EDUKASI PEMBUATAN CURRICULUM VITAE DAN MEMBANGUN PERSONAL BRANDING BAGI FRESH GRADUATE KEPADA SISWA SMK SATRIA JAKARTA KELURAHAN SRENGSENG KECAMATAN KEMBANGAN KOTA JAKARTA BARAT PROVINSI DKI JAKARTA
Abstract
Pengabdian ini berjudul Edukasi Pembuatan Curriculum Vitae dan Membangun Personal Branding Bagi Fresh Graduate kepada siswa dan siswi SMK Satria Jakarta yang berdampak pada kesejahraan siswa siswi SMK Satria Jakarta. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Memberikan pelatihan dan pengetahuan secara praktis dalam Pembuatan Curriculum Vitae dan Membangun Personal Branding bagi Fresh Graduate yang berdampak pada peningkatan daya saing masyarakat dalam melamar pekerjaan khususnya lulusan SMK Satria Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode survey dan penyampaian materi secara langsung serta simulasi dan diskusi mengenai pembuatan daftar riwayat hidup untuk kebutuhan melamar pekerjaan, penguasaan public speaking, serta membangun persona atau karakter yang menerapkan MSDM dalam pengembangan pola pikir siswa dan siswi SMK Satria Jakarta. Kesimpulan dari pengabdian kepada masyakat ini adalah bahwa akan dilakukan pendampingan dalam Pembuatan Curriculum Vitae dan Membangun Personal Branding Bagi Fresh Graduate dalam upaya meningkatkan daya saing bagis lulusan siswa dan siswi SMK Satria Jakarta dalam menghadapi dunia kerja.
References
Bakri, N. F., Simaremare, E. S., Lingga, I. S., & Susilowaty, R. A. (2021). Pelatihan Pembuatan MateriPresentasi Dan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Kepada Guru di Kota Medan Dan Jayapura Secara Online. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 7(1),
Canva. 2021. Canva Untuk Pendidikan. https://www.canva.com/id_id/pendidikan/Indonesia, A. P.2015. APJII. Retrieved Desember 15,2018,
Lee, S. S., Hung, D., & Teh, L. W. (2014). Toward 21st Century Learning : An Analysis of Top Performing Asian Education System's Reforms. Asia-Pasific Edu Res, 23(4), 779-781. Retrieved
Pelangi, Garris. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang Sma/Ma. Jurnal Sasindo Unpam, Vol 8, No 2, Desember 2020.http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/art icle/view/8354
Sugiyanto, Sudarti, Trapsilo Prihandono, Heni Ruspitasari (2021) Pendampingan Belajar Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Desa Walikukun, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi Provinsi Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4 (1)
Bakri, N. F., Simaremare, E. S., Lingga, I. S., & Susilowaty, R. A. (2021). Pelatihan Pembuatan Materi Presentasi Dan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Kepada Guru di Kota Medan Dan Jayapura Secara Online. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 7(1),
Canva. 2021. Canva Untuk Pendidikan. https://www.canva.com/id_id/pendidikan/Indonesia, A. P. 2015. APJII. Retrieved Desember 15,2018,
Lee, S. S., Hung, D., & Teh, L. W. (2014). Toward 21st Century Learning : An Analysis of Top Performing Asian Education System's Reforms. Asia-Pasific Edu Res, 23(4), 779-781. Retrieved
Pelangi, Garris. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang Sma/Ma. Jurnal Sasindo Unpam, Vol 8, No 2, Desember 2020. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/art icle/view/8354
Sugiyanto, Sudarti, Trapsilo Prihandono, Heni Ruspitasari (2021) Pendampingan Belajar Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Desa Walikukun, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi Provinsi Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4 (1)
Kresna, Satya, 2016. Pentingnya Curriculum Vitae (CV) & Portofolio. https://www.codepolitan.com/pentingnya-curriculum-vitae-cv-portofolio. Diakses pada 24 Desember 2016
Indrajit, Ricardus Eko. 2011. Kiat Membuat Curriculum Vitae Yang Menarik. https://is.uad.ac.id/blog/news/kiat-membuat-curriculum-vitae-yang-menarik/. Diakses pada 24 Desember 2016