PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI DIGITALISASI MASJID DALAM PERSPEKTIF GENERASI Z

Authors

  • Yathasya Nabilah Putri Public Relations, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Tiara Dinda Martin Public Relations, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Khoirunnisa Khoirunnisa Public Relations, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Febrianty Mustafa Sistem Informasi, Institut Teknologi dan Bisins PalComTech

Keywords:

UMKM, Digitalisasi, Pemberdayaan, Generasi z, Masjid

Abstract

Generasi milenial merupakan aset bangsa yang harus diberdayakan melalui pengenalan nilai-nilai moral agama untuk menciptakan individu yang berkarakter dan sukses. Masjid bukan hanya tempat peribadatan, tetapi masjid juga memiliki peranan yang sangat penting bagi peradaban Islam yang dilakukan dengan cara dapat maksimal dalam potensi masjid untuk pengembangan UMKM. UMKM berperan penting dalam perekonomian Indonesia, terutama bagi penciptaan usaha dan lapangan pekerjaan. Jumlah UMKM pun semakin meningkat tiap tahunnya, namun seiring dengan peningkatan tersebut kondisinya tidak mengalami perkembangan atau stagnasi. Hal tersebut umumnya terjadi karena lemahnya manajemen usaha dan kurangnya modal usaha. Maka dari itu diperlukan pemberdayaan UMKM digitalisasi melalui berbagai platform online yang tersedia. Tujuan dari pemberdayaan UMKM melalui digitalisasi ini adalah mengedukasi, memberikan informasi, meningkatkan pengatahuan dan keterampiran sosok UMKM tentang pemasaran berbasis digital. Penelitian ini dibuat untuk mengetahuisistem gabungan masjid untuk UMKM agar dapat mengetahui proses kerja yang dimaksimalkan untuk potensi masjid agar dapat menolong masyarakat khususnya pada bidang ekonomi ikut serta nya generasi z dalam rangkaian penelitian ini bertujuan untuk memberdayakan UMKM dengan layanan digitalisasi masjid. Penelitian tersebut bertujuan untuk memberitahu bagaimana pemberdayaan UMKM melalui digitalisasi masjid dalam perspektif generasi z. Metode penelitian yaitu metode deskriptif kualitatif.

References

Arianto, B. (2020a). Peran Buzzer Media Sosial dalam Memperkuat Ekosistem. Jurnal Optimum UAD, 10 (1), 51-65 .

Darmawan, Deni & Marlin, Samsul. (2020). Peran Masjid Bagi Generasi Milenial. Jurnal Kajian Agama Hukum dan Pendidikan Islam (KAHPI) Vol 2, No 1.

Fuadi, D. S., Akhyadi, A. S., & Saripah, l. (2021). Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Nomor: 1 (volume: 5), 2.

Gunawan, I., Sumarno, & Tambunan, H. S. (2021). Penggunaan Teknologi Informasi Untuk Mengelola Data Masjid Al-Jihad – Pematangsiantar. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Volume 1 Nomor 2 e-ISSN 2775-3301, 121.

Hamzah, L. M. (2019). Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasional Pada Sektor Umkm Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 215-228.

Harmanto, Haratua & Wijaya, Chandra. (2020). Membangun Ekosistem Kewirausahaan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, Volume 16, Nomor 1, 36-47.

Indrawan, R. &. (2014). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran untuk manajemen, pembangunan, dan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Nashar. (2017). Pemberdayaan Ekonomi Generasi Muda Di Mulai Dari Halaman Masjid. Madura: Duta Media Publishing.

Rian Andriani, P. A. (2021). Mewujudkan Generasi Berkarakter dan Berjiwa Wirausaha Pada Anggota Ikatan Remaja Masjid (IRMA) Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Kepada MasyarakatVol 3 No 2, 73-74.

Roin, U. (2020, November 26). Peran Remaja Masjid Era Milenial. Retrieved from blokBojonegoro.com.

Downloads

Published

2022-12-19

How to Cite

Putri, Y. N., Martin, T. D., Khoirunnisa, K., & Mustafa, F. (2022). PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI DIGITALISASI MASJID DALAM PERSPEKTIF GENERASI Z. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 26–31. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/28133