanasan saat diperjalanan.
Kata Kunci : Bauran Pemasaran, 7P
MARKETING MIX FOR BROILER CHICKENS
AT PT BERKAH UTAMA SATWA BEKASI CITY
ABSTRACT
Marketing mix is a collection of marketing strategy used by companies to achieve certain marketing objectives. The application of a targeted or good marketing mix and marketing channel will make it easier for companies to achieve their marketing objectives in order to compete and reach a wider market. The purpose of this study was to find out how the analysis of the broiler marketing mix at PT Berkah Utama Satwa in Bekasi City. This research method uses descriptive qualitative research with data collection techniques used are observation, interview, and documentation techniques. The results of the analysis of marketing mix analysis for broiler PT Berkah Utama Satwa in Bekasi City can be seen from the broiler marketing mix using 7Ps, namely product, place, price, promotion, process, people, and physical evidence. The obstacle that occurs is when distributing or sending chickens, the distance between the company and the coops is quite too far, namely from Ciamis to Bekasi so that when shipping is on the way there are dead chickens. The solution is for the company to reduce the filling in shipping boxes, which initially contained around 20 chickens to 15 chickens, so that the chickens in the box during long trips can still move a little freely and not experience overheating and finally spray water into the chicken box to reduce overheating while traveling.
Keyword : Marketing Mix, 7P
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada tahun jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar atas karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka ).
JURNAL SEKRETARI: memiliki lisensi CC-BY-SA atau yang setara sebagai lisensi optimal untuk publikasi, distribusi, penggunaan, dan penggunaan kembali karya ilmiah.
Dalam mengembangkan strategi dan menetapkan prioritas, JURNAL SEKRETARI: Jurnal Sekretaris menyadari bahwa akses bebas lebih baik daripada akses berbayar, akses gratis lebih baik daripada akses gratis, dan libre di bawah CC-BY-SA atau yang setara lebih baik daripada libre di bawah kondisi terbuka yang lebih ketat. lisensi. Kita harus mencapai apa yang kita bisa ketika kita bisa. Kita tidak boleh menunda mencapai kebebasan untuk mencapai libre, dan kita tidak boleh berhenti pada kebebasan ketika kita bisa mencapai libre.