PENGENALAN PAJAK SEDERHANA

Authors

  • Sapta Setia Darma Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Rahma Wiyanti Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Alexander Raphael Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

PKM, perpajakan, yayasan

Abstract

Dalam pelaksanaan salah satu tri dharma semester gasal tahun 2022/2023 berupa pengabdian pada masyarakat dilakukan di lembaga Islam yang berlokasi di bojogsari, depok, yaitu yayasan AL Kamilah. Kami melihat bahwa warga yayasan belum mendapatkan pemahaman dasar perpajakan yang nantinya berguna bagi mereka dalam memulai, menjalankan kegiatan wirausaha atau menekuni profesi lainnya. Jika usahanya berkembang atau maju bisa berdampak pada peningkatan perekonomian warga, penyerapan tenaga kerja, dan lain-lain. Kami melihat bahwa ketika kegiatan usaha yang dijalani warga berkembang dan tentunya mereka membutuhkan pendanaan dari pihak ketiga, dan tentu salah satu persyaratan penting yang dalam rangka pengajuan ini adalah adanya penatausahaan/administrasi keuangan atau pembukuannya yang dilakukan secara terstruktur dan sistematis yang nantinya berkaitan dengan kewajiban perpajakannya juga. Dan oleh karena itu dipandang perlu dan sangat penting untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang pencatatan atau administrati keuangan untuk para pengusaha wirausaha ini sampai pada bagaimana pemenuhan kewajiban perpajakannya. Dengan demikian aspek tata kelola atau administrasi kegiatan usaha menjadi penting untuk diterapkan agar para warga memiliki perencanaan untuk masa depan usahanya atau profesinya.

References

Zulfitra, Z., Susanto, S., Mubarok, A., Sutoro, M., & Anwar, S. (2019). Manajemen Bisnis Sebagai Sarana Untuk Menumbuhkan Pengusaha-Pengusaha Baru (Studi Kasus pada PKBM Nurul Qolbi, Kota Bekasi, Jawa Barat). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Fahmi, (2014). Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta. Mitra Wacana Media.

Latumaerissa, (2017). Bank & Lembaga Keuangan Lain Teori dan Kebijakan. Jakarta. Mitra Wacana Media.

Wijaya, (2018). Akuntansi UMKM. Jakarta. Gava Media.

Hartati, (2019). Pengantar Perpajakan. Jakarta, Pustaka Setia.

Maddinsyah, A. M., Kustini, E., & Syakhrial, S. (2018). PENYULUHAN MANAJEMEN PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELUARGA KAMPUNG CIBOLEGER LEBAK-BANTEN. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(1).

Sukirman, S., Hidayah, R., Suryandari, D., & Purwanti, A. (2019). Pengelolaan Keuangan Keluarga dalam Rangka Peningkatan Masyarakat Mandiri dan Berperan dalam Peningkatan Literasi Keuangan Indonesia (Otoritas Jasa Keuangan). Jurnal Abdimas, 23(2), 165-169.

Ikatan Akuntan Indonesi, (2018). Standar Akuntansi Keuangan ETAP, DSAK-IAI, Jakarta

Ikatan Akuntan Indonesi, (2018). Standar Akuntansi Keuangan EMKM, DSAK-IAI, Jakarta

Bank Indonesia, (2015). Modul Pelatihan Pencatatan Transaksi Keuangan Usaha Kecil Badan Usahan Bukan Badan Hukum, Jakarta

Downloads

Published

2022-12-19

How to Cite

Darma, S. S., Wiyanti, R., & Raphael, A. (2022). PENGENALAN PAJAK SEDERHANA. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 59–62. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/28139