MENINGKATKAN NILAI RELIGIUS PADA ANAK DI PAUD

Authors

  • Namira Putri Ramadhany Pendidikan Non Formal, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten

Keywords:

Meningkatkan, Nilai Religius

Abstract

Pendidikan di Indonesia merupakan interaksi dengan manusia. Pendidik dan peserta didik adalah komponen kunci dari pendidikan. Penelitian dilakukan di (PAUD) Nurul Amin Kabupaten Tangerang. Menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif yaitu menggambarkan, menganalisis, dan meringkas berbagai situasi,  kondisi, dari data yang telah dikumpulkan mengenai masalah yang diteliti yang terjadi di lapangan. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dengan pendidik; observasi dengan mengamati lingkungan dan kondisi peserta didik; serta dokumentasi. Dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Berdasarkan hasil teuan lapangan bahwa tujuan dari meningkatkan nilai religius pada anak usia dini yaitu untuk membantu kepada dasar perkembangan sikap, perilaku, pengetahuan, keterampilan dan daya ingat yang diperlukan peserta didik untuk menjadi muslim dan pribadi yang menghayati serta mengamalkan agama dalam perkembangan selanjutnya.; serta untuk melatih perkembangan peserta didik melalui program kegiatan dalam rangka membangun perilaku dan kemampuan dasar, yakni Agama Islam; Kognitif; Sains; Bahasa; Emosional Akhlaq; Perilaku; Seni; dan Motorik. Serta kegiatan dalam meningkatkan nilai religius pada anak usia dini dapat dilakukan dengan melalui keteladanan, pembelajaran, pemberdayaan, pembiasaan, pembudayaan, penguatan, serta penilaian. Oleh karena itu, peningkatan nilai religius tidak hanya sebatas kurikulum, tetapi dapat berjalan efektif apabila penanaman nilai religius dilakukan pada kehidupan sehari-hari, sehingga peserta didik dapat meningkatkan nilai religius dalam dirinya. PAUD Nurul Amin Kabupaten Tangerang dalam menyelenggarakan pembelajaran nilai karakter diharapkan mampu menerapkan hasil yang telah dilakukan dalam mengupayakan perbaikan dalam meningkatkan nilai religius pada peserta didik agar mencapai tujuannya.

References

Aisyah, 2008, Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, Jakarta, Universitas Terbuka.

Haryati, 2017, Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013.

Purwanti, 2021. Peran Guru Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Masa Pandemi COVID-19 Dari Segi Pemanfaatan Gawai. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 233-240. Palembang, Program Pascasarjana (PPS), Universitas PGRI Palembang.

Ramli, 2015, Hakikat Pendidik dan Peserta Didik. Jurnal Tarbiyah Islamiyah Vol. 5 No.1, 60-80.

Sayska, 2017, Implementasi Nilai Religius Dalam Pendidikan Karakter Berbasis Sunnah Rasulullah (Studi Kasus Ditan-Najah Takengon, Aceh Tengah). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Keislaman, Vol. 6 No. 2, 1-13. ISSN: 1979-8075.

Sukmawati, 2015, Peran Guru Dalam Pengembangan Moral Bagi Anak Usia Dini. Artikel Tadris IPA Biologi FITK IAIN Mataram, Vol. 8 No. 1, 87-90.

Suryanti, dan Febi, 2018, Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Religius. Journal of Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH), 254-260.

Uswatun, dan Deiniatur, 2018, Charater Education in Early Childhood Based on Family. Journal of Early Childhood Research, 50-55.

Wati, dan Dikdik, 2017, Penanaman Nilai-Nilai Religius Di Sekolah Dasar Untuk Penguatan Jiwa Profetik Siswa. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III 60-64. Yogyakarta, Universitas Ahamad Dahlan.

Downloads

Published

2022-12-19

How to Cite

Ramadhany, N. P. (2022). MENINGKATKAN NILAI RELIGIUS PADA ANAK DI PAUD. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 85–90. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/28143