GAMBARAN PENGEMASAN PESAN KESEHATAN DI AKUN TIKTOK@KEMENKESRI
Keywords:
Tiktok, Pengemasan, Kesehatan, Humas Pemerintah, KemenkesAbstract
Karakteristik konten dan penggunanya, membuat TikTok dipilih untuk digunakan sebagai media penyampaian pesan kesehatan. Namun, mengutip dari penelitian sebelumnya, penyampaian pesan kesehatan dalam konten TikTok dinilai kurang maksimal, karena durasinya yang singkat, kurang mendidik dan cenderung dianggap sebagai hiburan saja. Temuan ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi instansi pemerintah, khususnya KEMENKES RI sebagai sumber yang dinilai kredibel untuk dijadikan acuan informasi kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penyampaian pesan kesehatan pada akun resmi TikTok @kemenkesri, Mei 2021-Oktober 2022. Untuk itu, penelitian ini mengacu pada konsep media sosial sebagai distribusi konten, strategi pengemasan konten dan hubungan masyarakat pemerintah. Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum akun TikTok @kemenkesri dapat dijadikan sebagai sumber paling kredibel untuk dijadikan acuan informasi kesehatan bagi masyarakat. Hal ini tampak dari strategi akun ini yang berusaha melakukan organizational branding melalui jenis konten yang diunggah, karakter yang dibentuk, interaksi dengan followers, keahlian yang ditampilkan, cara menjaga citra baik serta membuat konten yang dibangun untuk menonjolkan ciri khas Kemenkes RI.
References
Christiani, L. C., & Ikasari, P. N. (2020). Generasi Z dan Pemeliharaan Relasi Antar Generasi dalam Budaya Jawa. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 4(2). https://doi.org/10.31002/jkkm.v4i2.3326
Elwani, R. S., & Kurniawan, F. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pemasaran Sosial Bagi Remaja. Jurnal Komunikasi, 12(1). https://doi.org/10.24912/jk.v12i1.6654
Haroen, D. (2014). Personal Branding: Kunci Kesuksesan Berkiprah di Dunia Politik. Gramedia.
Kulbi, S. Z. (2020). Penerapan Psikologi Kognitif Dalam Mengolah Berita Hoax Di Media Sosial Selama Pandemi Covid-19 Di Kampung Santren Surabaya. IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(2). https://doi.org/10.18326/ijip.v2i2.171-198
Lee, M., Neeley, G., & Kendra Stewart. (2012). The Practice of Government Public Relations. Taylor & Francis. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Leonita, E., & Jalinus, N. (2018). Peran Media Sosial Dalam Upaya Promosi Kesehatan: Tinjauan Literatur. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 25–34. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i2.261
Nadila, S. M. (2022). Generasi Z: Si Paling Healing vs Si Pembawa Perubahan. Artikel. https://pmb.brin.go.id/generasi-z-si-paling-healing-vs-si-pembawa-perubahan/
Nasution, Sadrina, N., Huda, S., & Saluliyah, Z. (2021). Edukasi Pencegahan Covid-19 di Media Sosial : Gambaran Konten Video TikTok. Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Universitas Diponegoro Semarang, 9(2).
Nugraha, A. R., Wibowo, K. A., & Sjoraida, D. F. (2021). Penyuluhan Komunikasi Media Mengenai Literasi Politik Bagi Kalangan Generasi Muda di Era Konvergensi. Charity, 4(2a). https://doi.org/10.25124/charity.v4i2a.4230
Prasanti, D. (2017). Potret Media Informasi Kesehatan Bagi Masyarakat Urban di Era Digital The Portrait of Media Health Information For Urban Community in The Digital Era. Iptek-Kom, 19(2), 149–162. https://media.neliti.com/media/publications/228091-potret-media-informasi-kesehatan-bagi-ma-2319a661.pdf
Putri, S. D., & Azeharie, S. (2021). Strategi Pengelolaan Komunikasi dalam Membentuk Personal Branding di Media Sosial Tiktok. Koneksi, 5(2), 280. https://doi.org/10.24912/kn.v5i2.10300
Rahardaya, A. K., & Irwansyah, I. (2021). Studi Literatur Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2). https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.248
Rampersad, H. K. (2015). Authentic Personal Branding Coaching: Entrepreneurial Leadership Brand Coaching for Sustainable High Performance. Information Age Publishing Inc.
Riady, Y. (2021). Perilaku Pencarian Informasi dan Literasi Kesehatan Digital Mahasiswa Universitas Terbuka yang Terpapar Covid-19. IKOMIK: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 1(2). https://doi.org/10.33830/ikomik.v1i2.2046
Ricko, & Junaidi, A. (2019). Analisis Strategi Konten Dalam Meraih Engagement pada Media Sosial Youtube (Studi Kasus Froyonion). Prologia, 3(1). https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6245
Rizaty, M. A. (2022). Pengguna Tiktok Indonesia Terbesar Kedua di Dunia. https://dataindonesia.id/Digital/detail/pengguna-tiktok-indonesia-terbesar-kedua-di-dunia
Rosini, R., & Nurningsih, S. (2018). Pemanfaatan media sosial untuk pencarian dan komunikasi informasi kesehatan. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 14(2), 226. https://doi.org/10.22146/bip.33844
Sampurno, M. B. T., Kusumandyoko, T. C., & Islam, M. A. (2020). Budaya Media Sosial, Edukasi Masyarakat, dan Pandemi COVID-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15210
Saputra, G. G. (2021). Pengaruh content marketing dan e-wom pada media sosial tiktok terhadap keputusan pembelian generasi z. Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen Inovasi, 17(3).
Simangunsong, E. (2021). Mengidentifikasi Karakteristik Pribadi Pengusaha Media Sosial di Indonesia. Jurnal ASPIKOM, 6(2).
Vinerean, S. (2017). Strategi Pemasaran Konten. Definisi, Tujuan dan Taktik. Jurnal Ahli Pemasaran, 5(2), 92–98.
Wandi, S., Nurharsono, T., & Raharjo, A. (2013). Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga Di Sma Karangturi Kota Semarang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 2(8), 524–535.
Wardaningsih, A. D., Widjaya, R. O., & Erna, M. (2020). Kampanye Edukasi Kesehatan Mental IG @Healthy_Mind Bagi Mahasiswa Jabodetabek Di Masa Pandemi Covid -19. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 3. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v3i0.961
Wijayanti, S., & Rahmi, F. N. (2022). Gambaran Penggunaan TikTok sebagai Media Edukasi oleh Kementrian Republik Indonesia. CORE 2022 The New Way To Communicate.