KOMPARISASI DIGITALISASI MASJID DALAM PENGELOLAAN INFORMASI

Authors

  • Putri Aulia Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Dwi Sulistyowati Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Deanna Nabila Safitri Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Siti Komsiah Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Sularso Budilaksono Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Persada Indonesia Y.A.I

Keywords:

Digitalisasi Masjid, Pengelolaan Informasi Masjid

Abstract

Sistem pencatatan manual pada masjid masih digunakan hingga saat ini, hal tersebut dianggap kurang efisien dalam kepengurusan masjid. Dengan bantuan teknologi, anak–anak bangsa berinovasi dalam mempermudah sistem pekerjaan pengurusan masjid yang kurang efisien dengan menciptakan aplikasi. Ada banyak aplikasi yang sudah tercipta untuk membantu proses pengurusan masjid, tentunya dengan keunggulan dan kekurangan yang berbeda dari setipa aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Komparasi Digital Masjid dalam mempengaruhi pengelolaan informasi pada aplikasi–aplikasi digitalisasi masjid. Untuk mengetahui bagaimana cara kerja aplikasi yang terdapat di masjid tersebut. Peneliti melakukan perbandingan dengan aplikasi Masjidku dan smart masjid indonesia. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah wawancara. Hasil dari penelitian yang dilakukan, kedua aplikasi yang dibandingkan memiliki keunggulan yang berbeda dengan tujuan yang sama yaitu membantu proses pengurusan masjid agar lebih mudah dan dikarenakan kedua aplikasi ini masih menggunakan internet kendala yang dirasakan jamaah adalah gangguan sistem yang down saat di akses.

References

Amarudin, & Sofiandri, A. (2018). PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI IKHTISAR KAS MASJID ISTIQOMAH BERBASIS DESKTOP. Jurnal Teknokompak, 1.

Andri, U. (2020). Pengenalan Teknologi Informasi. pusdiklat.bps, 1-32. BPKH, H. (2017). Saatnya Masjid Manfaatkan Teknologi Digital. BPKH.

Buana, S. C. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Informasi Kegiatan Masjid Berbasis Web Pada Masjid Tanwir Surabaya. Repositori Universitas Dinamika., 5-10.

Hasyim, A. (2018). PENGELOLAAN INFORMASI MASJID BERBASIS ONLINE: ANALISIS PERFORMA KOMUNIKATIF PADA APLIKASI MASJIDKU. repository.uinjkt.ac.id, 16.

Latifah, N. (2017). PERANCANGAN APLIKASI PENGELOLAAN KAS MASJID. ejournal.

Rudiarto, S., & Rifqi, M. (2017). Sistem Aplikasi Manajemen Masjid Pada Masjid Manarul ‘Amal Universitas Mercu Buana Jakarta. Journal article // Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer, 1-5.

SUSANO, A. (2016). RANCANG BANGUN APLIKASI BERBASIS ANDROID UNTUK PENGOLAHAN DATA PENGURUS MASJID. journal.lppmunindra.

Swara, G. Y. (2018). PERANCANGAN SISTEM APLIKASI PENGOLAHAN ZAKAT BERBASIS WEB (Studi Kasus : Badan Amil Zakat Masjid Raya Andalas Kota Padang). Teknoif, 1-5.

Downloads

Published

2022-12-19

How to Cite

Aulia, P., Sulistyowati, D., Safitri, D. N., Komsiah, S., & Budilaksono, S. (2022). KOMPARISASI DIGITALISASI MASJID DALAM PENGELOLAAN INFORMASI. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 95–98. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/28145