STUDI KASUS TRANSFORMASI DIGITALISASI MELALUI APLIKASI SMART MASJID

Authors

  • Gianina Esther Junus Gobber Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Esa Unggul
  • Paisal Lumban Tobing Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Esa Unggul
  • Revi Tri Afiyanto Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Esa Unggul
  • Ahmad Sofyansyah Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Esa Unggul
  • Nizirwan Anwar Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Esa Unggul
  • Sularso Budilaksono Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Persada Indonesia YAI
  • Siti Komsiah Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Persada Indonesia YAI

Keywords:

Transformasi Digital, Masjid, Smart Masjid

Abstract

Teknologi menjadi kebutuhan utama masyarakat di era digital, kemajuan teknologi informasi ini banyak sekali membantu bergulirnya kegiatan di masjid, sehingga aktivitas ibadah maupun non ibadah yang dilakukan di masjid berjalan dengan lancar. Istilah transformasi digital juga dapat merujuk pada proses yang mengubah karakteristik entitas secara signifikan dengan menerapkan teknologi informasi, komputasi, komunikasi, dan koneksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan transformasi digitalisasi melalui aplikasi smart masjid untuk masjid-masjid d Indonesia. Adapun metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dalam transformasi digital masjid. Kemudian hasil dari penelitian ini adalah aplikasi smart masjid yang akan membantu pengurus masjid dalam pengelolaan data masjid, seperti jumlah jamaah, data donatur, kegiatan masjid, penyaluran donasi, aset masjid, pengelolaan data hewan kurban dan kas masjid. Untuk jamaah aplikasi smart masjid akan membantu dalam informasi donasi, mengetahui even di masjid, dan mendapatkan informasi aktifitas ibadah.

References

Al-Asyhar, Thobib. 2021. “Transformasi Digital GusMen Yaqut.†Website. https://kemenag.go.id/read/transformasi-digital-gusmen-yaqut-v5yp6.

Beu, Nabilla S, Silcyljeova Moniharapon, and Reitty L Samadi. 2021. “Analisis Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Ikan Kering Pada UMKM Toko 48 Pasar Bersehati Manado.†Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 9 (3): 1530–38.

Indah Putri, Novianti, Yudi Herdiana, Zen Munawar, Teknik Informatika, Manajemen Informatika, Universitas Bale Bandung, and I Bandung. 2021. “Sistem Rekomendasi Hibrid Pemilihan Mobil Berdasarkan Profil Pengguna Dan Profil Barang.†Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal) 8 (1): 56–68. https://doi.org/10.38204/TEMATIK.V8I1.566.

Marga Rice Yolanda Putri K. 2022. “Perkembangan Teknologi Digital.†Universitas Stekom, 1–15. http://sistem-komputer-s1.stekom.ac.id/informasi/baca/Perkembangan-teknologi-digital/2e33dee547ff48a0e187c58abdcc830461eee5f4.

Muhammad Thantawi, Ahmad, Sularso Budilaksono, Nizirwan Anwar, Siti Komsiah, Universitas Persada Indonesia YAI, and Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech. 2022. “Bimbingan Teknik Dan Pendampingan Aplikasi Smart Masjid Pada Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (Dkm)Wilayah Jakarta.†IKRA-ITH ABDIMAS 5 (3): 225–32. https://doi.org/10.37817/IKRA-ITHABDIMAS.V5I3.2491.

Panggabean, Angelita Nauli. 2018. “Memahami Dan Mengelola Transformasi Digital.†E-Business Strategi and Implementation, 2018–20.

Putri, Anita, Raya Puspita, and Sari Hasibuan. 2021. “REFORMULASI TATA KELOLA KEUANGAN MASJID MENUJU REVOLUSI MASJID 4.0.†Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman 7 (2): 271–87. https://doi.org/10.5281/WAHANAISLAMIKA.V7I2.175.

Royyana, Aang. 2021. “Strategi Transformasi Digital Pada Pt. Kimia Farma (Persero) Tbk.†Journal of Information Systems for Public Health 5 (2): 15–32. https://doi.org/10.22146/JISPH.34179.

“Transformasi Digital Pada Jadwal Salat Di Masjid - Kompasiana.†n.d.

Trihandayani, Dewi. 2020. “Program Arsiparis Sebagai Solusi Pengelolaan Arsip Digital Di BMKA Masjid Salman ITB.†WEBINAR ILMIAH MASJID II, 81.

Widyantoro, Bagus. 2022. “Konsumerisme Berlabel Agama Pada Era Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia Perspektif Teori Simulacra Dan Hyperreality Jean Baudrillard.†UIN Sunan Ampel Surabaya.

Downloads

Published

2022-12-19

How to Cite

Gobber, G. E. J., Tobing, P. L., Afiyanto, R. T., Sofyansyah, A., Anwar, N., Budilaksono, S., & Komsiah, S. (2022). STUDI KASUS TRANSFORMASI DIGITALISASI MELALUI APLIKASI SMART MASJID. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 53–58. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/28138