BAURAN PEMASARAN AYAM BROILER DI PT BERKAH UTAMA SATWA KOTA BEKASI

Authors

  • Irma Puja Saputri
  • Idah Yuniasih

DOI:

https://doi.org/10.32493/skr.v11i1.38215

Abstract

ABSTRAK

Bauran pemasaran adalah kumpulan strategi pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran tertentu. Penerapan bauran pemasaran dan saluran pemasaran yang terarah atau baik akan memudahkan perusahaan mencapai tujuan pemasarannya agar dapat bersaing dan menjangkau pasar yang lebih luas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis bauran pemasaran ayam broiler pada PT Berkah Utama Satwa Kota Bekasi. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian analisis bauran pemasaran ayam broiler PT Berkah Utama Satwa Kota Bekasi dapat dilihat dari bauran pemasaran ayam broiler dengan menggunakan 7P yaitu product, place, price, promotion, process, people, dan physical evidence. Kendala yang terjadi adalah pada saat mendistribusikan atau mengirimkan ayam, jarak antara perusahaan dan kandang cukup terlalu jauh yaitu dari Ciamis ke Bekasi sehingga pada saat pengiriman di perjalanan ada saja ayam yang sudah mati. Solusinya adalah perusahaan melakukan pengurangan dalam mengisi box pengiriman, yang awalnya berisi sekitar 20 ekor ayam menjadi 15 ekor ayam, supaya ayam yang didalam box selama perjalanan jauh tetap bisa bergerak sedikit bebas dan tidak mengalami kepanasan dan terakhir menyemprotkan air ke box ayam supaya mengurangi kepanasan saat diperjalanan.

Kata Kunci : Bauran Pemasaran, 7P

MARKETING MIX FOR BROILER CHICKENS

AT PT BERKAH UTAMA SATWA BEKASI CITY

 

ABSTRACT

Marketing mix is a collection of marketing strategy used by companies to achieve certain marketing objectives. The application of a targeted or good marketing mix and marketing channel will make it easier for companies to achieve their marketing objectives in order to compete and reach a wider market. The purpose of this study was to find out how the analysis of the broiler marketing mix at PT Berkah Utama Satwa in Bekasi City. This research method uses descriptive qualitative research with data collection techniques used are observation, interview, and documentation techniques. The results of the analysis of marketing mix analysis for broiler PT Berkah Utama Satwa in Bekasi City can be seen from the broiler marketing mix using 7Ps, namely product, place, price, promotion, process, people, and physical evidence. The obstacle that occurs is when distributing or sending chickens, the distance between the company and the coops is quite too far, namely from Ciamis to Bekasi so that when shipping is on the way there are dead chickens. The solution is for the company to reduce the filling in shipping boxes, which initially contained around 20 chickens to 15 chickens, so that the chickens in the box during long trips can still move a little freely and not experience overheating and finally spray water into the chicken box to reduce overheating while traveling.

Keyword : Marketing Mix, 7P

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Irma Puja Saputri, & Idah Yuniasih. (2024). BAURAN PEMASARAN AYAM BROILER DI PT BERKAH UTAMA SATWA KOTA BEKASI. Jurnal Sekretari Universitas Pamulang, 11(1), 60–77. https://doi.org/10.32493/skr.v11i1.38215

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.