PENGARUH PRODUK ATRIBUT PADA PERILAKU PELANGGAN ORGANISASI PADA PUTUSAN PEMBELIAN JASA PAKET MEETING (MICE) DI HOTEL MALYA-BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.32493/skr.v6i1.5528Abstract
ABSTRAK
Manajemen Hotel Malya saat ini melakukan repositioning dengan menambah segmen market baru yaitu MICE business (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition), sehingga diperlukan suatu upaya untuk memahami karakteristik pelangggan MICE tersebut dengan cara mengetahui besarnya pengaruh atribut produk terhadap sikap pelanggan corporate meeting di Hotel Malya Bandung. Analisis kuantitatif berupa analisis jalur dipergunakan untuk menghitung besarnya pengaruh atribut produk terhadap sikap pembelian pelanggan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik sensus dengan alat bantu kuestioner disebarkan kepada 50 perusahaan yang telah menyelenggarakan corporate meeting di hotel Malya pada periode tertentu, dengan menggunakan teknik judgment sampling. Hasil penelitian dan pengujian hipotesis pengaruh atribut produk terhadap sikap pembelian pelanggan dapat disimpulkan bahwa hanya People (X3) yang berpengaruh signifikan secara langsung terhadap sikap pembelian yaitu sebesar 35,40%. Pengaruh Physical Evidence (X1) dan Process (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap pembelian, namun berpengaruh tidak langsung melalui People (X3) yaitu sebesar 24.14%. Sedangkan pengaruh lain terhadap sikap pelanggan yang tidak dipergunakan dalam penelitian ini yaitu sebesar 40,46%. Dapat disimpulkan pula bahwa setiap perusahaan memiliki Unit Buying Center yang terbentuk secara informal tidak terstruktur dan sangat dinamis karena peran masing-masing orang dalam buying center berubah-ubah, hal ini menyebabkan pemasar perlu membuat strategi promosi yang efektif melalui aktifitas sales call (personal selling) yang tepat, sehingga manajemen perlu mengetahui aturan main yang diberlakukan ke masing-masing konsumen perusahaan untuk menggunakan pendekatan yang tepat.
Kata Kunci : sikap pelanggan organisasi, atribut produk, physical evidence, proses, orang, afektif, kepuasan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada tahun jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar atas karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka ).
JURNAL SEKRETARI: memiliki lisensi CC-BY-SA atau yang setara sebagai lisensi optimal untuk publikasi, distribusi, penggunaan, dan penggunaan kembali karya ilmiah.
Dalam mengembangkan strategi dan menetapkan prioritas, JURNAL SEKRETARI: Jurnal Sekretaris menyadari bahwa akses bebas lebih baik daripada akses berbayar, akses gratis lebih baik daripada akses gratis, dan libre di bawah CC-BY-SA atau yang setara lebih baik daripada libre di bawah kondisi terbuka yang lebih ketat. lisensi. Kita harus mencapai apa yang kita bisa ketika kita bisa. Kita tidak boleh menunda mencapai kebebasan untuk mencapai libre, dan kita tidak boleh berhenti pada kebebasan ketika kita bisa mencapai libre.