ANALISIS TINGKAT KENYAMANAN THERMAL PADA TAMAN TINGKIR KOTA SALATIGA

Authors

  • Kilauea Bintang Selaparang Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Alfred Jansen Sutrisno Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana

Keywords:

Kenyamanan, Taman Kota, Vegetasi, THI

Abstract

Taman Kota merupakan Ruang Terbuka Hijau yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk melakukan kegiatan yang dapat dilakukan diluar ruangan, taman kota sebagai ruang terbuka hijau harus memenuhi fungsi nya yang dapat memberikan kenyamanan bagi pengunjung nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kenyamanan thermal pada Taman Tingkir Kota Salatiga. Terdapat metode penelitian yang digunakan yaitu Thermal Humidity Index (THI) untuk mengetahui tingkat kenyamanan suatu area. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kenyaman thermal pada Taman Tingkir terdapat pada area yang memiliki naungan yang baik, dari beberapa pengukuran yang dilakukan dibawah naungan, naungan pohon mangga dan sawo duren termasuk kedalam kategori nyaman pada pagi dan sore hari, hal ini terjadi karena pohon mangga dan sawo duren memiliki kerapatan yang baik sehingga dapat memberikan kenyaman thermal. Taman Tingkir secara fungsi ekologis memberikan kenyamanan thermal pada beberapa area yang memiliki naungan.

References

Choirunnisa, B., Setiawan, A., & dan Masruri, N. (2017). Tingkat Kenyamanan Di Berbagai Taman Kota Di Bandar Lampung. Jurnal Sylva Lestari, 48-57.

Dwiyani, R. (2013). Mengenal Tanaman Pelindung Di Sekitar Kita. Denpasar, Bali.

Mahabella, L., & Waibo, O. (2020). Analisis Nilai Indeks Suhu Dan Kelembaban Ruang Terbuka Taman Rekreasi Sengkaling. Jurnal Media Teknik Sipil, 75-82.

Nieuwolt, S., & McGregor, G. R. (1998). Tropical Climatology "An Introduction to the Climates of Low Latitudes". England (UK): John Wiley & Sons Ltd.

Yulita, E. N. (2019). Tata Lanskap Terhadap Kenyamanan Thermal Indeks THI Pada Taman Singha Merjosari Kota Malang. Jurnal Mahasiswa, 6.

Downloads

Published

2023-07-04

How to Cite

Selaparang, K. B., & Sutrisno, A. J. (2023). ANALISIS TINGKAT KENYAMANAN THERMAL PADA TAMAN TINGKIR KOTA SALATIGA. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 19–23. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/31467